5 Olahan Ikan Salmon dengan Bumbu Khas Asia

Meski terbilang baru naik daun di Republic of Indonesia, kini ikan salmon begitu mudah ditemukan dimana-mana. Ikan yang ialah kebanggaan negeri Norwegia ini rupanya cocok juga diolah dengan gaya masakan Asia. Berikut yaitu 5 resep singkat olahan ikan salmon yang perlu dicoba di rumah!


one. Rice Burger Salmon


olahan ikan salmon
Satu formula pengganti burger kebanyakan. (Foto: Shutterstock)

Burger daging sapi ataupun ayam mampu jadi sudah terlalu bersahabat di lidah kita. Maka burger nasi dengan salmon asap cocok selaku penggantinya dan lezat dimakan selaku makan siang.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: salmon asap, nasi sushi, daun basil, peterseli, minyak zaitun, selada, garam, air perasan lemon, kacang pinus, biji wijen, garam, dan lada.


Cara menjadikannya:



  1. Sangrai kacang pinus sampai matang, lalu masukkan ke dalam nutrient processor. Tambahkan daun basil, peterseli, dan minyak zaitun kemudian haluskan. Aduk dan tambahkan garam, lada dan air perasan lemon. Haluskan beberapa detik kemudian sisihkan adonan kacang.

  2. Masak nasi sushi hingga pulen kemudian bentuk nasi menjadi dua bab roti burger. Ulangi sampai nasi habis.

  3. Oleskan adonan kacang ke bab nasi (bisa bawah atau atas), lalu susun salmon asap dan selada. Taburi bagian atas nasi dengan biji wijen yang telah disangrai.


2. Soy Ginger Salmon


Kombinasi dari jahe, kecap asin, dan cabe bubuk mengakibatkan olahan ikan salmon yang satu ini mempunyai cita rasa yang sungguh khas. Siap-siap belanja salmon dulu di swalayan ya!


Bahan-materi yang diharapkan: fillet ikan salmon dengan kulitnya, kecap asin, bawang putih, parutan jahe, madu, cabai abu, minyak zaitun, bawang daun, garam, dan lada.


Cara membuatnya:



  1. Letakkan rak di bagian tengah panggangan dan panaskan oven dengan suhu sekitar 200C.

  2. Dalam panci sedang; masak kecap, bawang putih, dan jahe dengan sedikit minyak zaitun. Masak di atas api sedang, lalu angkat dari api dan tambahkan madu serta bubuk cabe.

  3. Olesi salmon dengan minyak zaitun sampai merata. Letakkan salmon dengan kulitnya menghadap bawah ke dalam wajan (semestinya menggunakan wajan besi, alasannya adalah akan dimasukkan ke dalam oven). Masak di atas api selama iii menit.

  4. Menggunakan spatula, balik salmon sehingga sisi kulitnya menghadap ke bawah. Masukkan wajan ke dalam oven dan masak selama half dozen menit. Keluarkan dari panggangan, tutup dengan aluminum foil dan istirahatkan selama four sampai 5 menit. Sajikan dengan taburan daun bawang.


iii. Miso Salmon


olahan ikan salmon
Dimasak beserta sup miso? Tentu bisa! (Foto: Shutterstock)

Menyeruput miso salmon ketika cuaca sedang cuek-dinginnya akan menciptakan badan hangat dan rasa lapar mereda. Olahan ikan salmon yang satu ini sempurna bagi yang menyukai hidangan berkuah.


Bahan-materi yang dibutuhkan: fillet ikan salmon, kecap asin, gula aren debu, air perasan lemon, jahe yang dimemarkan, tahu putih, daun bawang, pasta miso, jamur shiitake, rumput maritim lembaran, dan biji wijen yang sudah disangrai.


Cara menjadikannya:



  1. Aduk kecap asin, gula aren, dan air perasan lemon di dalam mangkuk sedang. Masukkan dan rendam semua sisi sampai rata. Rendam dalam suhu kamar selama ten menit.

  2. Letakkan salmon dengan kulitnya menghadap bawah ke dalam wajan yang sudah disiapkan dan masak sampai matang. Matikan api dan tiriskan. Ketika cukup dingin, potong salmon dengan garpu.

  3. Di dalam panci; masukkan air, tahu, kecap asin, jahe, dan daun bawang. Masak sampai mendidih. Masukkan miso dan tentukan semoga larut dengan baik. Tambahkan jamur dan masak hingga melunak.

  4. Isi sup miso ke dalam mangkuk lalu isi dengan kepingan ikan salmon. Sajikan


four. Salmon Steak Wasabi


Wasabi diketahui akan rasa pedasnya yang menyengat hidung. Apa alhasil kalau jikalau salmon panggang disajikan bersama saus wasabi yang dicampur dengan mayones? Seru pastinya!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet ikan salmon, garam, lada, minyak zaitun, mayones, daun ketumbar, bawang putih, pasta wasabi, air perasan lemon, gula, dan bawang daun,


Cara membuatnya:



  1. Panaskan oven dengan suhu sekitar 200C. Letakkan salmon dengan kulitnya menghadap bawah ke dalam loyang atau wadah tahan panas. Taburi dengan ane sendok teh garam, merica dan minyak zaitun. ‘

  2. Panggang hingga salmon matang.

  3. Sementara itu dalam nutrient processor; masukkan mayones, daun ketumbar, bawang putih, jahe, pasta wasabi, air perasan lemon, gula, dan garam. Haluskan.

  4. Sajikan salmon di atas piring dan siram atasnya dengan saus wasabi. Taburi dengan daun ketumbar yang sudah dicincang halus.


five. Steamed Salmon alongside Fish Sauce


olahan ikan salmon
Dengan gaya dim nub juga ternyata salmon cocok! (Foto: Shutterstock)

Olahan ikan salmon berikutnya dipengaruhi kuliner Tionghoa yang tepat dimakan dikala makan malam bareng keluarga. Apalagi ketika digabungkan dengan berbagai macam dim nitty-gritty yang lain.


Bahan-materi yang diperlukan: Fillet ikan salmon, daun bawang, daun ketumbar, garam, lada dan bumbu rendaman (air perasan jeruk, kecap asin, cuka beras, madu, parutan jahe, bawang putih yang telah dihaluskan dan bubuk cabai).


Cara menjadikannya:



  1. Masukkan semua materi rendaman ke dalam kantung plastik dan kocok dengan rata. Masukkan fillet ikan salmon, diamkan di dalam kulkas selama 2 jam.

  2. Keluarkan salmon dari bahan rendaman.

  3. Masukkan ikan ke dalam kukusan bambu bersama bumbu rendaman serta bubuhkan sedikit garam dan lada. Taburi dengan daun bawang dang masak hingga matang

  4. Sajikan dengan daun ketumbar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel