5 Tips Masak Enak dengan Bujet 50 Ribu

Memasak ialah pilihan terbaik untuk berhemat dibandingkan harus berbelanja makan di luar yang kebersihan makanannya belum tentu terjaga. Terlebih ketika mesti berhemat, jelas belanja dan masak sendiri ialah opsi yang lebih cocok untuk dompet. Nah, ingin makan enak yang murah semarak? Berikut v kiat masak lezat dengan bujet l ribu rupiah saja.


ane. Bubur ayam kuah kuning


Tips Masak Enak
Murmer dan membuatperut kenyang hingga makan siang datang. (Foto: Shutterstock)

Budaya sarapan sebelum mengawali acara adalah yang terpenting untuk orang Indonesia. Salah satunya yang terkenal yakni bubur ayam kuah kuning yang lengkap nutrisinya dan gampang dibuatnya. Agar lebih mudah di pagi harinya, seharusnya kamu menciptakan kuah kuningnya di malam sebelumnya.


Bahan-bahan yang diperlukan yakni: beras, ayam, bawang merah, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, air, kemiri, jahe, ketumbar, kunyit, serai, daun jeruk, lengkuas, daun salam, garam, dan merica.


Berikut langkah menjadikannya:



  1. Masak beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker bareng air kaldu ayam. Ketika telah menjelang matang, aduk-aduk bubur secara perlahan. Jika bubur masih tergenang air, kembali atur rice cooker ke way “cooking”. Jika sudah mengental menjadi bubur, angkat dan sisihkan.

  2. Untuk membuat kuah kuning: Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, dan kunyit) bersama daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Masukkan ayam matang yang telah disuwir-suwir. Tambahkan air dan aduk rata. Bumbui dengan garam dan merica, lalu masak sampai matang.

  3. Sajikan bubur dengan siraman kuah kuning.


2. Rendang ayam


Tips Masak Enak
Dengan resep ini, kamu paling tidak membutuhnya setengah kilo ayam yang harganya tidak sampai 30 ribu! (Foto: Shutterstock)

Rendang ayam tidak kalah lezatnya dengan rendang sapi. Dengan resep ini, kau bisa kok makan rendang meski belum gajian. Ada satu kiat dariku nih, beli bumbu giling yang sudah siap pakai di pasar. Selain simpel, bumbu giling juga lebih ekonomis karena kau cuma membeli yang kamu butuhkan.


Bahan-bahan yang kau perlukan: ayam, santan, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, Royco Kaldu Ayam, ketumbar, merica, kemiri, kunyit, garam dan minyak sayur.


Berikut langkah-langkah membuatnya:



  1. Cuci bersih ayam dan sisihkan.

  2. Tumis bumbu giling hingga harum lalu masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas yang telah dimemarkan. Aduk hingga rata lalu masukkan ayam.

  3. Masukkan santan secara perlahan. Aduk sambil bumbui dengan garam dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga matang. 


3. Tumis kangkung & udang


Tips Masak Enak
Enak dan tinggal ditumis. Semakin istimewa alasannya pemanis udang yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Ini beliau sayur hobi orang Republic of Indonesia, murah meriah dan nikmat disantap bersama nasi hangat. Tips masak yummy dariku ialah: selalu masak kangkung erat dengan waktu santapnya. Selain itu, daun kangkung gampang berubah warna menjadi hitam. Agar lebih awet, simpan dengan cara merendam akar kangkung di dalam mangkuk.


Bahan-bahan yang kau perlukan: kangkung, udang, bawang putih, cabai merah, Royco Kaldu Ayam, garam dan air.


Berikut cara menjadikannya:



  1. Tumis bawang putih dan cabai merah sampai harum.

  2. Masukkan udang dan masak sampai berubah warna. Masukkan kangkung dan aduk sampai rata serta tambahkan sedikit air. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Aduk sebentar lalu suguhkan. 


4. Orek tempe pedas basah


Tips Masak Enak
Ingin lebih hemat? Masak dalam jumlah yang banyak kemudian simpan di dalam kulkas. Tinggal dihangatkan dikala ingin dikonsumsi. (Foto: Shutterstock)

Tips masak yummy berikutnya adalah memakai tempe, kuliner murah semarak kaya protein ini sudah menjadi sahabat semua orang yang ingin makan lezat tapi tidak menguras kantong.


Untuk mengolah masakan resep ini kamu memerlukan: Tempe, bumbu iris (bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabe hijau, cabai rawit, daun salam, lengkuas), air, tepung maizena, Kecap Bango Manis, dan Royco Kaldu Ayam.


Berikut langkah menjadikannya:



  1. Potong dadu tempe kemudian goreng setengah matang. Sisihkan.

  2. Tumis bumbu iris dengan minyak sampai harum. Kemudian masukkan tempe dan tambahkan sedikit air. Sambil menunggu mendidih, masukkan Kecap Bango Manis dan Royco Kaldu Ayam. Aduk-aduk sampai rata, kemudian kentalkan dengan larutan maizena. Setelah air mulai surut, angkat dan hidangkan.


v. Sop ceker ayam


Tips Masak Enak
Baik sebagai sahabat nyemil atau lauk makan malam, sop ceker ayam rasanya juara! (Foto: Shutterstock)

Sedang tidak terlalu ingin makan daging ayam? Kamu masih bisa makan cekernya yang serupa-sama yummy.


Bahan-bahan yang diharapkan: Ceker ayam, bawang putih, bawang merah, daun bawang, seledri, jahe, Royco Kaldu Ayam, merica, air, dan garam


Berikut langkah menjadikannya



  1. Rebus ceker dalam panci presto bersama jahe, bawang putih dan sedikit garam, lalu rebus selamat 25 menit. Jika kamu tidak memiliki panci presto, rebus lebih lama hingga ceker empuk.

  2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai anyir. Sisihkan.

  3. Panaskan ceker bareng kuah rebusannya. Masukkan tumisan bawang bersama merica dan Royco Kaldu Ayam. Aduk hingga rata, lalu masukkan daun bawang, seledri, dan merica. Biarkan mendidih kemudian angkat.


Demikian kiat masak enak dariku kali ini. Semoga berfaedah ya. Makara jangan sedih saat kantong sedang tipis, karena senantiasa ada cara untuk tetap makan enak!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel