Yuk, Coba Cara Menghitung Kalori Yang Benar!

Sudah benarkah cara mengkalkulasikan kalori sesuai kebutuhanmu? Kamu wajib tahu bahwa setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Faktor jenis kelamin, usia, berat badan, hingga target adaptasi berat tubuh membuat angka kebutuhan kalori tiap orang tak sama.


Sebelum mulai diet dan berhitung dengan keperluan kalorimu, seharusnya konsultasi terlebih dulu dengan mahir gizi. Kebutuhan kalori dan gizi sehari-hari merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses dasar; mirip bernapas, sirkulasi darah, serta aktivitas fisik sehari-hari yang berkaitan dengan jumlah kalori yang mau dibakar.


cara menghitung kalori
Agar cara menghitung kalori kamu benar, ketahui dahulu kebutuhanmu. (Foto: Shutterstock)

Cara mengkalkulasikan kalori yang sempurna


Kesalahan dalam mengkalkulasikan keperluan kalori akan menjadikan kelemahan atau kelebihan asupan kalori yang keduanya tak baik untuk badan kita. Kekurangan kalori akan menimbulkan badan menjadi lemas dan sebaliknya jikalau kau terlampau banyak mengonsumsi kalori dan tidak mengimbanginya dengan aktivitas fisik, maka tubuh akan menyimpan lemak.


Kebutuhan kalori rata-rata wanita dengan aktivitas normal dalam sehari yaitu 2500 kalori. Nah, kalau kau ingin memaksimalkan atau menurunkan berat badan, mulailah menciptakan daftar aktivitas keseharianmu dan sasaran peningkatan berat tubuh. Jangan lupa konsultasikan juga dengan jago gizi.


cara menghitung kalori
Kamu butuh sajian yang komplit setiap harinya. (Foto: Shutterstock)

Ingat, aktivitas fisik yang berat dan aktif juga wajib diikuti dengan asupan gizi yang tepat semoga tubuhmu tak lantas lemas apalagi kekurangan nutrisi. Ini wajib dikenang bagi kamu yang senang mengikuti agenda lari atau senang menghabiskan waktu di sentra kebugaran.


Asupan-asupan yang berfaedah


Beberapa hal ini juga wajib kamu pahami selaku pendapatdalam mengisi keperluan kalori harianmu.



  • Asupan protein biasanya berkisar 35% dari kebutuhan harian secara keseluruhan. Misalnya daging ayam tanpa lemak (pilih fillet dada ayam tanpa kulit), ikan, dan daging tanpa lemak (pilih daging sapi has dalam).

  • Protein juga bisa didapat dari yogurt, kacang almond, edamame (kedelai Jepang), serta olahan kacang kedelai (susu kedelai, tempe, tahu).

  • Konsumsi juga lemak baik dengan jumlah yang cukup. Misalnya alpukat, kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan lainnya.

  • Dalam satu hari porsi makan, usahakan total karbohidrat berkisar di antara sekitar 180-240 gram. Agar tak jenuh, variasikan nasi putih dengan nasi merah, chocolate-brown rice, gandum utuh, kacang-kacangan, pasta, atau kentang.

  • Sajikan senantiasa sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Variasikan jenis sayuran dan cara mengolahnya, serta  buah-buahan semoga tak lekas bosan. Setiap warna sayur dan buah mempunyai faedah yang berlawanan. Untuk mendapat semua manfaatnya, sebaiknya kamu mengisi harimu dengan variasi sayur dan buah yang berlainan warnanya. Misalnya cap cay sayuran, mixed juice (chip, mentimun, apel, dan lemon), sup sayuran, atau smoothies buah-buahan.


Nah, kini telah tahu lebih banyak deh soal cara mengkalkulasikan kalori. Asupan-asupan tadi akan membantumu menunjang gaya hidup yang lebih sehat. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel