Ini 7 Jenis Mangga yang Sering Dijual di Pasar, Sudah Tahu Bedanya?

Sebagai negara tropis, Indonesia punya ragam buah-buahan. Salah satu buah yang paling terkenal adalah mangga. Buah berdaging oranye ini mengandung vitamin C dan kalori yang cukup tinggi. Rasanya anggun sehingga sering jadi bahan utama aneka olahan dessert.


Saat musim mangga datang, lazimnya mangga dijual lebih murah. Sebelum membelinya, kita perlu tahu perbedaan jenis mangga agar tak tergesa-gesa termakan potongan harga. Meski bentuknya seperti-seperti, rasanya mampu berlawanan.


Ada yang rasanya elok, ada pula yang banyak seratnya. Berikut perbedaan jenis mangga yang perlu kita ketahui bersama.


1. Jenis Mangga Harum Manis


Jenis mangga yang satu ini mampu dikatakan paling populer. Bentuknya yang lonjong dengan ukuran atas lebih besar dari ukuran bawah, sering dijadikan penggambaran buah mangga secara biasa . Seperti namanya, jikalau sudah matang, rasanya elok dan baunya harum. Tak heran kalau harganya relatif lebih mahal dibanding jenis mangga yang lain.


Jenis mangga Harum Manis yang sudah dipotong dan diletakkan di atas piring
Mangga Harum Manis yang jadi primadona di Republic of Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Umumnya mangga Harum Manis mampu didapatkan di kawasan mana saja yang bersuhu cukup panas dan Probolinggo menjadi salah satu kota produsen terbaik untuk buah ini.


ii. Mangga Indramayu


Sesuai namanya, mangga jenis ini banyak didapatkan di kota Indramayu, Jawa Barat. Terkenal sebab kelezatannya, jenis ini sering disebut mangga cengkir yang tetap anggun meski belum matang. Teksturnya biasanya lebih crunchy dibandingkan mangga Harum Manis.


Kabar baiknya, lazimnya mangga Indramayu tidak semahal mangga Harum Manis. Jenis mangga yang satu ini juga relatif mudah ditemukan. Temukan mangga Indramayu di swalayan, pasar tradisional, atau tukang buah keliling.


three. Mangga Golek


Mangga Golek ialah jenis yang populer meski agak susah ditemukan. Kata Golek berasal dari bahasa Jawa, yang memiliki arti ‘’mencari”. Penamaan ini diambil karena saking enaknya, mangga Golek menjadi buah yang sering dicari-cari.


Daging buah mangga Golek cukup tebal dan warnanya kuning renta. Dagingnya tidak mempunyai serat yang banyak dan tidak terlalu lembap. Kulitnya akan menguning dikala sudah matang dan rasanya pun elok.


four. Mangga Manalagi


Mangga Manalagi yang juga sering disebut Simanalagi ialah varian yang juga populer. Konon, penamaan buah ini demikian alasannya adalah orang-orang ketagihan dan meminta, ‘Mana lagi buahnya?’. Tekstur dagingnya padat dan warnanya tidak terlampau oranye.


Rasa mangga Manalagi seperti perpaduan mangga Golek dan Harum Manis. Tidak menutup kemungkinan bila jenis mangga dahulunya merupakan hasil silang mangga Golek dan Harum Manis. Apalagi, mangga Manalagi juga harum ketika matang. Umumnya, jenis mangga ini banyak didapatkan di kota Kediri.


5. Mangga Gedong Gincu


Beberapa mangga berwarna oranye menggantung di pohon.
Mangga Gedong Gincu yang sering digunakan untuk menciptakan jus. (Foto: Shutterstock)

Satu lagi jenis mangga yang sering dijual di pasar adalah mangga Gedong Gincu. Bentuknya lebih bundar, padat, dan berwarna oranye jelas seperti gincu atau lipstik. Mangga Gedong Gincu juga berasal dari Indramayu dan harganya relatif murah.


Mangga Gedong Gincu punya banyak serat dibandingkan mangga yang lain, oleh hasilnya agak susah saat diiris. Rasanya tidak semanis Harum Manis, sedikit asam, tetapi menyegarkan. Untuk itu, harganya murah semarak dan mampu ditemukan di banyak pasar tradisional.


half dozen. Mangga Alpukat


Jenis mangga Alpukat yang sudah dipotong.
Mangga Alpukat hasil persilangan di Pasuruan. (Foto: Shutterstock)

Ini ia mangga yang akhir-akhir ini banyak dicari! Seperti alpukat, mangga ini mampu diiris bagian tengah lalu dibuang bab bijinya. Rupanya, buah unik ini ialah perkawinan antara mangga dan alpukat.


Rasanya cantik, tak jauh berlainan dari Harum Manis. Namun, tekstur buah yang berasal dari Pasuruan ini cenderung lebih lunak dari jenis mangga yang lain. Harganya pun lazimnya lebih mahal alasannya mangga hasil perkawinan silang ini belum banyak ditanam para petani.


seven. Mangga Apel


Jenis mangga yang satu ini juga punya bentuk yang unik, yaitu mirip apel. Bentuknya bulat, padat, bahkan ada semburat merahnya saat matang mirip apel. Rasa aslinya agak masam, namun bisa dibentuk bagus tergantung teknik penanamannya.


Mangga Apel cukup jarang ditemukan di pasar, namun menjadi salah satu jenis buah yang populer. Tak cuma ada di Republic of Indonesia, mangga Apel disebut-sebut berasal dari Singapura. Karena agak sukar didapatkan, mangga Apel dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibanding mangga yang lain.


Demikian tujuh jenis mangga yang bisa kita peroleh pada musimnya. Kalau ada stok lebih, pastikan untuk menciptakan menu-carte hits mirip mango sticky rice atau mango panna cotta!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel