5 Cara Menghilangkan Bau Pada Kulkas dengan Cara Alami

Apakah simpulan-simpulan ini kulkas di rumah baunya mulai terasa mengusik? Jika terlalu sarat dan sering dipakai untuk menyimpan aneka macam bahan masakan khususnya yang berbau tajam, kulkas akan mengeluarkan wangi tidak sedap dan dapat mempengaruhi kualitas bahan makanan lain yang ada di dalamnya. Bagaimana caranya tanpa mesti memakai bahan pembersih kimia? Berikut tim MAHI pilihkan 5 cara menetralisir anyir pada kulkas dengan cara alami. 


i. Cuka Putih


cara menghilangkan bau pada kulkas
Cuka putih yakni teman karib untuk menghilangkan bau busuk hingga noda membandel. (Foto: Shutterstock)

Jika sebelumnya kita mengenal cuka sebagai bahan masakan, kini kita tahu fungsi lainnya sebagai penghilang amis. Siapa sangka jikalau kondimen dengan rasa tajam ini ampuh menetralisir bau tidak sedap dan membasmi kuman penyebab bau?


Cara menggunakannya cukup dengan menuangkan cuka ke mangkuk atau gelas dan letakkan di dalam kulkas. Diamkan selama semalam penuh tanpa membuka pintu kulkas sekalipun. Keesokan harinya kulkas akan terbebas dari busuk wangi atau bau kurang sedap.


Karena mempunyai banyak manfaat dan harganya yang terjangkau, karenanya wajib mempunyai cadangan cuka di rumah. Noda membandel di dalam kulkas juga bisa disulap menjadi bersih dengan menggunakan gabungan cuka putih dan air hangat. Ingat, senantiasa kenakan sarung tangan plastik atau karet dikala tengah membersihkan.


two. Vanilla


cara menghilangkan bau pada kulkas
Bersihkan kulkas apalagi dulu sebelum menggunakan wewangian vanilla ini. (Foto: Shutterstock)

Aroma vanilla atau vanili ternyata membawa kesan relaksasi — mirip fungsinya dengan wewangian aromaterapi mirip lavender atau daun pandan. Tidak cuma itu, odour vanilla juga cocok untuk mengakibatkan ruangan bahkan kulkas menjadi wangi.


Caranya cukup dengan meletakkan beberapa buah bola kapas yang sudah direndam dengan ekstrak vanili selama sehari atau dua hari. Karena busuk vanili tidak ‘berangasan’, maka tidak usah cemas kalau wanginya mempengaruhi kuliner yang ada di dalam kulkas.


Kurang suka dengan busuk vanili? Bisa juga mengubahnya dengan minyak esensial seperti peppermint, lemon, pandan, atau jeruk. 


three. Buah Lemon


cara menghilangkan bau pada kulkas
Si buah yang menyimpan banyak manfaat. Dari menciptakan minuman segar sampai menghilangkan wangi apek kulkas. (Foto: Shutterstock)

Para chef dari seluruh dunia wajib mempunyai materi kuliner yang satu ini. Lemon mampu dibilang senantiasa menjadi ‘anak kesayangan’ bagi mereka yang hobi mengolah makanan dan menghabiskan waktu di dapur. Lemon cocok digunakan dikala mengolah kuliner bahari yang condong busuk. Begitu pun ketika mengolah kuliner mirip pencuci verbal yang berkalori tinggi, lemon akan membantu menyeimbangkan rasa dan membuatnya lebih ‘ringan’.


Untuk urusan higienis-bersih, buah yang satu ini juga menjadi andalan siapa pun. Cara menghilangkan busuk pada kulkas dengan lemon yakni dengan merendam handuk di dalam air perasan jeruk lemon dan lap permukaan kulkas yang kotor. Sim salabim! Kulkas akan tampaklebih higienis dan segar alasannya anyir lemon.


four. Jus Tomat


cara menghilangkan bau pada kulkas
Bukan badan kita saja yang mampu mendapatkan manfaat dari jus tomat. Minuman kaya vitamin C ini juga baik untuk kulkas! (Foto: Shutterstock)

Cara menetralisir anyir pada kulkas selanjutnya yakni dengan memakai jus tomat. Mengkonsumsi minuman ini dikenal mampu menunjukkan ‘suntikan’ vitamin A dan C agar tubuh lebih agree. Selain rasanya yang sarat umami dan nikmat, jus tomat ternyata mampu berfungsi selaku ‘double agent’ yang ampuh membersihkan dan menyerap amis tidak sedap pada kulkas.


Caranya yaitu dengan menuangkan sedikit jus tomat pada spons dan gosok pada bagian yang kotor ataupun bacin. Kemudian bersihkan bagian tersebut dengan spons higienis yang telah direndam dengan air sabun hangat. Bilas dengan kain basah dan biarkan permukaan kering.


Sebelum bersih-higienis, pastikan kulkas kosong apalagi dulu. Setelahnya, kulkas mesti diangin-anginkan apalagi dulu sampai benar-benar kering sebelum dinyalakan kembali. Hal ini penting untuk menghalangi hadirnya lumut atau jamur.


5. Arang


cara menghilangkan bau pada kulkas
SI hitam keling yang umum kita pakai untuk memanggang ini ternyata punya fungsi lain sebagai penghilang busuk. (Foto: Shutterstock)

Si hitam keling yang satu ini ternyata memiliki ‘sihir’ yang mampu menghilangkan wangi apek atau busuk bau dari dalam kulkas. Dibandingkan dengan materi pembersih yang lain, membersihkan menggunakan arang memang membutuhkan waktu yang lebih panjang


Namun sistem ini cocok untuk kita yang hendak meninggalkan rumah selama selesai pekan. Kenapa? Agar bacin bau dari kulkas bisa hilang sepenuhnya, Caranya yakni dengan menempatkan penggalan-pecahan arang di banyak sekali sudut di kulkas. Tutup dan beberapa hari kemudian kulkas akan bebas dari amis!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel