Manfaatkan Berbagai Olahan dari Bawang Putih Berikut Ini

Bawang putih dan fleksibilitasnya dalam dunia masak mengolah masakan sangatlah luar biasa. Milyaran orang di dunia menyukai rasanya yang begitu kaya, namun tetap saja kerap kali bahan ini disalahartikan sebagai sumber bau lisan. Tapi ketahuilah bekerjsama jenis bawang yang satu ini sangat tidak tergantikan oleh apapun!


Nasi goreng khas Jepang dengan bawang putih.
Nasi goreng bawang putih, khas penutup makan seru teppanyaki! (Foto: Shutterstock)

Bayangkan ayam bakar dengan yang aromatik dan ditemani oleh bawang putih dan aneka macam herba yang lain. Atau bayangkan juga nasi goreng bawang putih yang menjadi bill of fare pamungkas ketika kita menikmati teppanyaki. Apalagi ada ribuan resep tumisan lainnya dari seluruh dunia yang membutuhkan bahan ahli ini. Maka dari itu kenalilah bahan ini secara keseluruhan, alasannya adalah materi yang satu ini mampu kita manfaatkan dalam berbagai bentuknya!


ane. Bawang putih utuh


Tak perlulah kita senantiasa mencincang bawang ini hingga halus. Karena selain merepotkan, mampu jadi kita terluka dibuatnya. Padahal penggunaan materi ini mampu dengan cara bermacam-macam. Misalnya saja dalam bentuk satu siung utuh, kita mampu menggunakannya untuk memasak semur ataupun saus. Bila diolah usang, maka bawang akan luruh dengan sendirinya.


Contoh yang lain mirip yang kita lihat di tukang nasi goreng. Bawang putih hanya dimemarkan dengan spatula dan siap untuk diolah dalam bill of fare tumisan. Kemudian untuk yang diparut, kita mampu menggunakannya sebagai dressing untuk salad. Sementara untuk yang diiris saja, maka pergunakanlah untuk menggoreng. Sungguh fleksibel!


2. Bawang putih goreng


Inilah dia penemuan terbaik umat insan untuk dunia masakan! Bawang putih yang diiris tipis dan digoreng renyah mempunyai cita rasa yang luar biasa. Gunakan yang satu ini sebagai bahan taburan untuk sup ataupun macaroni. Ingin tahu cara yang lebih baik? Goreng sejenak bersama minyak supaya menjadi aromatik dan jadikan minyak tersebut selaku salah satu bahan untuk saus ataupun untuk membuat nasi goreng bawang putih yang super lezat!


three. Bawang putih abu


Bawang putih yang telah dikeringkan dan digiling memang begitu ajib, namun tentu tidak ada yang mengalahkan rasa dari bentuknya yang orisinil. Gunakan model ini dalam keadaan tertentu saja, contohnya dikala sedang membuat popcorn atau untuk membuat marinasi daging dalam bentuk bubuk. Secara prinsip, bumbu yang dikeringkan akan menyusut kekuatan rasanya seiring berjalannya waktu. Jadi bagi kau yang punya bumbu bubuknya teronggok begitu saja sekian lama, maka Chef berwasiat pada kalain untuk secepatnya mempergunakannya!


iv. Garlic confit


Garlic confit yang dibuat dari bawang putih.
Garlic confit bisa tersaji untuk menemani hidangan steak yang akan menambah kelezatannya! (Foto: Shutterstock)

Nah, inilah yang paling kontemporer. Kalau kita sering melihatnya hanya di restoran, padahal bergotong-royong mudah kok untuk dibuat di rumah. Caranya cukup dengan menyiapkan sekian belas siung bawang putih yang direndam bareng minyak zaitun serta daun thyme, rosemary, dan bay foliage segar dalam baki oven. Kemudian panggang selama kurang lebih satu jam hingga bawang putih menjadi lembut. Gunakan yang satu ini untuk membuat garlic staff of life, adonan kentang tumbuk, ataupun sahabat makan steak.


five. Bawang putih yang telah bertunas


Bisa jadi jika sudah cukup berumur atau tidak disimpan secara baik maka akan bermunculanlah tunas-tunas hijau darinya. Sebetulnya ini masih aman untuk dipakai, hanya saja rasanya telah menjadi lebih pahit. Bisa saja kamu menggunakannya, tetapi tentukan untuk memangkas tunas-tunas ini apalagi dulu. Kalau saya? Lebih baik beli yang gres saja!


Bagaimana tips-tips Chef soal materi ini? Pastinya harus lebih membuatmu antusiasdalam mengolah makanan. Jangan lupa untuk selalu cek aneka macam resep dan artikel yang telah aku bagi di Masak Apa Hari Ini. Begitupun sekian banyak produk yang tentu saja bakal membantumu untuk mengolah masakan. Sampai ketemu di kisah lainnya soal kuliner!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel