5 Makanan yang Mengandung Lemak Baik Untuk Kesehatan

Kata “lemak” masih saja dikaitkan sepenuhnya dengan hal-hal yang mampu merugikan kesehatan tubuh. Padahal lemak juga memiliki manfaat tersendiri. Banyak opsi makanan yang mengandung lemak namun baik untuk kesehatan. Berikut aku bagi beberapa kuliner yang mengandung lemak baik dan kondusif untuk dikonsumsi sehari-hari.


ane. Keju


makanan yang mengandung lemak
Hidup sehat dengan mengonsumsi keju! (Foto: Shutterstock)

Makanan yang satu ini hampir selalu jadi primadona para foodie di kota besar. Mulai dari ayam goreng sampai mie, eksklusif laku elok saat diberi topping lelehan keju. Keju yakni makanan olahan dari susu yang sungguh bergizi. Masuk akal sih, mengingat dibutuhkan satu cangkir penuh susu untuk membuat satu iris keju murni. Keju adalah sumber kalsium, vitamin B12, fosfor dan selenium. Keju, seperti produk susu berlemak tinggi lainnya, juga mengandung asam lemak yang mempunyai berbagai macam manfaat. Salah satunya adalah meminimalkan risiko diabetes tipe two.


Cara seru menyantap keju:


Salah satu jenis keju yang paling sehat yaitu keju feta. Keju asal Yunani ini aslinya terbuat dari susu domba, walaupun dikala ini kau mampu memperoleh varietas lain yang terbuat dari susu kambing atau adonan dari susu domba dan kambing. Keju feta sudah ada sejak berabad-periode lamanya dan nyaris semua masakan Yunani menggunakan keju feta sebagai bahan dasarnya.


Keju feta mempunyai tekstur yang mudah hancur, karakteristik ini menjadikannya cocok disuguhkan bareng salad dan menjadi alternatif pengganti mozzarella pada pizza dan roti.


ii. Telur


Telur sering dianggap selaku biang kerok kolesterol sebab kuning telurnya. Pada kenyataannya, sebuah penelitian baru memperlihatkan bahwa kolesterol dalam telur tidak menghipnotis kolesterol dalam darah. Asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebih, kita masih mampu kok sarapan telur saban hari. Menurut para ahli gizi, telur penuhakan vitamin dan mineral. Satu butir telur mempunyai hampir semua nutrisi yang kita perlukan. Selain lezat, telur yaitu protein yang bersahabat dengan anggaran semua orang. Inilah teladan sempurna masakan yang mengandung lemak tetapi baik untuk kesehatan.


Cara seru mengkonsumsi telur:


Pusing dengan berat badan yang terus merayap naik setiap bulannya? Kamu mampu mengubah karbo dengan telur. Sebagai teladan untuk makan siang, makanlah salad bareng penggalan telur dan tempe untuk mengubah karbo. Jika punya anggaran lebih, belilah telur omega 3 dan santap satu butir sehari untuk sarapan, makan siang atau makan malam.


3. Kacang


makanan yang mengandung lemak
Begitu banyak jenis kacang yang cocok dipadukan dengan berbagai macam kuliner. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang mengandung lemak sehat selanjutnya adalah kacang. Tidak hanya itu, kacang juga mempunyai serat yang berlimpah dan sumber poly peptide nabati utama bagi para vegetarian. Kacang jadi penyebab jerawatan? Penyebab jerawat sebagian besar yakni hormon, jadi tidak benar adanya jika kacang mengakibatkan nanah atau bikin berat tubuh melunjak drastis. Sebuah studi memberikan bahwa mereka yang makan kacang cenderung lebih sehat, dan mempunyai risiko lebih rendah dari aneka macam penyakit.


Cara seru menikmati kacang:


Jenis kacang terbaik untuk kamu yaitu almond, pistachio, walnut, ataupun kacang tanah. Sebagai sarapan, kau bisa menaburkan kacang pada bubur oatmeal atau mengkonsumsi roti gandum bareng satu sendok makan mentega yang terbuat dari kacang almond.


4. Ikan


Salah satu produk hewani yang diketahui sehat adalah ikan. Ingin lebih sehat lagi? Pilih ikan tinggi lemak seperti salmon, trout, mackerel, atau sarden. Selain dagingnya lebih gurih, lemak yang terdapat pada ikan-ikan ini yaitu jenis lemak omega iii yang baik untuk jantung kamu. Untuk menyesuaikan dengan anggaran, tentu pas jika setidaknya mempersiapkan bill of fare ikan sekali seminggu.


Cara seru menyantap ikan:


Semakin segar ikan, kian gampang mengolahnya. Kamu mampu mengoreng dengan sedikit minyak atau mengukusnya sesudah dibaluri dengan berbagai bumbu. Untuk yang punya budget minimal, kamu bisa memakai ikan salmon atau mackerel sebagai topping. Contohnya ialah bubur dengan suwiran ikan salmon di atasnya.


five. Alpukat


makanan yang mengandung lemak
Satu jenis buah yang ternyata banyak manfaatnya! (Foto: Shutterstock)

Alpukat adalah masakan tinggi lemak, bahkan 77% kalori di dalam alpukat berasal dari lemak. Meskipun tinggi lemak, jangan lantas mencap alpukat sebagai makanan tidak sehat! Mayoritas lemak dalam alpukat ialah asam oleic – suatu asam lemak tak bosan tunggal yang bagus untuk badan. Tidak hanya lemak, alpukat juga penuhakan kalium dan vitamin esensial. Kamu dapat mengonsumsi alpukat saban hari selama porsinya tidak melebihi asupan kalori harian yang disarankan.


Cara seru mengkonsumsi alpukat:


Ingin sarapan yang lebih bergizi? Coba tambahkan alpukat ke dalam ritual sarapan kamu. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan penggalan alpukat ke dalam telur orak arik kamu atau menyebabkan buahnya selaku isian di dalam roti lapis enak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel