4 Inspirasi Masak Cumi Gaya Tradisional

Ingin menikmati kuliner cumi yang enak? Bagaimana bila kita merujuk ke aneka macam resep tradisional yang selalu dipakai banyak orang Republic of Indonesia untuk mengolah makanan. Berikut Tim MAHI pilihkan iv wangsit masak cumi gaya tradisional yang bisa kau masak sendiri di rumah.


1. Cumi Bakar Cocol Sambal


masak cumi
Jika ingin menyantap cumi tanpa dipotong, berikan keratan pada seluruh tubuh cumi biar tampilannya lebih membangkitkan selera. (Foto: Shutterstock)

Tidak sukar untuk melakukan reka ulang penampilan dan cita rasa cumi bakar a la restoran. Agar cumi mekar dan keriting ketika dipanggang, kamu mesti menciptakan beberapa keratan di sepanjang tubuh cumi. Selain itu, untuk rasa lebih yummy, rendam dahulu bersama gabungan bumbu.


Bahan-materi yang dibutuhkan: cumi, air jeruk nipis, garam, cabai merah, cabe rawit, belimbing wuluh, bawang merah, Royco Kaldu Ayam, dan tomat.


Cara menjadikannya:



  1. Cuci cumi sampai bersih kemudian lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama fifteen menit lalu bakar hingga matang. Istirahatkan sebentar, gres potong-potong sesuai selera.

  2. Buat sambal. Masukkan seluruh bumbu sambal (cabe merah, cabe rawit, belimbing wuluh, bawang merah, tomat, dan Royco Kaldu Ayam) ke dalam ulekan dan haluskan.

  3. Sajikan cumi-cumi bakar bareng sambal cocol.


2. Cumi Bakar Hitam


masak cumi
Sebelum memasak, tentukan kau menentukan cumi segar dengan warna kulit yang masih putih, serta terdapat bercak cokelat kemerahan. (Foto: Shutterstock)

Dari sekian banyak olahan, ada satu jenis masakan cumi yang sungguh diminati meski tampilannya yang unik sebab warna hitam dari tintanya. Tapi soal rasa, cumi yang diolah bareng tintanya tidak kalah lezatnya dengan apapun.


Bahan-bahan yang diperlukan: cumi, air jeruk nipis, garam, bawang putih, Kecap Manis Bango, dan mentega.


Cara masak cumi yang satu ini yaitu:



  1. Bersihkan cumi, ambil kantung tintanya, kemudian lumuri dengan air jeruk dan garam. Biarkan selama thirty menit di dalam lemari es.

  2. Pecahkan kantung tinta cumi dan tampung tinta ke dalam mangkuk. Campur bareng bawang putih, Kecap Manis Bangodan mentega.

  3. Keluarkan cumi dari lemari es. Siram dalam campuran tinta dan diamkan kembali selama xxx menit di dalam lemari es.

  4. Bakar cumi sampai matang sambil diolesi bumbu tinta dan mentega. Sajikan.


three. Cumi Bumbu Rica


masak cumi
Doyan bumbu yang lebih pedas? Tambahkan cabai rawit sesuai selera kau. (Foto: Shutterstock)

Popularitas bumbu rica kini sudah jauh melebihi daerah asalnya yakni Sulawesi Utara. Cita rasa bumbu yang satu ini tidak pedas namun juga gurih. Bumbu rica juga sangat sesuai dimasak bersama kuliner laut, dan pasti salah satunya adalah cumi.


Bahan-materi yang diperlukan: cumi, air jeruk nipis, daun salam, daun jeruk, daun kemangi, cabai merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan Royco Kaldu Ayam.


Cara membuatnya:



  1. Cuci bersih cumi dan buang tintanya. Rendam cumi dengan air jeruk nipis dan garam selama 15 menit. Letakkan di dalam lemari es.

  2. Buat sambal rica. Haluskan cabe merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Panaskan wajan bersama sedikit minyak dan tumis bumbu halus. Masukkan jahe yang dimemarkan, daun salam dan daun jeruk. Masak hingga mesti sambil aduk-aduk.

  3. Ketiga, masukkan cumi dan Royco Kaldu Ayam. Masak selama five menit. Terakhir, masukkan daun kemangi dan masak sampai daun layu. Angkat dan suguhkan.


four. Cumi Bumbu Kuning


masak cumi
Kamu juga bisa menyertakan sayur sawi biar lebih komplit. (Foto: Shutterstock)

Paduan bumbu yang sempurna dapat membuat hidangan yang kamu masak lebih spesial dan membangkitkan selera. Kali ini ada resep Cumi Bumbu Kuning yang didominasi oleh bawang dan kunyit. Rasanya yang khas dan gurih akan menciptakan kuliner ini menjadi bintang di meja makan kau bersama keluarga!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: cumi, serai, daun salam, laos dan bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, daun jeruk, Royco Kaldu Ayam).


Cara menjadikannya:



  1. Cuci bersih cumi dan buang tintanya. Rendam cumi dengan air jeruk nipis dan garam selama fifteen menit. Letakkan di dalam lemari es.

  2. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan daun salam dan serai. Aduk-aduk sampai rata, lalu masukkan cumi. Bumbui dengan kaldu ayam bubuk dan merica. Masak hingga matang lalu suguhkan.


Bagaimana dengan inspirasi masak cumi hari ini? Tentu akan membuat kita semangat mengolah seafood jenis yang satu ini. Selamat memasak!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel