Membuat Ketupat Dengan Slow Cooker


Ketupat, salah satu hidangan yang wajib ada di hari raya Idulfitri ya teman-teman. Kalau nggak ada ketupat kok kurang rasanya. Makanya setiap menjelang Lebarang seminggu sebelumnya sudah banyak di jual selongsong ketupat ya.


Suka dech suasana pasar menyerupai itu. Kalau di Semarang malah dua kali hihi. Seminggu sebelum Idulfitri dan seminggu sesudah Lebaran, akan ada lagi penjual selongsong ketupat bertebaran di pasar. Karena di Semarang ada tradisi Idulfitri lagi sesudah seminggu Idulfitri nasional, yaitu tradisi Bodo Kupat.

Membuat ketupat sendiri itu sebenernya mudah, tapi kadang memakan waktu usang dan harus sering di cek supaya tidak kehabisan air. Nah, saya sich kini sudah punya cara gampang untuk menciptakan ketupat. Aku pakai Slow cooker aja. Slow cooker itu alat memasak yang di design memasak masakan secara perlahan, dalam waktu lama.

Bentuk slow cooker menyerupai rice cooker, tapi bab dalamnya terbuat dari keramik, jadi menyerap panas dengan baik, jadi walau di masak suhu rendah dan lama, masakan akan tetap matang sempurna. Nah, jika untuk menciptakan ketupat ini, justru pas banget, alasannya Ketupat di masak perlahan, sehingga hasil ketupat lebih menul-menul enak.

Cara menciptakan ketupat dengan slow cooker :
Siapkan selongsong ketupat
Cuci beras, tiriskan
Isi selongsong ketupat dengan beras. Aku udah coba beberapa kali menciptakan ketupat dengan slow cooker, yang paling pas takarannya yakni 1/2 bab dari selongsong ketupatnya. Hasilnya dapat pulen dan lembut ketupatnya
Selanjutnya, isi panci slow cooker dengan air sampai setengah pancinya, sambungkan ke listrik, tekan tombol high. Biarkan sampai air mendidih dulu, gres masukkan selongsong ketupat yang sudah di isi beras. Pastikan semua ketupat terendam air ya.
Tutup
dan biarkan menyala terus slow cookernya sekitar 5 sampai 6 jam.
Walau menyala terus, tidak akan kehabisan air jika slow cooker ini, alasannya tingkat penyusutan airnya rendah kok. Kaprikornus nggak perlu capek-capek sering cek apakah air habis  atau tidak.
Selain untuk menciptakan ketupat, slow cooker ini juga dapat untuk menciptakan lontong.

Oke, itu sedikit tips dari aku, ihwal fungsi lain dari slow cooker ya teman-teman, selain untuk masak sehari-hari. Aku pakai slow cooker dari Vicenza, yang dapat di beli di Lazada, Tokopedia, dll.

Oh ya, slow cooker ini salah satu rekomendasi alat dapur listrik yang wajib punya di dapur teman-teman, alasannya banyak manfaatnya. Ulasan lengkap saya ihwal slow cooker Vicenza ini, dapat di lihat di tulisanku di SINI ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel