5 Aneka Takjil Tanpa Santan untuk Buka Puasa

Bulan puasa ialah bulannya kita mampu mengkonsumsi masakan yummy sesudah sepanjang hari menahan haus dan lapar. Hidangan kudapan di bulan pahala biasanya lebih spesial dan banyak macamnya. Dimulai dari es campur, es teler, kolak, cendol, dan sebagainya. Khusus kamu yang doyan makanan bersantan, ‘rem’ dulu keinginan ini, ingat santan dapat menyebabkan kolesterol, lho! Berikut saya bagi v aneka bukaan tanpa santan untuk buka puasa.


Asinan Betawi


Di tengah gempuran aneka kudapan serba kekinian yang menghiasi lini abad media sosial kita, makanan lokal mirip asinan Betawi tetap masih banyak penggemarnya. Mirip dengan asinan lainnya, asinan Betawi ini yang dibuat dari aneka sayuran yang disuguhkan dengan guyuran saus kacang yang khas. Kuah dari asinan Betawi ini menyimpan sensasi pedas, asin, anggun, dan asam.


Karena tidak memakai santan, makanan ini kondusif disantap untuk seluruh anggota keluarga. Abang-kakak penjual asinan Betawi keberadaannya memang mulai langka, namun kamu mampu dengan mudah menjadikannya di rumah. Untuk menciptakan asinan Betawi kamu membutuhkan: selada, sayur asin, tauge, tahu, mentimun, kacang tanah, mie kuning, air, gula merah, kacang tanah goreng, cabe merah, cabe rawit, ebi sangrai, cuka, dan garam.


Cara menjadikannya:



  1. Rebus gula merah bersama air sampai mendidih dan gula larut.

  2. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan (kacang tanah, cabe merah, cabe rawit, udang kering sangrai, cuka, dan garam). Rebus hingga mendidih. Dinginkan.

  3. Tata aneka sayuran dan tahu yang sudag dipoting di dalam mangkuk. Siramkan bumbunya.

  4. Langkah keempat, hidangkan bareng kerupuk, mie kuning, dan taburan kacang goreng.


Puding Matcha


aneka takjil
Sajikan bersama anko (pasta kacang merah) dan kinako (bubuk kacang kedelai). (Foto: Shutterstock)

Di gerai-gerai kopi ibu kota, minuman berbasis matcha masih menjadi peak seller. Perpaduan rasa cantik dan sedikit pahit dari matcha justru menjadikannya mudah berpadu dengan aneka tajil atau resep kuliner. Pernah mencoba lezatnya puding matcha? Tekstur puding yang halus dan lembut dengan rasa pahit-manis dapat menjadi opsi carte du jour bukaan saat berbuka puasa. Untuk membuat puding matcha kamu memerlukan: abu semoga-semoga, abu matcha, susu cair, gula pasir dan sedikit garam.


Berikut ketiga langkah membuatnya:



  1. Larutkan abu matcha dengan beberapa sendok air hangat. Sisihkan.

  2. Masak susu bareng agar-biar, garam, dan gula dengan api kecil. Terus aduk dengan kecepatan konstan semoga susu tidak pecah. Setelah mendidih, masukkan larutan matcha dan masak kembali hingga mendidih.

  3. Masukkan campuran ke dalam cetakan dan dinginkan di dalam lemari es.


Kembang Tahu Kuah Jahe


Aneka takjil
Sajikan bersama serpihan kacang pistacchio untuk penampilan yang lebih bagus. (Foto: Shutterstock)

Jajanan yang satu ini menyimpan nostalgia era kecil bagi kamu yang hobi jajan. Kembang tahu yang lembut disuguhkan bersama siraman kuah gula merah yang dimasak bareng kepingan jahe. Hangat dan bikin tenggorokan adem! Untuk membuat tajil ini kamu membutuhkan: susu kedelai, abu supaya-biar, jahe, gula merah, air, daun pandan dan garam.


Berikut yakni tindakan membuatnya:



  1. Masak kembang tahu. Kemudian masukkan susu kedelai, agar-agar, dan sedikit garam di dalam panci dengan api rendah. Masak sampai mendidih. Tuang ke dalam mangkuk dan dinginkan.

  2. Masak kuah jahe. Siapkan air di dalam panci, kemudian masukkan gula merah, jahe, daun pandan, dan sedikit garam. Masak sambil terus aduk-aduk hingga mendidih. Dinginkan kemudian saring kuah.

  3. Sajikan kembang tahu bareng kuah jahe.


Smoothie Bowl


aneka takjil
Sebelum dimakan, wajib foto dulu! (Foto: Shutterstock)

Dari semua aneka takjil kontemporer, kamu belum resmi menjadi anak millennial jikalau belum mencoba smoothie bowl! Hidangan yang sedang nge-tendency ini selain sehat juga estetik dan instagrammable.


Yuk, kita buat smoothie bowl dari buah naga! Untuk menciptakan tajil ini kau membutuhkan: buah naga, pisang, susu kedelai, air kelapa. Haluskan seluruh materi ke dalam blender dan sajikan di dalam mangkuk. Hiasi smoothie bowl dengan aneka buah atau kacang-kacangan sesuai cita-cita kau.


Es Buah Selasih


Yang segar-segar tidak selalu susah dibuatnya kok. Misalnya es buah selasih yang satu ini. Untuk ini kamu membutuhkan: buah melon, pepaya, kelapa muda, biji selasih, sirup dan air.


Cara membuatnya:



  1. Potong-potong buah dalam bentuk menarik sesuai selera kau.

  2. Masukkan sirup ke dalam gelas. Masukkan belahan buah bersama kelapa muda dan selasih. Tuang air dingin dan es watu. Aduk dan suguhkan.


Selesai telah beberapa ilham untuk aneka tajil tanpa santan dariku. Jangan lupa untuk cek resep-resep dan bumbu-bumbu yang telah kubagi juga ya. Semoga jadi pandangan baru untukmu!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel