4 Cara Masak Ikan Salmon Tanpa Menggunakan Oven

Sebagai jenis ikan yang makin populer di Indonesia, ternyata salmon tidak melulu soal sushi dan sashimi. Tapi bukan memiliki arti juga salmon mesti senantiasa dimasak secara rumit. Berikut ialah four cara masak ikan salmon tanpa menggunakan panggangan dan mampu kamu segera praktekkan di rumah.


i. Salmon Burger


cara masak ikan salmon
Burger Salmon ini mampu menjadi hidangan makan malam yummy di kurun kamu sedang jenuh dengan aneka tumisan atau menu nasi. (Foto: Shutterstock)

Untuk mengolah makanan Salmon Burger, yang kau perlukan adalah: burger bun, salmon segar tanpa kulit, daun bawang, jahe, bawang putih, mayones, garam, minyak wijen, ketimun, cabai, gula, minyak sayur, tepung beras dan ketumbar.


Cara menjadikannya:



  1. Haluskan ikan salmon menggunakan food processor. Hati-hati jangan membuatnya terlalu halus. Pindahkan ke mangkuk besar.

  2. Campur daun bawang, jahe, bawang putih, mayones, dan garam; aduk hingga rata. Ambil adonan ikan lalu bentuk bulat agak pipih. Dinginkan ke dalam kulkas selama 1-three jam supaya daging tidak gampang hancur saat dimasak. Sementara itu, campurkan minyak wijen bersama mayones dan sedikit garam dalam mangkuk kecil; sisihkan sampai siap dipakai. Proses ini bisa kamu kerjakan sehari sebelumnya.

  3. Panaskan wajan anti lengket bareng sedikit minyak dan masak ikan salmon sampai berwarna coklat keemasan atau sekitar 3-iv menit di setiap sisi.

  4. Susun burger bun, ikan salmon, dan campuran saus yang sudah dibentuk sebelumnya. Tambahkan mentimun, selada air, atau bawang bombay sesuai selera.


ii. Pasta Creamy dengan Salmon


cara masak ikan salmon
Memasak pasta tidak harus selalu minimalis seperti aglio olio atau membuat saus dulu seperti bolognese. Salmon cocok juga untuk menjadi proteinnya. (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang diperlukan yakni: pasta, salmon segar tanpa kulit, debu bawang, garam, merica, minyak zaitun, mentega, air perasan lemon, krim kental, bawang putih, keju parmesan parut, tepung, dan daun peterseli cincang.


Cara masak ikan salmon untuk resep pasta ini:



  1. Masak pasta hingga al dente. Jangan buang air rebusannya apalagi dahulu.

  2. Bumbui salmon dengan sedikit abu bawang, garam, dan lada di kedua sisinya. Di wajan anti lengket, panaskan minyak dengan api sedang. Setelah panas, letakkan salmon dan masak selama beberapa menit di setiap sisinya. Ambil salmon dari wajan dan sisihkan.

  3. Di wajan yang serupa; tambahkan air perasan lemon, krim, bawang putih, dan parmesan, dan gosok bab dasarnya dengan spatula sehingga sisa penggorengan ikan ikut tercampur bersama saus.

  4. Secara perlahan tambahkan tepung ke dalam saus sambil terus diaduk biar tidak menggumpal. Masukkan kembali salmon ke dalam wajan dan hancurkan dengan spatula (sisakan sedikit konsistensinya). Masak selama lima menit atau lebih sampai saus mengental dan salmon matang.

  5. Tiriskan pasta dan masukkan ke dalam wajan bareng dengan ane sendok makan air sisa rebusan pasta. Aduk saus dan pasta hingga tercampur rata. Sajikan secepatnya bersama daun peterseli cincang dan keju parut. 


3. Pepes Salmon


cara masak ikan salmon
Siapa bilang salmon tidak sesuai untuk dipepes? (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang diperlukan: ikan salmon, daun pisang, daun kemangi, gula dan garam seperlunya, asam jawa, dan bumbu halus (cabe merah besar, cabai rawit, daun jeruk, kemiri, jinten, kunyit, tomat, bawang merah, dan bawang putih).


Cara membuatnya:



  1. Buat bumbu halus dan tumis di atas wajan anti lengket yang sudah berisi sedikit minyak. Masak selama 5 menit sampai bumbu menyusut. Kemudian masukkan daun jeruk dan asam jawa. Terus aduk-aduk sampai mendidih kemudian tambahkan gula dan garam. Matikan api dan sisihkan.

  2. Lumuri ikan salmon dengan bumbu dan kemasan dengan daun pisang. Opsional, tambahkan beberapa helai daun kemangi. Kukus ikan selama twenty menit lalu sajikan selagi panas.


four. Sup Kepala Ikan Salmon


cara masak ikan salmon
Sup Kepala Ikan Salmon ini enak dikonsumsi dikala cuaca masbodoh. (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang diharapkan: kepala ikan salmon, air jeruk nipis, batang serai, jahe, tomat, belimbing wuluh, daun jeruk, cabe rawit, air, daun bawang, minyak, gula, garam, serta bumbu halus (bawang merah, bawang putih, dan kunyit).


Cara masak ikan salmon untuk resep ini:



  1. Bersihkan kepala ikan lalu lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan.

  2. Panaskan panci anti lengket bareng sedikit minyak lalu tumis bumbu halus bareng serai dan jahe hingga harum. Tuang air, didihkan, kemudian masukkan ikan, cabai rawit, belimbing wuluh, tomat, daun jeruk, gula dan garam. Aduk secara perlahan-lahan sampai semua bumbu tercampur rata. Masak sampai matang lalu taburi dengan daun bawang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel