5 Cara Masak Mie Goreng Khas Nusantara

Sebagai salah satu kuliner pokok orang Republic of Indonesia, olahan mie tampakbegitu beragam dari ujung Sumatra sampai ujung pulau Jawa. Belum lagi jikalau kita berbicara kepopuleran mie di aneka macam pulau yang lain di Indonesia. Begitu fleksibelnya, mie juga cocok diolah bareng daging, sayur, atau bumbu-bumbu khas Indonesia. Berikut tim MAHI pilihkan 5 cara masak mie goreng khas Nusantara yang mampu dicoba di rumah.


i. Mie Goreng Medan


Tidak berlebihan jikalau Medan sering disebut sebagai surganya makanan enak. Banyaknya pilihan jenis kuliner di negeri ini bakal menciptakan siapapun lapar mata. Untuk masakan mie, kota yang satu ini juga memiliki model kuah maupun goreng.


Bahan-bahan yang diperlukan: mie kuning, bawang merah, bawang putih, lada, tauge, telur ayam, saus tiram, Kecap Manis Bango, kecap asin, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.


Cara membuatnya:



  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam.

  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan telur. Aduk sampai rata lalu tambahkan sedikit air.

  3. Masukkan mie, saus tiram, Kecap Manis Bango, dan kecap asin. Aduk hingga rata dan masak sebentar. Terakhir, masukkan daun bawang dan taoge. Jika ingin lebih berkuah, tambahkan sedikit air. Aduk lagi kemudian angkat dan suguhkan.


ii. Mie Goreng Jawa


cara masak mie goreng
Mie Goreng Jawa ini praktis untuk meredakan lapar tengah malam. (Foto: Shutterstock)

Berkiblat pada versi terbaiknya di Yogyakarta, sekarang begitu gampang menemukan mie godog ataupun goreng di aneka macam kota besar di pulau Jawa. Bahkan untuk versi “jalanannya”, ribuan gerobak kaki lima meramaikan malam hari dengan mie rebus dan mie goreng beserta sahabat-temannya seperti nasi goreng, kwetiau, capcay, dan lain-lain.


Bahan-bahan yang diharapkan: mie telur, sayur sawi, kol, tomat, daun bawang, telur, dada ayam, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, dan bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kemiri dan lada).


Cara menjadikannya:



  1. Rebus mie kemudian saring dan tiriskan. Masukkan ke dalam mangkuk dan tuang Kecap Manis Bango seperlunya. Aduk-aduk sampai rata.

  2. Panaskan minyak dan masak telur orak-arik. Angkat dan sisihkan.

  3. Masih di wajan yang serupa, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan sayur sawi, suwiran daging ayam dan daun bawang. Aduk dan masak sampai sayur layu.

  4. Masukkan mie dan telur. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Masak dan aduk sampai semua materi tercampur rata. Angkat dan suguhkan.


three. Mie Goreng Pontianak


cara masak mie goreng
Tambahkan sayur atau tidak, seluruhnya sesuai selera kamu. (Foto: Shutterstock)

Selain Tugu Khatulistiwa dan Sungai Kapuas, Pontianak juga dikenal akan sebab koleksi kuliner lezatnya yang tidak perlu diragukan lagi. Jika kau berkesempatan mengunjungi Pontianak, tentunya jangan lupa mencoba mie khas dari kota ini. Sementara ini, bolehlah membuat dahulu di rumah sebelum bertandang ke sana.


Bahan-materi yang diperlukan: mie telur, bawang putih, kemiri, merica, Kecap Manis Bango, saus cabe, saus tomat, telur, wortel, daun bawang, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.


Cara masak mie goreng ini yakni sebagai berikut:



  1. Masak mie sampai matang. Tiriskan dan sisihkan.

  2. Haluskan bawang, kemiri dan merica. Tumis bumbu bersama sedikit minyak sampai harum. Masukkan wortel aduk-aduk sebentar, kemudian masukkan telur dan masak orak-arik.

  3. Ketiga, sesudah telur matang masukkan sedikit air kemudian tambahkan Kecap Manis Bango, saus tomat, saus sambal, dan daun seledri.

  4. Masak sampai air agak menyusut lalu masukkan mie. Aduk hingga rata kemudian masak kembali hingga panas. Angkat kemudian hidangkan.


four. Mie Goreng Aceh


cara masak mie goreng
Ingin makin Istimewa? Tambahkan beberapa buah telur puyuh rebus. (Foto: Shutterstock)

Doyan masakan yang bumbu rempahnya besar lengan berkuasa? Kuliner Aceh bisa menjadi pilihan untuk kau. Masakan khas Aceh diketahui akan cita rasa khas yang berasal dari paduan aneka rempah-rempah setempat. Mie Goreng Aceh ini jelas salah satunya.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie telur, daging sapi, udang, cumi, sayur sawi, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, kecap asin, daun bawang, bawang merah, tomat, minyak dan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, jintan, adas cantik, kapulaga, ketumbar).


Cara menjadikannya:



  1. Rebus mie sampai setengah matang, kemudian tiriskan. Campur mie dengan dua sendok makan minyak sayur semoga tidak lengket.

  2. Tumis bawang merah dan daun bawang hingga harum, kemudian masukkan bumbu halus. Masak sampai harum.

  3. Masukkan serpihan daging, udang dan cumi. Tumis bersama bumbu dan aduk hingga rata.

  4. Masukkan Royco Kaldu Ayam yang sudah dilarutkan bareng air. Masak sampai mendidih. Masukkan sayur sawi, tomat, Kecap Manis Bango, dan kecap asin. Aduk sampai rata dan masak hingga mengental.

  5. Masukkan mie dan masak sampai kuah mengering. Aduk-aduk terus biar mie tidak lengket di wajan. Angkat dan hidangkan.


five. Mie Magelangan


cara masak mie goreng
Tampilan Mie Magelangan ini mirip dengan dengan mie goreng mawut. (Foto: Shutterstock)

Cara masak mie goreng selanjutnya cukup unik. Ini dikarenakan Mie Magelangan beda dengan yang lainnya sebab adanya penggunaan nasi! Penasaran bagaimana cara masak mie yang satu ini?


Bahan-materi yang diperlukan: mie kuning, nasi putih, bawang putih, fillet daging ayam, telur, sayur sawi, minyak sayur, Kecap Manis Bango, dan Royco Kaldu Ayam.


Cara masak mie goreng ini yakni sebagai berikut:



  1. Panaskan wajan bareng sedikit minyak sayur. Masukkan ayam, tumis sebentar lalu masukkan bawang putih. Setelah bawang harum, masukkan telur dan masak orak-arik.

  2. Masukkan mie yang sudah direbus, lalu bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Aduk hingga rata.

  3. Masukkan nasi dan Kecap Manis Bango, aduk hingga rata. Masukkan sayur sawi dan daun bawang dan masak sampai sayur layu. Angkat dan suguhkan.


Semakin lengkap bukan perbendaharaan kita akan kekayaan kuliner Republic of Indonesia yang menggunakan bahan dasar mie? Selanjutnya, giliran kita mencoba memasaknya tolong-menolong di dapur rumah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel