5 Variasi Masak Ikan Tongkol untuk Pencinta Pedas Sejati

Indonesia dan kekayaan lautnya memperlihatkan puluhan hingga ratusan jenis kreasi masakan bahari yang yummy. Salah satu yang banyak mempunyai penggemar ialah ikan tongkol. Lezat ketika digoreng, digulai, ataupun dimasak menjadi sup — ikan tongkol begitu mudah dikreasikan. Berikut yaitu five variasi masak ikan tongkol untuk pecinta pedas sejati dan bisa kamu coba di rumah.


Pampis Tongkol


Masak Ikan Tongkol
Pampis Tongkol paling nikmat dimakan bareng nasi panas dan sayur berkuah. (Foto: Shutterstock)

Pampis Tongkol adalah kuliner khas Manado yang mempunyai rasa pedas dan gurih. Ikan tongkol yang disuwir-suwir ini dimasak dengan aneka bumbu khas Sulawesi Utara.


Untuk Pampis Tongkol ini kamu akan membutuhkan: ikan tongkol, bawang putih, cabe rawit sesuai selera, daun jeruk, serai, kunyit, jahe, jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, minyak sayur, dan garam.


Berikut yakni tindakan menjadikannya:



  1. Kukus ikan tongkol yang sudah dilumuri dengan Royco Kaldu Ayam dan air perasan jeruk nipis. Tiriskan dan suwir-suwir.

  2. Haluskan cabe, bawang putih, kunyit, garam dan jahe. Panaskan wajan bersama sedikit minyak lalu tumis hingga harum. Masukkan batang sereh dan daun jeruk yang telah dimemarkan.

  3. Masukkan suwiran ikan tongkol. Aduk rata dan masak hingga matang. Sajikan bersama nasi hangat.


Semur Tongkol Lombok Ijo


Bingung mau masak apa untuk makan malam bareng keluarga? Coba Semur Tongkol Lombok Ijo yang pedas dan sedap ini yuk! Masakan pedas umumnya akan menambah selera makan dan sekeluarga mesti siap dibuat ketagihan.


Untuk Semur Tongkol Lombok Ijo ini kau akan membutuhkan: ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, garam, merica, dan air.


Berikut langkah-langkah menjadikannya:



  1. Goreng tongkol yang sudah dibersihkan hingga setengah matang. Sisihkan.

  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan pecahan cabe hijau bareng ikan tongkol dan sedikit air. Aduk sampai rata.

  3. Tambahkan Kecap Manis Bango dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam serta sedikit garam. Aduk dan masak sampai matang. 


Ikan Singgang


Masak Ikan Tongkol
Ingin lebih berwarna? Tambahkan sayur okra atau caisim. (Foto: Shutterstock)

Apa risikonya bila ikan tongkol dimasak kuah? Untuk kau yang bosan masak ikan tongkol dengan cara yang begitu-begitu saja, Ikan Singgang mampu menjadi opsi mempesona. Berasal dari Terengganu di Negeri Jiran, card Ikan Singgang yaitu menu mudah yang gampang dibentuk — bahkan untuk kamu yang baru berguru masak.


Bahan-bahan untuk Ikan Singgang ialah: ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, cabai rawit sesuai selera, asam gelugur, garam, gula, dan air.


Berikut cara membuatnya:



  1. Isi panci dengan air. Tambahkan bawang putih, bawang merah, kunyit, dan lengkuas.

  2. Masukkan ikan tongkol, asam gelugur, cabe rawit, garam, dan gula seperlunya. Masak sampai matang. Sajikan selagi hangat.


Pindang Tongkol Bumbu Kuning


Masakan olahan ikan laut paling mantap dimasak dengan bumbu kuning yang Republic of Indonesia banget ini. Untuk Pindang Tongkol Bumbu Kuning ini bahan-bahannya adalah: ikan tongkol, cabai rawit, cabe merah, tomat, daun salam, serai, jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, bawang merah, air jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, dan air.


Berikut cara membuatnya:



  1. Tumis bumbu halus (bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri). Masak sampai harum.

  2. Masukkan irisan cabe rawit, cabai merah, bawang merah, daun salam, serai, dan lengkuas. Aduk sampai rata.

  3. Masukkan ikan tongkol bersama air perasan jeruk nipis dan tomat. Aduk rata kemudian tambahkan air matang dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan garam. Masak ikan tongkol sampai matang.


Tumis Tongkol Kecap


Masak Ikan Tongkol
Praktis dan mudah. Beri taburan daun bawang supaya lebih manis. (Foto: Shutterstock)

Tumis Tongkol Kecap yaitu ‘senjata’ belakang layar keluargaku yang doyan pedas. Selain rasanya begitu kaya, resep yang satu gampang untuk membuatnya.


Untuk resep ini kamu akan memerlukan: ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit secukupnya, kemiri, tomat, jeruk nipis, Kecap Manis Bango, minyak sayur, dan garam.


Berikut langkah-langkah menjadikannya:



  1. Bersihkan ikan tongkol yang telah dipotong. Setelah bersih, lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis. Goreng setengah matang lalu sisihkan.

  2. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, cabai rawit, dan kemiri) hingga harum.

  3. Kemudian masukkan ikan tongkol, aduk sebentar sampai rata. Terakhir, tambahkan Kecap Manis Bango dan bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Angkat dan hidangkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel