5 Cara Masak Semur Jengkol Tanpa Bau

Jengkol oh jengkol, kuliner rakyat yang satu ini mengakibatkan masalah tersendiri bagi yang ingin menyantapnya. Dibalik rasanya yang sedap, jengkol diketahui akan baunya yang menyengat. Jangan ciut dahulu, Chef Panji punya 5 cara masak semur jengkol tanpa busuk. Sekarang, tidak usah takut anyir lagi!


i. Pilih jengkol yang sempurna


cara masak semur jengkol
Semakin mulus, kualitas jengkol semakin baik. (Foto: Shutterstock)

Ada pepatah yang menyampaikan, “Jangan menilai orang dari tampilan luarnya saja”. Nah, hal ini tidak berlaku ketika kamu menentukan jengkol. Justru penampilan luar memilih semuanya!


Jengkol yang bermutu mempunyai kulit mulus bebas lubang. Selain itu, bentuk jengkol juga ikut mempengaruhi rasa. Di pasaran kau akan memperoleh dua bentuk — lingkaran dan gepeng. Saya sarankan pilih jengkol dengan bentuk lingkaran, alasannya adalah umumnya jengkol jenis ini tidak pahit dan mudah dihilangkan baunya.


two. Rendam jengkol dalam air es


cara masak semur jengkol
Sebelum direndam, kuliti dan belah jengkol menjadi dua bab. (Foto: Shutterstock)

Berbeda dengan cara mengolah buah atau sayur pada umumnya, jengkol memerlukan sedikit perhatian extra . Salah satu cara masak semur jengkol tanpa anyir yakni dengan merendam jengkol dalam air sebelum diolah.


Pertama, cuci higienis dan kupas jengkol lalu belah menjadi dua bab. Rendam jengkol di dalam mangkuk berisi air dan es semalam suntuk. Saat akan diolah, tiriskan kemudian basuh hingga higienis. Cara ini akan menolong memininalisir anyir jengkol tanpa mengganti rasanya.


iii. Rebus dengan daun jeruk purut


Kamu punya pohon jeruk purut di rumah? Ambil setidaknya tiga atau empat lembar, cuci higienis, dan rebus bersama jengkol yang telah dibelah. Daun jeruk purut tidak cuma lezat dijadikan campuran rempeyek, tapi juga cocok untuk menetralisir anyir jengkol yang lazimnya “betah” bersarang di mulut.


four. Gunakan air beras


cara masak semur jengkol
Rebus jengkol dalam jumlah yang banyak lalu masukkan ke dalam freezer agar mampu kamu pakai di lalu hari. (Foto: Shutterstock)

Tidak punya daun jeruk purut? Jangan cemberut dahulu, masih ada alternatif yang bisa kau dapatkan di dapur. Selain cara yang tadi, kau mampu merendam jengkol dengan air bekas cucian beras. Tapi dengan cara ini, kau membutuhkan waktu setidaknya dua hingga tiga hari untuk menghilangkan wangi jengkol. Oleh karena itu sekalian rendam jengkol dalam jumlah yang agak banyak. Setelahnya, persediaan lebihnya bisa kau simpan dalam freezer untuk dimasak lain waktu.


five. Rebus dengan daun jambu


Cara lainnya untuk menetralisir anyir jengkol yaitu dengan menggunakan daun jambu kerikil. Daun yang satu ini dikenal ampuh menetralisir amis verbal yang kurang sedap, jadi tak aneh kalau mampu digunakan untuk meminimalkan amis khas jengkol. Bersihkan dan belah jengkol kemudian rebus bersama empat atau lima lembar daun jambu biji selama sekitar one jam atau hingga jengkol lunak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel