5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran

Kalau berkunjung ke Makassar, niscaya saja bawaannya ingin masak. Nah, saya menemukan beberapa pandangan baru kuliner khas Makassar yang tepat untuk Lebaran nanti. Nggak percaya? Coba deh intip five kuliner khas Makassar yang pas jadi teman ketupat Idulfitri.


Coto Makassar


Ada yang tahu perbedaan soto dengan coto? Kalau ‘soto’ yang dibuat dari daging ‘sapi’, sedangkan ‘coto’ yang dibuat dari daging ‘capi’!


Hahaha.. Jangan dianggap serius ya. Coto Makassar terbuat dari rebusan isi perut sapi yang lalu diiris-iris lalu dibumbui dengan racikan khusus. Rahasia dibalik kenikmatan semangkuk Coto Makassar terletak pada kuahnya yang konon memakai 39 jenis rempah. Kok banyak banget ya? Selain memberikan cita rasa yang kuat, rempah ini ampuh menghilangkan bacin amis jeroan. Untuk hari Idulfitri nanti, coba deh sajikan Coto Makassar sebagai teman makan ketupat Lebaran. Unik dan nggak mainstream!


Pallubasa


Bagi mata orang awam, Pallubasa serupa dengan Coto Makassar. Padahal terang berbeda! Meski Pallubasa dan Coto Makassar sama-sama menggunakan daging jeroan, kuah Pallubasa berisi kelapa parut yang telah disangrai sehingga lebih kental dan gurih. Kalau kamu jenuh dengan sajian Opor Ayam atau Rendang, yang satu ini mampu menjadi alternatif yang enak ketika Idulfitri.


Konro


Kalau menurut Chef, belum sah berkunjung ke Makassar bila belum icip-icip Konro. Masakah berbentukiga daging sapi ini mempunyai kuah yang berwarna coklat kehitaman yang berasal dari gabungan aneka rempah-rempah. Biasanya konro disuguhkan dengan dua cara, kuah dan bakar. Kalau Chef sih paling suka yang sup, bumbu kuahnya itu sedap banget! Konro, baik yang berkuah atau bakar, sempurna dijadikan sahabat makan ketupat Idulfitri.


Pallumara


5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran
Selain lezat, ikan juga punya banyak protein. Pallumara ini juga tidak sulit membuatnya. (Foto: Shutterstock)

Kalian para pecinta masakan olahan ikan, yuk merapat! Pallumara yaitu salah satu carte setempat yang mencuri hati saya. Ikan yang biasa digunakan yakni ikan kakap, tetapi kamu juga mampu menggunakan ikan bandeng atau ikan tongkol. Warna kuning pekat pada kuahnya berasal dari rempah kunyit yang dihaluskan. Selain rasanya yang segar, tepat banget untuk disantap bersama ketupat Idulfitri.


Mie Titi


5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran
Krenyes-krenyes ketika dimakan, Mie Titi ini pas dijadikan sobat makan ketupat. (Foto: Shutterstock)

Wisata masakan saya di kota Makassar diakhiri dengan memakan Mie Titi yang mirip dengan ifumie yang biasa kita dapatkan di kedai makanan kuliner Cina. Masih berbentukmie yang digoreng kering lalu disiram dengan kuah kental berisi belahan sayuran, cumi dan udang. Ingin lebih kenyang? Jadikan Mie Titi ini selaku pasangan ketupat Lebaran ketika makan siang bersama keluarga di Hari Raya nanti.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel