Cara Membuat Adonan Pempek Anti Gagal yang Wajib Kamu Tahu

Sejatinya cara membuat adonan pempek yang sahih yakni menggunakan ikan belida yang banyak didapatkan di sungai-sungai di tempat Sumatera Selatan. Ikan belida pada masanya sangat berlimpah hingga sayang balasannya sekarang menjadi mahal dan mulai langka. Barulah lalu pempek mulai diracik dengan memakai ikan gabus yang juga sama sedapnya.


Sebagai alternatif dari ikan air tawar, pempek juga dibuat dari ikan tenggiri, ikan kakap merah, ikan ekor kuning, dan berbagai jenis ikan yang lain. Agar tidak salah dalam cara menciptakan adonan pempek yang benar, ada baiknya kau tahu beberapa kiat menciptakan masakan khas Palembang ini. Yuk, kita simak bersama!


Perbandingan antara ikan dan daging yang pas


Komposisi antara daging ikan dan tepung tapioka yang mau membuat pempek lebih terasa gabungan ikannya ialah ane:1/two atau 1:3/iv. Dengan keseimbangan bahan baku ini makan pempek akan lebih terasa ikan daripada tepung.


Selalu amati kesegaran ikan


Agar adonan pempek tidak berbau, tentukan kamu memakai bahan baku fillet ikan yang masih segar dan bebas amis. Tidak melulu terbuat dari ikan belida, pempek juga biasa dibuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri.


Cara membuat adonan pempek yang baik adalah dengan menggunakan ikan tenggiri.
Ikan segar yaitu salah satu kunci kesuksesan pempek yang lezat. (Foto: Shutterstock)

Tepung tapioka atau kanji wajib dalam keadaan baik


Hindari asal mengaduk tepung bersama daging ikan. Seperti halnya ikan, tepung kanji yang kamu gunakan juga wajib dalam keadaan yang tidak berbau apek. Kamu tidak mau kan adonan pempekmu lantas mempunyai odour dan rasa yang langu?


Gunakan es watu


Fungsi es pada cara menciptakan campuran pempek yang benar adalah untuk menciptakan adonan ikan kenyal dan tidak liat. Adonan pempek ikan yang liat juga mampu disebabkan karena komposisi tepung yang terlalu banyak.


Pembentukan campuran


Para pembuat pempek di kampung halamannya punya trik supaya campuran pempek lebih mudah dibentuk. Adonan pempek lazimnya didiamkan selama semalaman lalu dibuat sesuai dengan kebutuhan, contohnya berupa pempek lenjer, adaan, kapal selam, atau untuk lenggang.


Cara membuat adonan pempek panggang.
Pempek panggang, cocok sebagai makanan ringan lezat untuk seluruh keluarga! (Foto: MAHI)

Terakhir, sebelum membuat kuliner yang disandingkan dengan saus cuko ini, tentukan semua materi segar. Dijamin jadinya optimal!


Tak sabar ingin berkreasi dengan pempek? Coba Resep Pempek Panggang atau Resep Pempek Udang Saus Bumbu Rujak yang bisa kamu coba suguhkan untuk keluarga tercinta.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel