Inilah Caranya Bedakan Antara Cheese Cake dari Jepang dan Amerika

Segala jenis kue khas mancanegara kini kian mudah dicari di Republic of Indonesia, tergolong di antaranya adalah cheese cake. Satu yang telah terkenal adalah yang berasal dari Amerika Serikat, namun bertahun-tahun terakhir ini ada model berlainan dari Jepang yang kian digandrungi. Tapi apakah perbedaan di antara keduanya? Mari simak bareng ceritanya berikut ini!


American Cheese Cake


Cheese cake khas Amerika Serikat memiliki tekstur creamy dan lebih dalam rasa kejunya. Biasanya versi yang satu ini disertakan banyak sekali buah segar atau selai biar mampu mengimbangi rasanya yang agak berat. Kaprikornus untuk kamu yang suka kue dengan tekstur lebih tebal dan membuat kenyang, terang American cheese cake yakni pilihan yang sempurna.


Cheese cake khas Amerika dengan buah strawberry.
Inilah penampilan cheese cake klasik dari Amerika dengan pinggiran biskuit Graham dan buah. (Foto: Shutterstock)

Dari sisi materi, American cheese cake menggunakan biskuit Graham yang dihaluskan selaku fondasi dari kuenya. Campurkan dengan mentega yang dilelehkan, kemudian panggang. Sementara, siapkan adonan cream cheese dan campur bersama gula, telur, serta vanili. Tuangkan campuran ini ke atas biskuit Graham yang sudah dipanggang, kemudian panggang semua sampai selesai. Dinginkan semalaman di kulkas, gres keesokannya berikan topping berbentukbuah-buahan.



Japanese Cheese Cake


Sementara itu, model Jepang mengandalkan rasa yang ringan dari tekstur kuenya yang sangat lembut. Keunikan yang lain ialah kudapan manis keju khas Jepang ini bisa bergoyang-goyang alasannya begitu ringannya. Sebagai topping, umumnya bisa diimbuhkan gula putih ataupun buah-buahan. Secara teknik, Japanese cheese cake memiliki tingkat kesusahan lebih tinggi dibandingkan tetangganya.


Cheese cake khas Jepang tersaji di atas piring putih dan buah-buahan.
Lembut dan ringan, itulah kekhasan dari cheese cake khas Jepang. (Foto: Shutterstock)

Pertama-tama, lelehkan mentega bareng  cream cheese dan susu di dalam panci yang dipanaskan. Kemudian aduk kuning telur dan campurkan dengan adonan cream cheese yang telah dimatangkan tadi. Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena yang disaring, dan kembali aduk. Siapkan putih telur dalam mangkuk terpisah dan aduk menggunakan mixer sampai telur menjadi berbuih sampai nyaris menjadi meringue. Tambahkan gula lalu aduk.


Kemudian, satukan adonan putih telur tadi bersama adonan tepung secara bertahap sambil dicampur. Lalu siapkan loyang lingkaran dan gunakan baking parchment untuk melapisi bab dalamnya. Tuangkan gabungan dan banting-banting sedikit loyang supaya keunggulan udara mampu keluar dari adonannya. Panggang dalam loyang lebih besar yang telah diisikan air. Hal ini dimaksudkan agar kue tidak menjadi terlalu panas dan tekstur yang diharapkan mampu tercapai. Setelah matang, bubuhkan gula putih serta tambahkan buah-buahan kalau diharapkan.


Nah, itulah perbedaan di antara dua kubu cheese cake yang sangat terkenal ini. Seperti yang tadi sudah disebutkan, model Jepangnya secara teknik lebih rumit tetapi akibatnya tetap sungguh mempesona. Tapi tentu tidak kalah serunya, model Amerika mempunyai kedalaman rasa yang tentu saja disukai siapa pun.


Jadi bagaimana, versi manakah yang kau senangi? Selamat menjajal membuatnya di rumah selama masa piknik ini dan jangan lupa menjajal resep-resep yang lain dariku, ya! Beberapa kudapan manis yang mampu kamu coba dari Masak Apa Hari Ini yakni Kue Gandus, Kue Cubit, serta beberapa wangsit setempat yang lain yang tidak kalah serunya dengan cheese cake!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel