5 Ide Cemilan Lebaran untuk Kamu Buat di Rumah

Lain animo, lain juga jenis cemilannya. Begitupun halnya di dikala bulan puasa, begitu melimpah bermacam-macam jenis cemilan untuk dicicipi ketika ini. Apa sajakah cemilan Lebaran yang paling terkenal di Republic of Indonesia? Berikut yakni lima di antaranya.


Sebelum masuk ke daftar cemilan paling terkenal dikala Lebaran, inilah ketika yang tepat untuk memutuskan sesuatu yang penting. Saat bulan pahala selain selalu mencari cara asyik setiap hari untuk ngabuburit, bulan ini yaitu waktu yang pas untuk mulai belajar memanggang kudapan manis bukan? Atau mungkin telah cukup pengalaman? Sekaranglah saatnya memberikan kebolehanmu!


Sebetulnya cemilan Lebaran bukan soal memanggang kue saja. Banyak kuliner kecil lainnya yang mampu dicoba dan bahkan lebih gampang dibuatnya. Ayo kita singsingkan lengan baju dan mulai menjajal menjadikannya untuk ngabuburit hari ini!


ane. Nastar, cemilan Lebaran paling disukai


Idulfitri kurang rasanya tanpa kedatangan nastar. (Foto: Shutterstock)

Kudapan peninggalan kolonial Belanda ini menjadi satu carte khas yang terkenal di seluruh Republic of Indonesia dan sebagian negeri Asia Tenggara lainnya.


Nastar atau “nanas tart” mempunyai rasa lembut, manis, dan sungguh lezat untuk dikudap. Meskipun kini tersedia sepanjang tahun, menikmati nastar memang paling ikonik ketika Lebaran maupun hari raya lainnya.


2. Kastengel, saingan berat nastar


cemilan lebaran
Kurang lengkap rasanya nastar tanpa sobat baiknya – kastengel. (Foto: Shutterstock)

Kalau nastar yaitu model manisnya, kaasstengels atau biasa orang Indonesia menuliskannya kastengel alias kue keju — yaitu satu jenis kudapan hari raya yang serupa populernya.


Keju untuk kue ini berasal dari jenis yang sudah agak bau tanah umurnya, lalu diaduk dan juga diparut di atas setiap kukisnya. Setelah dipanggang, teksturnya renyah dan begitu gurih. Pasti bawaannya ingin tambah terus!


3. Rengginang, kriuk renyah membuatnagih


Yang satu ini MAHI jamin niscaya selalu jadi favoritmu bukan? Rengginang terbuat dari nasi ketan yang dibumbui gurih dan lalu dibentuk bundar dan tebal. Setelah dijemur, rengginang lalu digoreng sampai renyah dan rasanya begitu gurih dan nikmat.


Tapi uniknya, meskipun kalah pamor dengan yang asin, rengginang juga mempunyai model manisnya. Sudah pernah coba?


4. Kacang goreng, pilihan paling klasik


Kalau soal kacang-kacangan, Indonesia adalah salah satu negeri di dunia yang memiliki paling banyak cemilan menggunakan ini. Meski jenis kacang-kacangannya masih yang umum digunakan sehari-hari namun tetap tersaji dengan keunikannya masing-masing.


Sebut saja berbagai nama mulai dari kacang bawang, kacang telur, kacang Bogor sampai kacang hair alias “sukro” kalau kata orang Sunda. Kudapan-kudapan ini memang biasa dicicipi setiap ketika atau dikala menonton sepakbola, tapi dikala Idulfitri-pun tetap Istimewa.


5. Biji ketapang, paling khas dari Jakarta


cemilan lebaran
Kue biji ketapang, pilihan klasik Lebaran khas Betawi. (Foto: Shutterstock)

Kue biji ketapang adalah sahabatnya dodol Betawi dan dua-duanya sering tersedia ketika Idulfitri. Meski namanya demikian, kue ini bukanlah biji dari pohon ketapang. Hanya saja bentuknya seperti.


Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, mentega, gula, santan, dan parutan kelapa supaya lebih renyah. Kalau kudapan manis lazimnya dipanggang, tapi biji ketapang ini justru digoreng. Rasanya manis dan gurih.




Ayo, ingin coba menciptakan cemilan Lebaran yang mana dahulu? Atau ada camilan lainnya yang lebih disukai misalnya mirip sagu keju atau pengecap kucing? Republic of Indonesia begitu kaya dengan banyak cemilannya dan tentu saja lebih seru bila tidak cuma sekadar membeli dan menikmatinya begitu saja.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel