5 Cara Merawat Sutil Kayu Agar Bebas Jamur dan Bakteri

Kamu suka mengolah masakan? Pastinya pernah memakai sutil kayu untuk menumis atau menciptakan telur orak-arik. Sutil kayu yaitu ‘teman’ terbaik saat mengolah makanan menggunakan panci anti lengket. Tidak cuma untuk kegiatan mengolah masakan, sutil kayu juga serba guna untuk mengaduk salad hingga menghaluskan kentang. Meski serba guna, sutil kayu perlu perawatan khusus supaya tidak cepat rusak atau menjadi sarang kuman. Berikut tim MAHI pilihkan v cara merawat sutil kayu biar bebas jamur & kuman.


i. Sterilkan Sutil Setidaknya Sekali Seminggu


 


merawat sutil kayu
Pori-pori sutil kayu beresiko menjadi persembunyian kuman dari sisa-sisa bahan makanan. (Foto: Shutterstock)

Sering mengolah masakan dengan bahan masakan mentah seperti ayam atau kuliner maritim? Sebaiknya sterilkan sutil kayu kau dari waktu ke waktu. Untuk mensterilkan sutil, pertama-tama bersihkan sutil dengan air sabun hangat. Setelah bersih, angkat dan letakkan sutil di atas permukaan datar. Tuangkan hidrogen peroksida 3 persen ke bab sutil. Diamkan selama fifteen menit, bilas sendok hingga bersih. Angin-anginkan hingga kering.


Hidrogen peroksida atau H2O2 biasa digunakan oleh praktisi medis sebagai disinfektan pada luka. H2O2 ampuh membersihkan noda dan membunuh basil serta jamur pada sutil kayu.


2. Minyaki Sebulan Sekali


Jika sering digunakan dan dicuci berulang-ulang, sutil kayu akan kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi kering. Sutil yang kering rawan pecah atau patah sebelum waktunya.


Kamu mampu merawat sutil kayu dan memperpanjang usianya dengan minyak. Sebulan sekali, minyaki sutil dengan minyak kelapa sampai rata. Biarkan minyak meresap semalaman, kemudian basuh sampai higienis. Tidak hanya berfungsi memperpanjang umur sutil, minyak kelapa juga akan menghalangi kayu menyerap noda dan anyir masakan.


three. Gunakan Garam dan Lemon


merawat sutil kayu
Garam akan membantu mengikis permukaan sutil kayu yang agresif dan lemon ampuh menetralisir bau. (Foto: Shutterstock)

Jika membandingkan sutil kayu dengan sutil yang lain yang yang dibuat dari plastik, sutil kayu jelas punya penampilan yang lebih elok dan materi yang lebih kuat. Sayangnya kelebihan ini harus kita bayar dengan sedikit investasi waktu dan tenaga untuk merawat sutil kayu. Tapi jangan takut ribet! Kamu bisa memakai garam dapur untuk merawat sutil kayu.


Pertama, basuh sutil kayu dengan air panas bareng sabun untuk membilas kuman yang menempel. Setelah dibilas, tuang garam di atasnya dan gosokkan bagian lemon di atas permukaannya. Lemon akan membantu menghilangkan wangi dan mengangkat noda. Setelah simpulan, bilas dengan air hambar dan jemur di bawah sinar matahari.


four. Gunakan Amplas


merawat sutil kayu
Amplas menolong memperlihatkan tampilan baru pada sutil kayu yang telah kusam (Foto: Shutterstock)

Seiring berjalannya waktu, permukaan sutil kayu akan terlihat lusuh. Jika kau amati, di bagian kepala sendok akan terbentuk bintik-bintik kasar. Kondisi ini bisa kita remajakan kembali dengan perlindungan amplas.


Merawat sutil kayu biar tampilannnya tetap estetik bisa kamu lakukan dengan mengikis permukaan sutil dengan amplas. Metode ini akan menolong menetralisir bintik-bintik garang dan memberikan penampilan yang halus dan higienis. Namun seharusnya jangan menggunakan tata cara ini jikalau sutil kayu yang kamu gunakan ialah sutil produksi tangan yang memiliki gesekan atau abjad timbul di sekelilingnya.


5. Rendam dengan Cuka Putih


Tidak mirip bahan stainless steel, sutil kayu akan menyerap bacin dari aneka macam makanan yang bersinggungan dengannya. Untungnya, kamu mampu memakai cuka putih untuk menghilangkan busuk dan merawat sutil kayu.


Caranya mudah, cukup rendam sutil kayu dalam cuka putih selama beberapa jam. Cuka putih ialah alternatif yang ramah lingkungan yang mampu menumpas basil dan jamur tanpa residu berbahaya. Cuka putih juga cukup murah dan aman digunakan di sekeliling bawah umur dan binatang peliharaan.


Semoga kiat berikut mampu menolong kamu dalam merawat dan memperpanjang usia sutil kayu kamu di rumah ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel