5 Tips Masak Ayam Tanpa Minyak untuk Hidup Lebih Sehat

Masakan yang serba digoreng memang enak, tapi kadar lemak dan kolesterolnya itu mampu tinggi banget! Menggoreng memang yaitu satu metode mengolah makanan yang paling mudah. Tapi demi menjaga kesehatan kamu dan keluarga, ada baiknya kamu menyimak v tips masak ayam tanpa minyak berikut ini. Makan enak tidak mesti mengorbankan kesehatan kok teman-teman.


1. Memasak memakai rice cooker


tips masak ayam
Kamu belum sah jadi anak kost, kalau belum memiliki rice cooker! (Foto: Shutterstock)

Alat masak yang satu ini wajib dimiliki siapapun meski tidak memiliki dapur sama sekali. Banyak orang yang terkejut saat mengenali bahwa rice cooker bisa mengolah masakan aneka makanan dengan mudah tanpa minyak sedikit pun! Terlepas dari namanya, rice cooker mampu dipakai untuk mengolah masakan mulai dari ayam, daging, sayur, hingga kudapan manis.


Memasak ayam tanpa minyak dengan rice cooker akan memerlukan waktu antara ane-2 jam. Kalau bosan menunggu, lebih baik lagi kalau kau memasak di malam hari saja agar bisa dikonsumsi untuk sarapan. Mudahnya memasak menggunakan rice cooker mirip dengan mengolah makanan nasi — masukkan saja semua materi dan tekan tombol ‘Cook’. Tinggal tunggu deh kuliner jadi matang.


ii. Menumis tanpa minyak


tips masak ayam
Ingin hidup tanpa minyak? Kalau kamu kreatif, mampu kok! (Foto: Shutterstock)

Teknik mengolah masakan yang satu ini sudah semakin akrab di indera pendengaran orang Indonesia. Sautéeing atau menumis dengan menggunakan sedikit bahkan tanpa minyak mampu dilakukan dengan bermodalkan wajan dan api besar. Kalau kamu bertanya, memangnya mampu menumis tanpa minyak? Bisa! Kuncinya ialah mengganti minyak dengan air umumatau air kaldu. Jangan lupa tekun-rajin mengaduk kuliner kau secara berkala agar tidak cepat gosong.


three. Membuat pepes ayam


Yang satu ini yaitu cara mengolah makanan tradisional Republic of Indonesia yang menggunakan teknik mengukus. Tips masak ayam ini dijamin lebih yummy sebab ayam dibalut memakai beragam rempah khas Republic of Indonesia. Ayam kemudian dikemas dengan daun pisang kemudian dikukus. Selain menjadi bacin dan rasa lebih meresap, teknik mengukus ini mempertahankan keutuhan nutrisi ayam yang umumnya hilang alasannya adalah proses penggorengan atau pemanggangan.


4. Memanggang ayam


Zaman kini, teknik mengolah makanan dengan cara memanggang lazimnya hanya memakai oven. Cara ini tidak membutuhkan minyak atau air sebagai medium perpindahan panas. Selain cara mengukus yang tadi aku jelaskan, ayam yang telah dibumbui bisa dimasak saja apalagi dahulu dan lalu dibungkus daun pisang. Selanjutnya kau bisa panggang memakai grilling pan ataupun wajan anti lengket saja. Selain lebih yummy, mampu juga rasa smoky-nya!


five. Mengganti minyak dengan materi lain


tips masak ayam
Meski rasanya manis, pure apel tidak akan mengubah rasa kuliner kamu. (Foto: Shutterstock)

Banyak yang tampaknya sulit lepas dari betapa vitalnya minyak goreng dan mentega dalam keseharian kita. Padahal bekerjsama ada alternatif-alternatif lainnya yang lebih sehat, seperti:



  1. Puree apel

    Pure apel dibuat dari apel yang direbus dan dihaluskan. Pure apel ini memiliki tekstur mirip dengan mentega yang dilelehkan. Rasanya yang cukup ringan tidak akan banyak memengaruhi rasa kuliner yang kau masak.

  2. Puree pisang

    Pisang matang yang dihancurkan juga cocok dijadikan pengganti minyak atau mentega. Gunakan ¾ cangkir puree pisang untuk setiap i cangkir minyak.


Setelah menguasai tips masak ayam tanpa minyak tadi, tentu kau ingin coba resep-resep dariku yang lain bukan? Untuk carte sehat yang lain, aku sarankan untuk menjajal juga resep sup ayam bening. Selamat mengolah makanan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel