Mengenal Beragam Jenis Sutil dan Fungsinya Masing-Masing

Sutil atau sering disebut selaku spatula, menjadi bagian penting dari proses memasak. Sendok pengaduk makanan dengan gagang yang panjang ini mempunyai bentuk yang bermacam-macam. Spatula juga yang dibuat dari banyak sekali jenis bahan mulai dari kayu, stainless steel, sampai silikon.


Apakah selama ini kau menggunakan alat masak ini sesuai fungsinya? Berbeda bentuk dan bahan, berbeda pula fungsinya ketika mengolah masakan. Secara garis besar, ada dua fungsi spatula, ialah untuk baking dan untuk cooking.


Berikut adalah penjabarannya:


ane. Sutil untuk mengolah makanan (cooking spatula)


Spatula yang satu ini pasti telah tidak asing dong untuk para ibu di rumah. Ada banyak kombinasi bahan yang digunakan, namun dua bahan yang paling kerap diseleksi adalah yang bahan kayu dan stainless steel.


a. Spatula kayu


Sutil kayu tengah dipakai memasak.
Spatula kayu ialah yang paling populer di antara lainnya. (Foto: Shutterstock)

Spatula kayu mempunyai banyak bentuk dan jenis bahan yang ternyata berlawanan-beda juga. Jenis kayu yang paling terkenal dibuat ialah kayu mahoni. Sebagian besar spatula kayu digunakan untuk menggoreng masakan, atau mengaduk tumisan di atas wajan. Bentuknya yang tidak tajam mampu mencegah adanya goresan di permukaan wajan.


Meski mudah digunakan, perawatan sutil kayu cukup menantang. Ada beberapa jenis kayu yang mudah sekali berjamur jikalau cuaca basah. Untuk itu, tentukan menyimpan spatula kayu dalam suhu ruang yang sempurna dan memastikannya senantiasa kering.


b. Spatula stainless


Sutil stainless untuk makanan khas Asia.
Masakan khas Asia biasa dimasak dengan memakai wok dan spatula stainless sejenis ini. (Foto: Shutterstock)

Tidak cuma untuk kayu, untuk yang yang dibuat dari stainless juga mempunyai banyak jenis dan bentuk. Ada bentuk yang bolong di bab sendoknya, ada pula yang pipih. Keduanya sama-sama cocok digunakan untuk menggoreng. Namun, sutil penggorengan yang berongga lebih gampang dipakai sebab mampu membantu meniriskan makanan dari minyak ketika diangkat.


Namun, pastikan memilih stainless spatula dengan ujung sendok yang tumpul semoga tidak menggores atau merusak permukaan wajan. Pajang gagangnyat mampu disesuaikan dengan keperluan. Pilih yang bergagang panjang untuk mengolah masakan di atas wajan yang besar untuk menghindari panas. Tapi, kalau kamu memasak dengan wajan yang kecil, kau mampu memilih spatula dengan gagang yang lebih pendek.




ii. Sutil untuk membuat kudapan manis (baking spatula)


Fungsi spatula berikutnya ialah untuk membuat kudapan manis atau khusus untuk dunia baking. Ada tiga jenis spatula yang paling terkenal dipakai untuk baking yakni showtime spatula, icing spatula, dan apartment spatula. Apakah bedanya?


a. Icing spatula


Sutil khusus meratakan frosting.
Sutil baking memiliki banyak fungsi, di antaranya yaitu meratakan krim atau frosting untuk topping kudapan manis. (Foto: Shutterstock)

Spatula jenis ini memiliki lebar yang ramping dan agak panjang. Salah satu fungsi spatula ini yaitu untuk meratakan krim di atas cake.


b. Offset spatula


Offset spatula juga tak kalah populer dengan icing spatula. Bentuknya mirip dan fungsinya pun nyaris sama. Bedanya, commencement spatula juga mampu dipakai untuk memindahkan kue atau cookies dari loyang.


c. Flatula (Flat Spatula)


Spatula yang satu ini juga memiliki fungsi yang mirip dengan showtime spatula. Perbedaan bisa terlihat dari bentuknya. Flat spatula mempunyai ukuran lebih lebar sehingga bisa dipakai untuk memindahkan serpihan kue yang lebih besar.




three. Spatula multifungsi


Sutil silikon untuk memasak.
Sutil silikon belakangan makin terkenal karena berbagai kelebihannya seperti tidak mahal, mudah dicuci, dan tidak menjadi sarang bakteri. (Foto: Shutterstock)

Ada satu spatula yang mampu dipakai untuk cooking dan baking, yakni spatula yang yang dibuat dari silikon dan berupa pipih. Biasanya, spatula ini digunakan untuk mengaduk materi kuliner mulai dari adonan kudapan manis sampai adonan bakwan. Tentunya spatula silikon juga sangat populer kita gunakan di dapur.


Jangan lupa untuk cek banyak sekali artikel wacana kiat masak lainnya mirip cara pemilihan wajan ataupun teknik menumis yang anti gagal. Praktikkan dengan spatula kesayanganmu di rumah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel