5 Masakan Rendah Kalori yang Mengenyangkan dan Menyehatkan

Mengapa mesti makanan rendah kalori? Alasannya ialah untuk menjaga kesehatan ataupun menurunkan berat badan. Itulah mengapa terlalu banyak kombinasi resep masakan rendah kalori semakin menawan untuk dicoba. Ingin tahu beberapa masakan rendah kalori yang membuat kenyang dan gampang dicoba di rumah? Yuk, kita simak v resep singkat berikut ini!


one. Ayam Goreng Oven


masakan rendah kalori yang mengenyangkan
Versi sehat dari ayam goreng adalah yang dimasak di panggangan. (Foto: Shutterstock)

Ayam bisa dikategorikan selaku masakan rendah kalori yang membuat kenyang sekaligus sehat, asalkan diolah dengan cara yang tepat. Meski menggunakan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk ayam goreng gaya Selatan, kali ini justru ayam dimasak lewat proses pemanggangan. Ini menjadi alternatif proses menggoreng dan penggunaan minyak yang kurang sehat.


Bahan-materi yang diperlukan: ayam bab paha, tepung roti, garlic pulverization, telur, buttermilk, garam, dan merica.


Cara mengolah makanan:



  1. Panaskan panggangan sampai 220C serta alasi papan oven dengan baking parchment dan alumunium foil.

  2. Aduk rata adonan tepung roti, garlic pulverization, garam, dan merica.

  3. Siapkan adonan terpisah berupa adonan telur dan buttermilk.

  4. Campurkan paha ayam dengan adonan telur dan setelahnya tepung roti. Pastikan seluruhnya terlumuri dengan baik.

  5. Panggang ayam selama kurang lebih i jam. Sajikan.


2. Tumisan Sayuran dengan Mie Soba


Beragam sayuran yang ditumis ringan tentu sehat dan rendah kalori. Tapi bagaimana jika digabung dengan soba? Ternyata cocok banget teman-sahabat! Varian mie yang satu ini yang dibuat dari buckwheat atau gandum kuda. Tidak cuma rendah kolesterol, jenis gandum yang satu ini yaitu alternatif sehat bagi yang memiliki dilema intoleransi gluten ataupun diabetes.


Bahan-materi yang dibutuhkan: bawang putih, bawang bombay, selai kacang, kecap asin, air, madu, lemon, garam, lada hitam, minyak sayur, paprika merah, paprika kuning, brokoli, buncis, wortel, dan mie soba.


Cara mengolah masakan:



  1. Sesuai selera, aduk rata adonan bawang putih, selai kacang, air, madu, air perasan lemon, garam, serta lada hitam.

  2. Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Tumis bawang bombay, wortel, brokoli, paprika, dan buncis sampai menjelang matang.

  3. Setelahnya tambahkan mie soba yang telah direbus dan campurkan saus gabungan tadi. Masak sampai matang dan sajikan.


three. Bubur Ayam Gaya Modern


masakan rendah kalori yang mengenyangkan
Sulit menolak kedatangan bubur ayam di pagi hari, apalagi lagi jika ada model sehatnya. (Foto: Shutterstock)

Ternyata ada cara mempertahankan bubur ayam biar tetap rendah kalori. Karena proses masaknya yang deadening cooking, pastikan kau mengolah masakan di malam sebelumnya agar bisa dirasakan akhirnya di pagi hari. Selain untuk makan pagi, yang satu ini cocok juga untuk kamu yang bingung mau merencanakan makanan sehat untuk sahur.


Yang diharapkan selain alat ho-hum-cooker yaitu materi-bahan seperti: kaldu ayam, nasi, jahe, garam, dada ayam, cabe, bunga lawang, kacang panggang tanpa garam, chili fossil oil, daun bawang, serta kangkung dan alpukat (opsional).


Berikut ialah langkah-langkahnya:



  1. Masukkan kaldu ayam, nasi, jahe, dada ayam, cabe, bunga lawang, dan garam secukupnya ke dalam tedious cooker. Tutup dan masak selama seven,5 jam dalam fashion “LOW”. Setelahnya, ambil ayam dan suwir-suwir.

  2. Setelahnya, kembali tutup dull cooker dan masak selama thirty menit dalam mode “HIGH”. Ambil cabe dan kembang lawang, serta bagi rata bubur ayam ke dalam mangkuk. Tambahkan aksesori berbentukkacang oven, daun bawang, kangkung, alpukat yang sudah dipotong-potong, serta sedikit chili oil.


iv. Ayam Kung Pao


masakan rendah kalori yang mengenyangkan
Ayam kung pao ialah kuliner khas Tiongkok perantauan yang selalu jadi favorit semua orang. (Foto: Shutterstock)

Yang satu ini dijamin niscaya banyak penggemarnya. Siapa coba yang tidak mengetahui carte yang satu ini? Selain memang laku manis di banyak restoran Chinese food, carte ayam kung pao juga ternyata rendah kalori dan sodium.


Bahan-materi yang diperlukan: minyak wijen, bawang putih, bawang bombay, cengkeh, paha ayam fillet, air, kecap asin rendah sodium, tepung maizena, gula merah, jahe, lada merah/chili flakes, paprika merah, kacang panggang tanpa garam.


Cara mengolah masakan:



  1. Panaskan minyak wijen di atas api sedang. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan ayam yang diiris dadu. Tumis hingga ayam mulai kecoklatan.

  2. Campurkan air seperlunya dengan kecap asin, tepung maizena, jahe halus, lada merah, dan gula merah. Aduk sampai gula merah larut.

  3. Campurkan larutan tersebut dengan ayam dan masak sampai mendidih.

  4. Tambahkan potongan paprika dan kacang. Sajikan.


five. Salmon dan Pak Choi


Masakan rendah kalori yang membuat kenyang selanjutnya niscaya sudah tidak abnormal lagi. Orang Republic of Indonesia dijamin suka dengan sayur mirip pak choi dan juga ikan yang kaya omega iii ialah salmon. Ternyata keduanya bisa dipadukan dengan sangat bagus dan menjadi sebuah menu rendah kalori yang enak.


Bahan-materi yang diperlukan: kecap asin rendah sodium, madu, jahe serut, minyak wijen hitam, garlic pulverization, pak choi, ikan salmon, dan daun bawang.


Cara memasak:



  1. Panaskan broiler atau oven toaster.

  2. Aduk rata kecap asin, madu, jahe, minyak wijen, dan garlic pulverisation di dalam mangkuk.

  3. Siapkan papan panggangan dan tutupi dengan serpihan pak choi. Letakkan ikan salmon di atas bagian daun dari pak choi dan bab kulit mengarah ke bawah.

  4. Tuangkan saus ke seluruh bagian salmon dan juga secara merata ke bagian tangkai dari pak choi.

  5. Panggang selama v menit dan balikkan pak choi semoga tidak gosong. Panggang lagi beberapa waktu hingga matang sesuai selera. Sajikan bersama taburan daun bawang.


Diet rendah kalori sendiri mampu disimpulkan selaku diet yang cuma membatasi asupan kalori sebesar one,200 hingga one,600 kalori per hari untuk laki-laki dan 1,000 sampai 1,200 kalori untuk wanita. Yang perlu dibedakan juga adalah ungkapan diet kalori yang sangat minim atau cuma sebesar 800 kalori per hari. Untuk tipe yang ini biasanya cuma bisa dicapai dengan makanan khusus seperti protein milkshake, depression cal kafetaria, atau sup yang dirancang sebagai pengganti makanan normal dan mempunyai kandungan vitamin tambahan.


Aku sarankan agar kamu menjajal saja dahulu diet kalori rendah normal dengan resep-resep ini. Selain menyehatkan, pembatasan makanan normal ini lebih aman untuk tubuh. Satu hal yang mesti dikenang dari yang namanya diet yaitu untuk juga menjaga gaya hidup sehat. Misalnya dengan tetap berolahraga dan hal-hal yang lain.


Selamat menjajal beragam resep masakan rendah kalori yang mengenyangkan ini ya. Jangan lupa simak resep-resepku yang lain dan beragam olahan ayam yang lezat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel