4 Tips Masak Ikan Patin untuk Kamu Coba di Rumah

Sudah pernah mencoba ikan patin yang populer enak dan kaya akan protein? Ikan patin memang sangat sesuai dimasak menjadi ikan bakar, sup, ataupun dimasak di dalam bambu. Bagi yang telah meniatkan mencoba tetapi masih saja ragu, mari simak dulu bermacam-macam diam-diam masak ikan patin berikut ini.


i. Kenali Cara Mengolahnya


Bicara soal ikan patin, lazimnya banyak yang kurang sreg akhir adanya smell tanah yang besar lengan berkuasa. Melihat bagaimana para profesional bekerja, umumnya persoalan seperti ini bisa dihilangkan dengan penggunaan rempah yang berkarakter besar lengan berkuasa. Misalnya saja bunga kecombrang yang belakangan sedang menjadi tren. Selain pastinya ada aspek pemilihan ikan yang baik serta pengolahannya yang tepat sehingga menjadikan ikan patin lebih nikmat.


Ikan patin yakni salah satu ikan air tawar yang mempunyai daging dan lemak yang tebal. Nah, rupanya bab lemak ini bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya – contohnya kalau kita belum bermaksud masak ikan patin pribadi setelah membelinya. Bila ikan disimpan dengan cara yang tepat, maka kesegarannya dapat terjaga dan lain jikalau kebalikannya. Untuk menyiasatinya hal ini, lemak ikan patin yang telah diiris dapat dilumuri ke seluruh permukaan ikan. Bungkus ikan dengan plastik dan simpan di dalam freezer, maka lemak ikan patin akan berfungsi sebagai pengawet alami.


two. Membuat Ikan Patin Bakar


masak ikan patin
Tidak punya daun pisang? Tidak problem! Kamu bisa menggunakan sisiknya sebagai bantalan. (Foto: Shutterstock)

Seperti layaknya ikan bakar tradisional yang lain, ikan patin juga cocok dibumbui terlebih dahulu lalu sebelum kemudian dibakar baik dengan daun pisang. Nah, satu tips mudah bagi kamu yang ingin menempuh cara ini yakni perihal olesan yang mampu dipraktekkan pada permukaan ikannya. Selain sesuai dengan tema tradisional dan untuk mempertahankan rasa, sebaiknya ikan tidak diolesi secara sembarang pilih dengan memakai contohnya mentega.


Alih-alih, semestinya kau bisa menggunakan minyak bawang. Selain rasanya yang lebih netral, minyak bawang justru menunjukkan sedikit rasa aromatik yang mempesona. Terakhir, jikalau tidak memakai daun pisang, kamu juga bisa menggunakan sisik ikan selaku gantinya agar ikan tidak terlampau terekspos dengan panas berlebih. Sisik kemudian mampu kamu bersihkan setelah proses masak ikan patin akhir.


iii. Ikan Patin dan Sambal Tempoyak


masak ikan patin
Eksotis dan jarang ditemukan di pulau Jawa. Tempoyak Ikan Patin ini terang mempunyai rasa yang khas. (Foto: Shutterstock)

Penggunaan tempoyak atau fermentasi buah durian yang enak menimbulkan ikan patin seolah lebih eksotis. Lebih populer di beberapa bagian Sumatra dan juga Kalimantan, sambal tempoyak menjadi kekhasan tersendiri yang tepat dipadukan dengan banyak protein.


Bagi kamu yang ingin belajar mengolah tempoyak sendiri, pastikan untuk menentukan durian yang sempurna apalagi dahulu. Durian lokal dianggap lebih cocok untuk dimasak dibandingkan durian yang lebih mahal mirip durian monthong alasannya adalah kandungan gas dan air yang lebih sedikit. Agar terfermentasi tepat, durian cukup diberi garam dan ditutup rapat dalam wadah selama tujuh hari dan disimpan pada suhu ruangan.


Penggunaan sambal tempoyak mampu juga dipadukan dengan ikan-ikan yang lain seperti ikan teri, ikan mas, dan ikan mujair. Kalau yang ingin tidak repot, jaman straight off sambal tempoyak mampu dipesan secara online. Bagi yang tinggal di Jakarta, mampu bertandang ke kota terdekatnya ialah Lampung untuk mencobanya.


4. Membuat Sup Ikan Patin


masak ikan patin
Sup Ikan Patin ini segar dan sedikit asam alasannya adalah memakai belimbing wuluh. (Foto: Shutterstock)

Salah satu olahan ikan patin yang paling banyak disenangi penduduk yakni sup ikan patin. Rasa cantik, asam, dan pedas membuat menu ini membuatmata langsung melek. Saat memasak sup ikan patin, seharusnya jangan sering-sering dicampur. Selain itu, kau juga mesti mengamati besarnya api yang dipakai. Ini bermaksud supaya ikan tidak cepat hancur dagingnya.


Bicara soal sup ikan patin, bantu-membantu tidak terlampau sulit untuk menjadikannya. Pastikan saja apalagi dulu ikan patin yang didapat mesti segar dan berkualitas. Selanjutnya sup bening ini mampu dibentuk dengan mencampurkan bumbu-bumbu mirip bawang putih, bawang merah, tomat, cabe rawit dan keriting, serta belimbing wuluh untuk rasa segar. Kaldunya mampu dibuat secara simpel memakai Royco Kaldu Ayam. Setelah dimasak dengan baik, sup ikan patin cocok disuguhkan dengan nasi putih hangat dan pelengkap sambal untuk rasa yang lebih menggoda.


Tidak sulit bukan mengolah ikan patin? Ikan berkarakter unik ini ternyata bisa diolah dengan berbagai cara dan kini yaitu giliranmu untuk mencobanya di rumah. Selamat mengolah masakan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel