Yuk, Ketahui 5 Olahan Kentang yang Jadi Sahabatnya Steak!

Buat yang kegemaran makan steak, tentu saja tahu kalau masakan daging yang satu ini punya banyak pendampingnya. Satu yang paling utama yaitu olahan kentang. Tak hanya digoreng, rupanya kentang bisa dikreasikan macam-macam supaya kuliner secara keseluruhan tampil lebih menawan. Selain itu, kentang juga punya peranan penting untuk saling mengisi dengan daging steak supaya cita rasa makin menggiurkan.


Pada kesempatan kali ini, aku ingin mengajak kau berkenalan dengan macam-macam olahan kentang di luar sana. Dengan mengetahuinya, mungkin saja mampu menambah khazanah resep di rumah supaya kreasi di dapur semakin bermacam-macam. Yuk, kita simak satu per satu!


1. French fries, olahan kentang paling terkenal


Inilah beliau yang paling tenar di antara semuanya. Apalagi sebab jika bukan gampang untuk dimasak ataupun dicari di swalayan. Bumbui sedikit dengan garam saja telah selangit rasanya, bukan? French fries, atau chips jikalau orang Inggris menyebutnya, hadir di segala peluang. Tak cuma selaku sahabat untuk steak, French fries juga hadir walau hanya dipadankan dengan sosis maupun dikonsumsi pribadi.


Meskipun tampaksama, rupanya French fries juga tampil dengan aneka macam bentuk. Misalnya crinkle-cut fries yang tampil bergelombang ataupun shoestring fries yang tampil lebih tipis. Kemudian ada curly fries yang bentuknya keriting membulat, sampai waffle fries ataupun Irish potato wedges dengan kulitnya untuk rasa lebih lezat.


2. Mashed white potato, punya sejarah paling panjang


Dikenal alasannya adalah teksturnya yang lembut dan mampu menyerap bermacam bumbu dan saus. Tak kurang dari susu, mentega, garam, dan merica terkandung di dalamnya. Selebihnya dikala disajikan, kentang tumbuk mampu disiram dengan gravy atau mushroom sauce bareng steak. Meskipun kentang goreng yakni yang paling populer, rupanya mashed tater punya sejarah yang lebih panjang. Dahulunya penduduk Peru ialah yang pertama memasaknya dengan cara demikian. Kemudian saat kentang dibawa ke Eropa oleh para kolonialis, maka penduduk benua tersebut mulai menggarapnya dengan cara demikian ataupun sekadar direbus.


3. Lyonnaise potatoes, yang tampil paling mewah


Semangkuk berisi olahan kentang Lyonnaise Potato.
Satu yang khas dari Prancis ini punya rasa yummy dan mewah. (Foto: Shutterstock)

Sesuai namanya, yang satu ini berasal dari kota Lyon di Prancis. Pertama, kentang diiris dahulu seperti berbentuk medali kemudian dimasak setengah matang sebelum masuk ke wajan untuk dipanggang. Proses memasak di wajan menggunakan bahan-bahan seperti bawang, mentega, serta peterseli. Hasilnya yaitu kentang dengan cita rasa yang mewah dan cocok dipadukan dengan steak.


four. Hash brownish, “kuliner rakyat” yang enak


Hash brown dalam wajan tersaji dengan sosis, tomat, jamur, kacang, dan telur.
Hash dark-brown cocok juga disuguhkan dengan card brunch seperti English breakfast. (Foto: Shutterstock)

Nah, yang satu ini niscaya sudah tidak aneh lagi. Diinspirasi dari masakan kentang yang dinamakan rosti dari Swiss, hash chocolate-brown menggunakan kentang yang sudah dicacah-cacah sebelum dimasak di atas wajan. Cacahan kentang ini membutuhkan bahan penyatu mirip telur ataupun minyak. Terkadang hash brown mampu dipadukan dengan daging ataupun sayuran, dan menghasilkan olahan kentang dengan citarasa yang gurih memanjakan.


Sama seperti French fries, hash chocolate-brown juga mempunyai olahan yang mirip dan dinamakan white potato tots dengan bentuk tabung-tabung kecil. Awalnya spud tots diciptakan oleh industri kentang goreng dengan mempergunakan sisa penggalan kentang. Hingga sekarang spud tots umumnya erat dirasakan oleh anak-anak pada terutama.


v. Baked murphy, satu opsi yang sehat


Tiga buah baked potato tersaji di atas talenan.
Baked tater mampu dikreasikan dengan aneka macam saus dan topping. (Foto: Shutterstock)

Kemudian ada juga yang disebut baked potato. Kentang yang dipanggang dalam oven ini tampil utuh dengan kulitnya. Setelah dipanggang, kulit bab atasnya dibuka sehingga kita mampu menikmatinya dari bab tersebut. Kemudian kentang sedikit dibedah dan mampu dilumuri saus steak, keju, ataupun sayur dan daging. Di Amerika Utara, kedai makanan steak umumnya menawarkan opsi olahan kentang yang satu ini.


Bagaimana dengan lima olahan kentang yang telah kusebutkan di atas? Sebetulnya masih ada banyak yang bisa didapatkan dari seluruh dunia. Intinya, steak daging sapi biasa ataupun wagyu dan kentang yaitu sobat sejati. Apapun bentuknya seolah mereka diciptakan untuk satu sama lain. Wah, jadi ingin makan steak malam ini, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel