Tips Belanja dan Cara Masak Salmon yang Tepat Agar Nutrisinya Terjaga

Siapa yang tak kenal salmon? Jenis ikan ini terkenal alasannya adalah kandungannya yang padat gizi. Ia mengandung omega-iii, omega-half dozen, vitamin D, dan masih banyak lagi nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Namun, semoga nutrisinya terjaga, kita perlu memerhatikan bagaimana cara masak salmon yang baik.


Salmon bisa dimasak dengan berbagai cara, mulai dari dipanggang, dibakar, direbus, sampai digoreng. Dagingnya cenderung lebih cepat matang dibanding ikan lainnya, sehingga kita tak perlu berlama-lama mengolahnya. Nah, sebelum kita mempelajari cara masak salmon yang sempurna, kita juga perlu tahu bagaimana cara memilih salmon di pasar maupun swalayan.


Cara menentukan ikan salmon


Salmon yang disajikan di pasar maupun supermarket ada beragam jenis. Ada yang berupa salmon segar dalam bentuk utuh, filet berskala sarat , ataupun filet dalam ukuran lebih kecil. Salmon juga banyak dijual dalam bentuk frozen, bahkan kalengan.


Memilih salmon dalam keadaan segar memang lebih baik. Namun, seringkali kita juga tidak bisa memastikan kesegaran salmon dan sudah berapa lama ia berada di supermarket. Untuk menentukan kesegarannya, setidaknya kita bisa melihat dari beberapa segi.


Filet ikan salmon ditaburi bubuk rempah di atas talenan putih.
Salmon berwarna oranye cerah membuktikan kesegarannya. (Foto: Shutterstock)

Pertama, lihat bagian kulitnya. Salmon yang masih segar memiliki kulit yang mengkilat. Kedua, daging salmon yang segar ditandai oleh warna oranye dan cerah merata. Selanjutnya, bila kau berbelanja ikan salmon yang sudah dibungkus, pastikan tidak ada banyak tetesan air di dalamnya. Karena itu mengambarkan salmon telah menurun kesegarannya.


Meski begitu, berbelanja salmon frozen atau salmon kalengan tidak berarti jelek. Beberapa produsen mengemas salmon dalam kondisi segar kemudian membekukannya. Hal ini mampu mempertahankan nutrisinya dalam jangka waktu yang cukup usang.


Kamu juga bisa membeli salmon fillet dalam ukuran penuh atau ukuran besar. Iris-iris bab salmon sesuai kebutuhan, dan sisanya mampu kau simpan di freezer. Dengan packing yang baik, salmon mampu tahan di freezer sampai dua bulan.


Cara masak salmon


Selanjutnya, kita perlu memerhatikan cara masak salmon yang benar supaya nutrisinya tidak hilang. Secara biasa , memasak salmon cukup praktis, tidak mirip mengolah ikan mujair atau ikan mas. Dagingnya juga cepat matang.


Sebelum diolah, pastikan salmon tidak dalam keadaan beku. Jadi, jika kau mengambilnya dari freezer, diamkan dulu salmon beberapa saat hingga suhunya mencapai suhu ruang. Agar nutrisinya lebih tersadar, pilih cara masak yang tidak membuat kalori dalam salmon bertambah. Salah satu cara masak salmon terbaik ialah dengan memanggangnya tanpa minyak berlebih. Kita mampu membalut rempah apalagi dahulu di seluruh permukaan salmon, agar rasanya lebih enak.


Dua potong salmon panggang dengan garpu dan lemon di sampingnya
Sajian salmon panggang dengan kematangan yang pas. (Foto: Shutterstock)

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah ketika memanggang salmon di atas wajan. Simpan salmon dengan bagian kulit di bawah. Dengan begitu panas akan meresap dengan lebih baik ke dalam bagian dagingnya yang lembut. Tekan-tekan daging dengan spatula secara perlahan semoga kulitnya tidak mengkerut.


Untuk penggalan salmon yang tidak terlalu besar, kamu bisa memasaknya di atas wajan dalam waktu sekitar 3 -five menit saja. Namun, kalau kamu memanggangnya di panggangan, kamu perlu waktu sekitar x-30 menit tergantung suhu dan ukuran salmon. Dengan tingkat kematangan yang tepat, nutrisi salmon akan lebih tersadar.


Nah, ada banyak opsi resep untuk menciptakan salmon. Kamu bisa mengolahnya menjadi onigiri, salmon steak, hingga salmon curry. Lihat aneka resep salmon ini dan sajikan untuk keluarga tersayang!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel