7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto

Diet Ketogenic dikala ini masih menjadi salah satu diet yang paling terkenal di Indonesia. Uniknya dari diet keto yakni dimungkinkannya untuk menikmati kuliner tinggi protein seperti ayam dan daging, walaupun jumlah karbo sangat dibatasi.


Berdasarkan testimonial dari penganut pembatasan makanan keto yang disiplin, berat badan mampu turun ten kilogram dalam sebulan! Itulah sebabnya banyak orang yang termakan untuk mencoba jenis pembatasan makanan yang satu ini. Tim MAHI telah menghimpun vii olahan makanan tinggi poly peptide yang mampu dirasakan oleh mereka yang tengah berdiet ketogenic.


one. Tumis Ayam Tabur Wijen


makanan tinggi protein
Gurih dan sedikit anggun, Tumis Ayam Tabur Biji Wijen ini tidak mirip makanan diet kebanyakan! (Foto: Shutterstock)

Ayam yakni pilihan masakan tinggi protein yang baik dengan harga yang terjangkau. Karena daging ayam kandungan lemaknya tidak terlalu banyak, jangan ragu untuk menambahkan kulit ayam ke dalam kuliner kau meski tengah berdiet keto. Selain itu, Tumis Ayam Tabur Wijen berikut ini mudah untuk dimasak.


Bahan-materi yang diharapkan: minyak sayur, minyak wijen, Royco Kaldu Ayam, saus teriyaki, dada ayam, paprika, bawang putih, buncis, daun bawang, dan biji wijen.


Cara memasaknya:



  1. Lumuri ayam dengan saus teriyaki. Panaskan wajan kemudian tuangkan sedikit minyak dan masak ayam sekitar iv-v menit per sisi hingga matang.

  2. Masak buncis di wajan terpisah bareng kaldu ayam yang telah dilarutkan dengan air. Masak selama 5 menit lalu tambahkan minyak wijen dan paprika. Masak kembali selama iv menit dan aduk sampai rata.

  3. Tambahkan bawang putih dan ayam yang sudah diolah sebelumnya. Masak kembali selama satu menit. Sisihkah dan taburi dengan biji wijen serta daun bawang. Sajikan.


ii. Ayam Saus Jamur Creamy


makanan tinggi protein
Enaknya diet keto, kau justru dianjurkan makan makanan berlemak seperti santan atau kulit ayam. (Foto: Shutterstock)

Tidak ada yang mampu menolak semangkuk Ayam Saus Jamur Creamy yang hangat di malam hari saat perut sedang lapar-laparnya. Sajikan bareng sepiring ‘nasi’ kembang kol semoga semakin istimewa.


Bahan-materi yang diharapkan: fillet dada ayam, minyak zaitun, garam, lada hitam, jamur kancing, bawang bombay, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, tepung terigu, santan, mentega, daun thyme, dan pala bubuk.


Cara memasaknya:



  1. Taburi ayam dengan garam dan lada hitam seperlunya. Panaskan two sendok teh minyak zaitun dalam wajan, lalu tumis ayam selama 8 menit hingga matang.

  2. Di wajan terpisah, tumis jamur beserta daun thyme, dan bawang. Tumis selama five sampai 8 menit sampai bawang melunak dan jamur matang. Tambahkan bawang putih dan masak kembali selama 30 detik. Tambahkan air kaldu kemudian aduk rata dan masak hingga air mulai menguap.

  3. Campurkan mentega yang sudah dicairkan bareng tepung.

  4. Masukkan santan, adonan tepung dan mentega, dan pala ke dalam wajan berisi tumisan. Masukkan ayam dan bumbui dengan garam dan merica. Masak kembali hingga five menit hingga matang dan kuah kental. Angkat dan santap hangat-hangat.


iii. Salmon Kebab dengan Saus Mostar


makanan tinggi protein
Makin nikmat jikalau dicocol dengan saus mustard. (Foto: Shutterstock)

Ikan salmon tidak mesti senantiasa diasosiasikan dengan harga mahal atau hanya terbatas dimasak sebagai sushi, sashimi, ataupun steak. Dengan sedikit kreativitas saja, salmon mampu dimasak menjadi bentuk kebab dan ditemani dengan saus mostar atau mustard yang unik.


Bahan-materi yang dibutuhkan: ikan salmon tanpa kulit, minyak zaitun, air perasan lemon, rosemary, Dijon mustard, bawang putih, garam, lada hitam, dan tusukan sate.


Cara memasaknya:



  1. Campur semua bahan apalagi dulu. Setelah gabungan rata, marinasi potongan ikan salmon bareng bumbu tersebut sampai 20 menit.

  2. Tusuk salmon dengan bacokan sate dan masak di atas panggangan atau wajan anti lengket selama three menit setiap sisinya. Sajikan bersama saus mostar.


4. Sate Udang Bumbu Bawang Putih


Merambah ke kuliner bahari lainnya, bagaimana jika menambahkan udang ke dalam masakan tinggi protein untuk bill of fare pembatasan makanan keto berikutnya? Kesegaran, rasa anggun alami, serta kecepatan matangnya menciptakan udang selalu menjadi pilihan menarik.


Bahan-bahan yang diharapkan: udang, bawang putih, minyak zaitun, air perasan lemon, garam, lada hitam, paprika debu, daun ketumbar, dan tusukan sate.


Cara memasaknya:



  1. Campur minyak zaitun bareng air perasan lemon, bawang putih, garam, lada hitam dan debu paprika. Gunakan gabungan ini untuk memarinasi udang.

  2. Tusuk udang (sekitar five-six udang per tusuknya) dengan bacokan sate. Letakkan di atas piring lalu siram dengan bumbu marinasi. Biarkan selama twenty menit.

  3. Panaskan alat pemanggang atau wajan anti lengket. Panggang sekitar ii menit per sisi sambil tetap olesi dengan bumbu aksesori saat mengolah makanan.


five. Kari Udang


makanan tinggi protein
Udang yang anggun berpadu dengan kuah kari yang creamy. (Foto: Shutterstock)

Sebagai protein yang sangat fleksibel, udang juga cocok diolah bareng bumbu kari. Meskipun tampak lebih menggiurkan jikalau disandingkan dengan nasi, tetapi kari udang ini juga sungguh lezat dimakan demikian adanya.


Bahan-materi yang dibutuhkan: udang, mentega, bawang bombay, bawang putih, jahe, garam, lada hitam, kari bubuk, tepung terigu, santan, air jeruk nipis, gula aren, dan daun ketumbar.


Cara memasaknya:



  1. Di atas wajan berskala sedang, panaskan mentega. Kemudian masak udang di kedua segi hingga mulai oranye atau sekitar two menit per segi. Taruh udang di atas piring dan alasi dengan kertas tisu.

  2. Masih di wajan yang serupa, tambahkan bawang bombay dan masak sekitar iv menit. Tambahkan bawang putih dan kembali masak selama one menit. Tambahkan jahe, garam, lada hitam, dan bubuk kari. Aduk sampai rata.

  3. Campurkan tepung bersama mentega yang sudah dilelehkan. Sisihkan.

  4. Di wajan berisi tumisan bawang, masukkan santan dan gula aren. Aduk dan didihkan. Kecilkan api, tambahkan campuran tepung dan mentega. Masak hingga mengental. Tambahkan udang dan masak kembali selama xv detik.

  5. Matikan kompor lalu tambahkan air jeruk nipis bareng daun ketumbar. Aduk sampai rata, kemudian hidangkan.


half-dozen. Tumis Ayam Asparagus


makanan tinggi protein
Asparagus lezat dimasak sebagai tumisan sebab punya tekstur yang renyah. (Foto: Shutterstock)

Makanan tinggi protein untuk diet ketogenic tidak selalu merupakan variasi yang merepotkan ataupun menggunakan materi-materi yang langka. Kali ini ayam mampu dengan gampangnya dipadukan bersama asparagus yang mewah dan renyah.


Bahan-materi yang diperlukan: fillet dada ayam, garam, Royco Kaldu Ayam, air, kecap asin, tepung maizena, minyak sayur, asparagus, bawang putih, jahe, air perasan lemon, dan lada hitam.


Cara membuatnya:



  1. Di mangkuk berukuran sedang, campurkan air hangat dengan Royco Kaldu Ayam serta kecap asin.

  2. Panaskan wajan anti lengket. Kemudian tambahkan one sendok teh minyak sayur, asparagus, dan masak hingga sekitar three hingga four menit. Tambahkan bawang putih dan jahe kemudian masak hingga matang. Sisihkan.

  3. Di wajan yang berlawanan, tambahkan i sendok teh minyak dan setengah takaran fillet dada ayam dan masak selama four menit di setiap sisinya hingga kecokelatan. Angkat dan sisihkan dan ulangi dengan sisa minyak dan ayam. Sisihkan.

  4. Di wajan yang gres, masukkan campuran kecap dan air kaldu lalu didihkan. Tambahkan air perasan lemon dan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air dan aduk rata. Ketika mendidih masukkan tumisan ayam dan asparagus ke wajan dan aduk rata. Angkat dari api dan hidangkan.


7. Salad Ayam Alpukat dengan Saus Balsamic


makanan tinggi protein
Taburi dengan keju parmesan agar kian enak (Foto: Shutterstock)

Diet keto bukan bermakna berhenti mengonsumsi makan sayur. Resep satu ini justru menggabungkan bermacam-macam sayur dengan ayam yang membuatnya sebuah makanan tinggi poly peptide. Berbekal ini, hari-hari bisa dilalui dalam keadaan segar dan tidak merasa cepat lapar.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet paha ayam, selada romaine, alpukat, tomat ceri, daun basil, balsamic vinegar, minyak zaitun, bawang putih, dan garam.


Cara menjadikannya:



  1. Campur semua bumbu marinasi (balsamic vinegar, minyak zaitun, bawang putih dan garam). Taruh ayam ke dalam piring yang dangkal; tuangkan 4 sendok makan bumbu marinasi untuk melapisi ayam. Sisakan sedikit bumbu untuk dipakai selaku saus.

  2. Panaskan satu sendok teh minyak sayur di atas wajan kemudian masak ayam di setiap sisi hingga keemasan dan matang. Setelah ayam matang, sisihkan dan istirahatkan.

  3. Iris ayam menjadi bagian dan siapkan selada romaine, alpukat, dan tomat. Siram dengan sisa saus dan hidangkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel