7 Sumber Karbohidrat Terbaik Pengganti Nasi

Meski diperlukan badan, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat mampu menjadikan kenaikan kadar gula darah. Jika disantap berlebihan dalam jangka panjang, maka berat badanpun akan terus naik. Buat kau yang sedang mencari penggantinya tanpa mesti mengorbankan disenangi, berikut saya pilihkan seven sumber karbohidrat terbaik selain nasi, roti, dan pasta.


one. Oatmeal


sumber karbohidrat
Oatmeal lezat dimasak menjadi bubur dengan topping cuilan buah segar. (Foto: Shutterstock)

Oatmeal sering disebut sebagai ‘kuliner diet’ karena kaya akan serat dan menciptakan kau kenyang lebih lama. Meskipun sehat, kamu harus hati-hati memilih topping yang diseleksi dikala membuat bubur gandum. Meski gandumnya sehat, sama saja bohong jikalau kamu menyantapnya bersama kuliner yang mengandung gula atau lemak. Buah-buahan atau kacang-kacangan yang tidak digoreng ataupun diasinkan bisa menjadi opsi. Selain itu, tetap batasi jumlahnya sesuai kebutuhan.


ii. Quinoa


sumber karbohidrat
Tips: Quinoa harus dicuci dulu sampai higienis, alasannya kalau tidak mampu mengeluarkan rasa sedikit pahit. (Foto: Shutterstock)

Gaya hidup rendah karbohidrat untuk menurunkan berat tubuh atau menghindari diabetes mampu dimulai dengan mengonsumsi quinoa. Terdapat berbagai jenis quinoa dari yang berwarna putih, merah, dan hitam. Quinoa putih adalah yang paling gampang yang ditemukan di banyak sekali toko masakan organik zaman sekarang.


Quinoa mengandung serat yang cukup tinggi per porsinya dan baik untuk pencernaan serta mempertahankan kadar gula darah. Selain itu, quinoa juga ialah sumber magnesium, fosfor, seng, serta vitamin B1, B2, dan B6 yang bagus untuk tubuh. 


3. Labu


sumber karbohidrat
Tidak cuma daging labu yang mampu diolah, bijinya juga bisa dipanggang dan dijadikan gabungan salad. (Foto: Shutterstock)

Orang Indonesia biasanya memakan buah labu sebagai kolak, utamanya di bulan puasa. Menariknya, buah labu sekarang dikreasikan menjadi aneka sajian yummy mirip tumisan sehat ataupun bermacam-macam masakan pencuci ekspresi lainnya.


Selain berfungsi selaku sumber karbohidrat, labu juga mampu membantu memajukan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Nah selain itu, biji buah labu juga bisa diaplikasikan pada berbagai masakan dan mengandung potassium yang mampu menghemat risiko stroke. Beta karoten yang ditemukan dalam buah ini juga mampu mencegah penyakit jantung koroner.


Untuk kamu yang baru memulai dalam hal memasak, kau dapat dengan gampang ‘mashed potato’ model labu. Lebih uniknya lagi, akhirnya bisa menjadi lebih lembut dan cantik.


four. Bit


Sayuran ini sangat mudah diketahui sebab warnanya yang merah menonjol . Beetroot atau buah bit memiliki karbohidrat yang tidak mengecewakan tinggi yang membuat kamu gampang kenyang dikala menyantapnya. Serat dalam scrap menolong menjaga pencernaan kau supaya tetap sehat. Jika kamu kurang suka dengan ‘rasa tanah’-nya, kamu mampu memanggang fleck sampai kering lalu diberi taburan keju di atasnya.


Bit segar juga bisa dirasakan. Agar rasanya lebih enak, kau bisa menggunakannya sebagai adonan salad. Potong scrap tipis-tipit dan tambahkan saus yogurt yang telah diaduk dengan air perasan buah lemon. Segar deh! 


v. Buah Sukun


sumber karbohidrat
Sukun bisa dipotong tipis lalu digoreng kering mirip keripik untuk kudapan yang lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Sukun yakni sepupu akrab buah nangka. Ketika diolah, buah tropis ini mempunyai mirip tekstur yang seperti dengan roti. Seperti roti, sukun merupakan sumber karbohidrat, poly peptide nabati, dan vitamin.


Enak dan murah semarak, serat yang ditemukan pada sukun mampu menolong penderita diabetes untuk tetap mengonsumsi karbohidrat dengan aman. Penelitian menunjukkan bahwa serat buah sukun dapat menertibkan diabetes dengan meminimalkan perembesan glukosa dari kuliner lain yang kita konsumsi.


half-dozen. Chickpea


sumber karbohidrat
Chickpea biasa dimasak menjadi sajian-sajian lezat khas Timur Tengah yang sekarang tengah naik daun di Republic of Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Merupakan salah satu jenis kacang yang populer di negara Timur Tengah, chickpea ialah sumber karbohidrat yang sangat baik. Satu cangkir chickpea yang sudah diolah mengandung 45 gram karbohidrat dan 12 gram serat. Jika kau mengubah nasi dengan chickpea untuk tujuan diet dan dijalankan dengan telaten, berat tubuh dijamin akan turun dan rasa lapar yang sering datang-tiba tiba di malam hari bisa dicegah.


seven. Pisang


Pisang mudah dicerna dan dibawa kemana-mana. Satu pisang besar mengandung 31 gram karbohidrat dan potassium yang menolong menjaga fungsi saraf dan otot. Pada dasarnya buah pisang adalah cemilan murah yang memiliki banyak kebaikan untuk tubuh kita. Untuk kau yang sedang rajin-rajinnya nge-gym, hidangkan pisang bersama kacang untuk memajukan pemulihan dan perbaikan otot.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel