Tips Merencanakan Buka Puasa Paling Seru untuk Keluarga

Acara buka puasa bareng keluarga besar menjadi satu momen yang paling dinanti-nantikan di bulan bulan pahala — selain peringatan Idul Fitri, tentunya. Eits, bagaimana jikalau tiba-tiba kau terpilih selaku tuan rumah untuk berbuka puasa?


Pertama, jangan kuatir alasannya adalah ini ialah peluang besar untuk menawarkan kemampuan kau selama ini yang telah mencar ilmu mengolah makanan. Kedua, inilah saatnya menunjukkan diri sebagai result organizer tangguh. Ayo, niscaya bisa kok!


Nah, berikut ini saya kompilasikan kiat-tips penting untuk mempersiapkan buka puasa anti demam panggung ketika menjamu seluruh keluarga besar – tergolong mungkin buat kau yang baru akan merayakan idul fitri dengan mertua gres.


one. Pengaturan permintaan dan acara


Untuk kamu yang suka crafting, membuat surat undangan untuk program buka puasa pasti jadi kegiatan ngabuburit menggembirakan. (Foto: Shutterstock)

Untuk yang satu ini mampu dilakukan jauh hari agar tindakan lainnya lebih mudah dilakukan. Misalnya yang dulu aku kerjakan adalah merencanakan susunan acara menawan yang berbeda dari biasanya. Kalau cuma sekadar makan dan ngobrol-ngobrol, mampu jadi buka puasa bersama malah membosankan.


Selain itu, aku akan menyiapkan ajakan kreatif — lengkap dengan peta lokasi rumah — disertai detil acara buka puasa. Undangan ini berfungsi selaku cara kita menghormati tamu dan pengingat serta motivasi biar seluruh keluarga hadir untuk bersilaturahmi. Jika memungkinkan, coba sempatkan tanya jikalau ada keluarga lain yang hendak menyumbangkan masakan supaya menunya tidak dobel atau bertabrakan dengan carte yang akan kamu masak.


2. Merancang carte du jour makanan dan membeli di permulaan


Setelah memutuskan apa saja yang ingin dimasak, seharusnya kamu sempatkan berbelanja ke pasar apalagi dahulu atau setidaknya dua hari sebelum program. Selain menghindari kemungkinan harga cabai yang umumnya meroket dari hari ke hari, kamu juga mampu mencicil sebagian proses mengolah makanan biar tidak memberatkan di belakang dan peran-peran lainnya mampu terselesaikan lebih permulaan.


Buat kau yang di tahap ini masih bingung mau masak apa, jangan ragu mencoba resep-resep yang ada di situs MAHI.


3. Mempersiapkan goodie pocketbook


Menjadi tuan rumah pasti bukan sekadar mempersiapkan kuliner lezat. Pastinya terbayang kan senangnya tamu yang datang ketika menerima juga goodie purse keren dari acara buka puasa bareng tahun ini.


Nah, untuk isinya masih mampu kuliner juga kok. Bagi kamu yang gemar menciptakan kue,  goodie purse bisa diisi sebungkus kecil kaasstengels, nastaar, putri salju, atau cemilan ringan lainnya. Selain itu, jangan lupa masukkan permen ataupun coklat untuk belum dewasa kecil. Dijamin mereka niscaya bahagia!


three. Persiapan di rumah biar tamu nyaman


Persiapan buka puasa termasuk acara bersih-bersih
Persiapan mendapatkan tamu tidak cuma soal rapi, tetapi juga bersih. (Foto: Shutterstock)

Acara bersih-bersih telah menjadi kewajiban khusus untuk tuan rumah. Buatku sih  biasanya akan lebih gampang merencanakan segalanya jika ada perkiraan jumlah tamu yang hendak tiba. Dengan begitu, saya mampu mempersiapkan ruangan yang mampu “dirombak” menjadi kawasan program — contohnya dengan memindahkan perabot dan memperbesar beberapa bangku. Kekurangan dingklik? Gampang, kamu bisa ganti dengan tikar. Ini juga bisa menciptakan suasana lebih hangat dan akrab!


Selain menyiapkan ruangan, tentukan juga tamu tidak akan kesusahan saat mencari air minum, perlengkapan makan, atau ingin pergi ke kamar kecil. Hal-hal kecil ini nampak sepele, namun mampu membuat tamu merasa nyaman.


4. Ide lain yang pantas dicoba ketika mempersiapkan buka puasa


Merencanakan buka puasa bisa jadi kesempatan untuk bersilahturahmi
Momen bulan puasa selalu jadi dikala terbaik untuk menawarkan lebih bagi para anak yatim. (Foto: Shutterstock)

Sebagai generasi yang kreatif, sebetulnya bila kita mau sedikit bersungguh-sungguh mencari inspirasi, ada banyak kok inspirasi mempesona yang mampu kamu coba sebagai bab program buka puasa — selain pastinya Tarawih bersama atau memanggil pembicara. Beberapa inspirasi yang mampu coba kamu diskusikan dengan keluarga, misalnya:



  • Buka bersama anak yatim

  • Penggalangan dana untuk menolong anggota keluarga yang sedang berduka atau kesusahan.

  • Lelang tumpeng untuk pemberian programme kemanusiaan

  • Acara kuis ringan dengan hadiah unik


Semuanya mampu digelar dalam situasi penuh keceriaan selama 2-3 jam. Saat menjadi tuan rumah, tentukan juga kamu tidak mengusik ketertiban di lingkungan rumah — sering kali tanpa disadari kita bisa membuat para tetangga sebal karena suara yang terlalu gaduh atau program yang terlalu lama menutupi jalanan untuk parkir kendaraan beroda empat dan motor.


Punya ide seru yang lain untuk merencanakan buka puasa? Boleh dong di-share sama aku. Semoga acara bukber-mu jadi menggembirakan, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel