4 Tips Masak Rendang Otentik a la Minang

Ini beliau kuliner yang terus menjadi idola baik di negeri sendiri atau di negara lain. Rendang! Kalau telah ketemu rendang, wah mampu-bisa saya kalap dan menghabiskan tiga piring nasi. Kelezatan rendang memang tidak ada yang meragukan, tapi cuma sedikit orang yang mampu dan mau mengolah makanan rendang. Kalau ingin tahu tips masak rendang yang sahih, yuk ikuti cerita saya berikut ini!


Pertama coba bayangkan dahulu deh. Untuk mengolah makanan rendang yang maksimal akhirnya, setidaknya kamu memerlukan waktu selama delapan jam! Perlu ketabahan dan ketekunan tingkat tinggi untuk masakan khas Minangkabau ini. Bagi aku, rendang ini adalah masakan istimewa yang tepat menjadi hidangan Idulfitri nanti bersama keluarga tersayang.


Sesuai komitmen, saya bagi-bagi ya tips masak rendangnya.


Pilih Bagian Daging yang Tepat


4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Tidak semua bagian daging sapi cocok dipakai untuk membuat rendang. (Foto: Shutterstock)

Tidak semua bab daging sapi bisa dipakai untuk mengolah makanan rendang. Menurut para hebat dan mereka yang berpengalaman puluhan tahun dalam memasak rendang, bagian paha yaitu yang terbaik. Kenapa paha sapi? Paha sapi tidak terlalu lunak sehingga tidak mudah hancur ketika diolah.


Bagian daging yang mengandung banyak lemak seperti sandung lamur juga semestinya tidak kau gunakan. Meski gurih, lemak pada daging akan menyusut atau menjadi keras.


Siapkan Waktu Setidaknya viii Jam


4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Sisihkan waktu kamu setidaknya viii jam. Tangan kau juga harus telaten mengaduknya! (Foto: Shutterstock)

Dari pagi hingga malam terus menunggu dan menunggu. Begitulah suka sedih mengolah masakan rendang. Makanya, bila ada seseorang yang mau memasakkan rendang untuk kamu, wah niscaya beliau sayang banget sama kau!


Meski berbeda, banyak orang yang membandingkan rendang Minangkabau dengan rendang Malaysia. Karena dimasak selama viii jam, rendang Minang bertekstur kering dan gula dalam santan menjadi terkaramelisasi dengan bumbu-bumbunya. Saking lamanya, warnanya malah menjelma hitam. Rendang Malaysia di segi lain biasanya berwarna kemerahan dan lebih lembap.


Masak Daging Terlebih Dulu


Menjaga tekstur daging untuk tetap utuh adalah salah satu tantangan tersulit dalam memasak rendang. Tips memasak rendang lainnya yang aku dapatkan langsung dari orang Minang yakni menggoreng daging apalagi dulu sebelum mencampurnya dengan bumbu rendang. Ingat, tidak perlu menggunakan minyak, cukup menggunakan panci anti lengket dan masak sampai permukaan daging berwarna kecokelatan.


Potong Daging dengan Ukuran yang Pas


4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Tidak terlalu kecil, juga tidak terlampau besar. Ukurannya harus pas! (Foto: Shutterstock)

Kesalahan yang paling kerap dijalankan dikala mengolah makanan rendang yaitu memangkas daging terlalu kecil atau terlalu besar. Ada satu tips masak rendang perhiasan nih. Jika tidak pede ketika memangkas daging sebaiknya minta potongkan kepada tukang daging. Jika ukuran daging kau terlalu kecil maka akan hancur ketika proses mengolah makanan. Jika terlalu besar, akan lebih lama matang dan kurang menarik saat disuguhkan.


Jangan lupa cek resep rendang ataupun dendeng balado mudah dari saya yang bisa kamu coba di rumah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel