Tips Sukses Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk

Di tengah maraknya tren donat yang silih berubah, masalah cara menciptakan donat kentang tentunya selalu dicari-cari oleh para penggemarnya. Sama halnya seperti donat kampung, donat kentang juga disenangi sebab cita rasanya yang sederhana dengan tekstur yang empuk dan fluffy.


Proses dan cara membuat donat kentang sama halnya seperti donat biasa, hanya sebagian komposisi tepung terigu digantikan dengan kentang yang telah dikukus dan ditumbuk halus. Jika ingin lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan murphy flakes siap pakai yang mampu kamu mampu di pasaran.


Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan saat membuat donat kentang.


i. Perbandingan adonan kentang dengan tepung


Cara membuat donat yang empuk adalah dengan perbandingan tepung yang tepat.
Bentuk donat yang mengembang tepat dan empuk yakni yang senantiasa dicari-cari. (Foto: Shutterstock)

Gunakan perbandingan kentang dengan komposisi i:ane/two dan one:ii/3 dengan tepung terigu dalam gabungan donat. Misal kamu mampu menggunakan perbandingan 500 g tepung terigu protein tinggi dengan 250 g kentang kukus yang telah dihaluskan. Fungsi kentang halus dalam gabungan yakni untuk memberi tekstur donat yang lebih empuk, padat, tetapi lembut.


ii. Proses fermentasi yang pas


Dalam membuat adonan donat, beberapa resep memakai proses fermentasi berkali-kali. Fungsinya yakni untuk menghasilkan adonan donat yang lebih ringan. Kamu bisa menguji coba beberapa resep dengan proses fermentasi berlainan sampai menerima tekstur donat yang cocok dengan seleramu.


iii. Gunakan minyak goreng padat


Cara membuat donat kentang dengan minyak goreng padat.
Contoh penggunaan minyak goreng padat untuk menggoreng donat. (Foto: Shutterstock)

Disebut juga deep frying fat, atau lemak padat yang biasa digunakan di industri kuliner untuk menggoreng donat, ayam goreng, atau hidangan serba gorengan. Kelebihan dari minyak goreng padat ini yakni hasil gorengan tidak menyerap minyak dan lebih tahan panas dibanding minyak goreng biasa. Jika menggunakan minyak goreng biasa, kau sebaiknya menggunakan minyak goreng yang masih baru supaya cita rasa donat lebih lezat dan busuk.


four. Perhatikan suhu minyak panas


Hindari menggoreng donat dengan suhu yang terlalu tinggi. Minyak yang terlalu panas akan menciptakan permukaan donat gelap atau cenderung gosong sementara  Temperatur yang sempurna untuk menggoreng donat ialah 185° C hingga 190° C. Dengan suhu ini, kau mampu menggoreng donat sekitar two menit.


Nah, semoga dengan empat langkah ini, kamu akan lebih bisa menguasai cara menciptakan donat kentang dengan tekstur yang sempurna dan juga sesuai seleramu. Pastikan juga untuk senantiasa cek beberapa tips berhasil yang lain dari Masak Apa Hari Ini mirip cara membuat adonan pempek anti gagal, cara menciptakan nasi goreng kontemporer, hingga menciptakan daging BBQ yang sedap. Jangan lupa mampir juga ke bagian resep untuk merencanakan agenda memasakmu di final pekan ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel