Ragam Tips Masak Ikan: Dari Membeli Hingga Mengolahnya

Berbagai jenis ikan dan seafood rentan kasus kesegarannya. Ada perjalanan yang mesti kita tempuh dengan teliti mulai dari dikala membelinya hingga mengolahnya. Selain itu ada beberapa hal yang perlu kau ketahui juga soal cara menyimpannya. Nah, berikut saya bagi beberapa tips masak ikan supaya kualitasnya terjaga dan tetap segar sampai hingga waktu memasaknya.


Tips Berbelanja di Pasar


Jaga kesegaran ikan dengan memakai water ice box selama perjalanan pulang. (Foto: Shutterstock)

Ikan segar maupun yang dibekukan dari swalayan sebaiknya kamu beli sesaat saja sebelum meninggalkan daerah. Setelah ketika ikan keluar dari bagian pendingin di swalayan menuju temperatur luar yang lebih hangat, maka kesegarannya sendiri telah mulai menyusut.


Pastikan untuk menaruh ikan di dalam plastik terpisah supaya cairan yang berceceran tidak mengontaminasi belanjaan yang lain. Kalau kamu lebih niat lagi, siapkan semacam kotak pendingin yang diisikan es — kecuali kalau rumahmu sungguh bersahabat dengan swalayan atau pasar ikan segar. Yang terpenting yakni jangan berlama-lama di luar sehabis membeli ikan.


Tapi sebelum seluruhnya ini, tentukan bertanya dulu soal kesegaran ikannya ya guys. Jangan hingga ada keraguan, apalagi ini akan besar lengan berkuasa tidak hanya pada rasa namun juga untuk kesehatan kamu dan keluarga di rumah.


Tips Menyimpan Ikan


Selain senantiasa disimpan dalam kondisi dingin, semestinya ikan dibersihkan terlebih dahulu. (Foto: Shutterstock)

Selain menyimpannya dalam es, ikan segar maupun beku sebaiknya langsung dibersihkan sesampainya kita di rumah. Hal ini perlu dikerjakan demi mempertahankan cita rasanya. Kalau sedang malas, sekurang-kurangnyaikan utuh mampu disimpan selama sehari sampai saatnya untuk dibersihkan. Tapi ini dengan catatan bahwa ikan selalu terjaga dalam keadaan dingin. Setelah simpulan membersihkannya, pastikan ikan senantiasa dalam kondisi cuek selama masa pembuatan.


Untuk kamu yang ingin memasaknya di lain waktu, ikan dapat disimpan apalagi dahulu selama beberapa usang di dalam kulkas. Setelah membersihkannya, bilas ikan dengan memakai air dingin dan keringkan dengan tissue dapur yang tebal. Lindungi ikan dengan cling wind ataupun aluminum foil. Biasanya ikan mampu disimpan selama kurang lebih dua hari dengan cara ini.


Tips Masak Ikan


tips masak ikan
Apapun cara memasaknya, tentukan dulu kesegaran ikan dan cara mengolahnya yang bagus. (Foto: Shutterstock)

Setelah membeli yang segar dan ikan sudah disimpan serta dibersihkan dengan baik, sekarang adalah waktunya mengolah makanan!


Di bab ini, Chef ingin menerangkan beberapa teknik dasarnya. Bisa saja kita mengolah makanan menggunakan berbagai resep berlawanan ataupun materi yang bermacam-macam, namun akan ada kondisi yang biasa kita jumpai saat mengolah ikan. Nah, berikut yaitu vi tips masak ikan dari saya agar balasannya maksimal.



  1. Meski dibumbui segala rupa dan dimarinasi selama mungkin, ikan yang telah tidak segar tidak mampu dihidupkan kembali ya sahabat-teman. Makara tentukan kemungkinan yang satu ini telah diantisipasi sejak permulaan.

  2. Ikan akan gampang hancur jika kita terlampau banyak membolak-balikkannya saat diolah. Cukupkan cuma membalikkan ikan yang diolah sesekali saja.

  3. Pastikan ikan dalam kondisi kering dikala akan diolah. Adanya bab lembab mampu menimbulkan ikan menjadi lembek sesudah dimasak. Selebihnya gunakan wajan berkualitas dan biarkan minyak atau mentega panas terlebih dahulu sebelum mulai mengolah masakan.

  4. Gunakan termometer makanan semoga mempertahankan ikan dari keadaan terlalu matang. Ini juga akan menghindari kemungkinan bagian luar ikan matang sementara di dalamnya tidak.

  5. Mulai mengolah makanan ikan dari bab kulitnya terlebih dahulu jika hasil akhir yang ingin diraih yaitu kulit yang renyah. Jangan kebalikannya ya guys!

  6. Untuk yang hendak aben ikan, pastikan panggangan dalam kondisi higienis. Selain untuk mempertahankan rasa orisinil ikannya, kita tak mauikan tercampur dengan wangi atau zat yang tersisa dari panggangan yang tidak higienis.


Nah, sehabis tahu bermacam-macam kiat ini, Chef berharap kau sudah mampu mempraktekkannya di rumah. Bahagiakan keluargamu dengan keahlianmu mengolah resep-resep ikan dan banyak sekali variasinya serta menggunakan bumbu-bumbu terbaik.


Selamat mengolah masakan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel