Tips Jadi Tuan Rumah Hebat Saat Jamuan Makan Lebaran

Setelah 30 hari berpuasa, tibalah hari yang sungguh dinanti-nantikan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Acara jamuan makan Lebaran akan menjadi momen yang mempunyai arti sepanjang tahun, terlebih kalau disediakan dengan niat tulus dan bersiklus.


Berani dong tahun ini untuk mengajukan diri dan berkata, “Saya siap menjadi ketua panitia halal bihalal Idulfitri!” Kapan lagi kau bisa menguji kesanggupan berorganisasi sekaligus mengajak keluarga merasakan hasil jerih payahmu mengolah makanan di dapur — walaupun itu gres sebatas masak mi yamin jamur dan ayam goreng saus mentega.


Tim MAHI telah menyusun beberapa poin penting yang pastinya mampu segera kamu praktekkan:


Perencanaan carte jamuan makan Lebaran


jamuan makan lebaran
Rencanakan menu sejak dini semoga antisipasi Idulfitri lebih mudah. (Foto: Shutterstock)

Makanan Idulfitri khas di Indonesia sangat diketahui dengan makanan-makanan berkuah, seperti opor ayam, Kari Kentang, Tahu Cabe Ijo, sampai Semur Daging. Tak cuma itu, carte-card ini biasanya didampingi dengan sambal goreng ati, acar, beraneka kerupuk, atau pun ketupat dan lontong. Ini artinya, kau juga perlu mempersiapkan makanan pelengkap serta kondimen yang akan dicari orang saat makan, seperti sambal kecap.


Selebihnya yang perlu dipikirkan untuk jamuan makan Idulfitri ialah hidangan pencuci mulut. Kue Idulfitri hingga dessert kontemporer sekarang mampu gampang dibeli sehari sebelum hari raya. Variasi seperti pillow cake khas Jepang atau pencuci verbal khas Indonesia mirip cendol atau bahkan nastaar tetap akan dicari-cari. Dengan memadukan antara kuliner Republic of Indonesia yang sudah menjadi semacam tradisi dan cemilan modern yang sering membuat orang penasaran sebab antrian kasirnya selalu panjang, kau mampu menghibur tamu dari segala umur.


Jika merasa sedikit tertantang, pilih saja satu atau dua dari beberapa sajian yang sudah kamu pastikan untuk kamu masak sendiri.  MAHI sudah mempersiapkan banyak video dan resep masakan yang bisa langsung kamu praktekkan, di halaman resep.


Estetika penyajian kuliner


Satu hal yang kadang terlewat setelah persiapan makanan yakni gaya penyajiannya. Padahal, sesungguhnya kita mampu melakukan sedikit perjuangan untuk membuat performa visual kuliner terlihat lebih menawan dan memberikan nilai tambah disamping rasanya yang lezat. Bangga kan, jikalau performa hidanganmu terlihat elok saat nampang di halaman Instagram sepupu atau tantemu yang berjiwa hipster.


Berhubung sajian Idulfitri beragam — dan dominan berkuah, MAHI sarankan sih kamu telah merencanakan meja makan panjang yang ditutupi oleh table runner berwarna gelap atau memberi ganjal semacam taplak bambu agar acara cuci-mencuci seusai program menjadi lebih mudah seandainya terjadi pertumpahan kecap di daerah. Dekorasi khas Idulfitri mampu kamu gunakan untuk mewarnai rumah sekaligus meja makan, misalnya daun janur, bunga segar, lampu hias, dan lain sebagainya.


Seandainya kamu malas mencuci piring, gelas dan peralatan makan setelah acara selesai, pilih saja peralatan makan dari plastik yang masih terlihat berkelas. Kamu juga bisa kok mengundang pasukan pembersih lewat aplikasi mobile seandainya merasa kewalahan.


Pengaturan anggaran


jamuan makan lebaran
Perencanaan acara yang baik berawal dari pengaturan budget yang tepat. (Foto: Shutterstock)

Perencanaan keuangan yang baik dan tertata akan membuat lebih mudah kita dalam merencanakan banyak sekali program keluarga. Khususnya untuk jamuan makan Idulfitri tahun ini, ada baiknya seluruh keluarga mendiskusikan ihwal pendanaan acara serta jumlah yang harus disumbang per keluarga. Salah satu yang tidak memberatkan ialah dengan menawan iuran bulanan yang dananya juga mampu dimanfaatkan untuk acara silaturahmi lainnya di luar Lebaran.


Khusus untuk acara ini, kamu selaku panitia wajib menyusun perkiraan pengeluaran serta berapa dana yang hendak diperlukan. Setelah itu, kelompokkan semuanya dalam skala prioritas dan menetapkan anggaran. Beberapa hal yang mesti diantisipasi contohnya peningkatan harga daging dan penambahan jumlah tamu yang datang. Sebaiknya kau telah merencanakan budget extra untuk hal-hal tidak terduga mirip ini.


Yang perlu dikenang, jangan hingga rencana ini memberatkan keluargamu atau keluarga lain. Jadikan Idul Fitri selaku ajang menyebarkan, sehingga dana yang kurang mampu ditutupi dan semua mampu hadir untuk merayakan Lebaran tanpa beban.


Mengadakan berbagai acara seru


jamuan makan lebaran
Jadikan program keluarga ketika Idulfitri seseru peringatan 17 Agustusan! (Foto: Shutterstock)

Tidak salah lagi, ini ialah tugas yang paling mengasyikkan untuk jamuan makan Lebaran tahun ini! Coba fikirkan permainan yang sesuai untuk segala usia. Seandainya di lokasi tersedia halaman luas, maka anak-akan bisa dengan gampang diajak berpartisipasi dalam lomba-lomba tradisional, mirip balap karung, makan kerupuk, makan kudapan manis, perang pistol air, atau pukul guling di atas bak renang.


Untuk para remaja, ajak mereka bergabung dalam permainan seru yang menciptakan mereka berpaling dari gadget di tangan Permainan board games, kuis, atau olahraga fisik yang tidak berbahaya bisa menarik minat mereka. Kamu mampu lebih kreatif dengan menyembunyikan thou prize paling spesial dan mengajak seluruh keluarga untuk menemukannya. Intinya, gunakan seluruh imajinasimu supaya acara Lebaran tahun ini lebih seru dari tahun sebelumnya.


Semoga wangsit-wangsit dari MAHI kali ini mampu membuat peringatan Lebaran kau lebih berkesan. Selamat merayakan Idul Fitri dengan keluarga tercinta!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel