5 Makanan Sehat Para Atlet dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Demi mempertahankan kebugaran, masakan sehat para atlet perlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tentunya kau penasaran, apa saja masakan yang menjadi sumber gizi mereka semoga badan tetap tally dan stamina tetap prima. Selain daftar masakan yang terdiri dari karbohidrat, poly peptide, dan lemak; para atlet juga gemar mengonsumsi kuliner sehat ini untuk melengkapi kebutuhan gizi mereka. Inilah beberapa diantaranya:


1. Pisang, makanan sehat para atlet


Selain mengandung karbohidrat, buah yang membuat kenyang ini menolong mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dalam tubuh setelah berolahraga. Pisang kaya akan potassium, mangan, dan vitamin B. Fungsi penting dari vitamin B yakni menumbuhkan energi dalam tubuh. Vitamin ini juga yang berjasa untuk menyembuhkan otot yang nyeri usai menguras keringat.


2. Kale, superfood yang kontemporer


Sayuran hijau keluarga sawi ini sering didengungkan selaku superfood sebab begitu kaya manfaat – selain sebab kandungan vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Kale juga mengandung anti oksidan, karoten, dan flavonoid yang sangat bagus bagi tubuh. Meski sayuran ini belum gampang dijumpai di banyak kawasan di Indonesia, kale sekarang dibudidayakan secara organik dan hidroponik. Selain dijadikan sebagai salah satu bahan salad, kale juga cocok dijadikan jus sayur.


makanan sehat para atlet
Kale sering disebut selaku superfood. (Foto: Shutterstock)

3. Oatmeal, yang populer semenjak dahulu


Olahan berbahan gandum ini selalu hadir dalam daftar ragam makanan sehat para atlet. Mereka kerap mengonsumsi oatmeal selaku sarapan atau makanan selingan. Biasanya bubur oatmeal dihidangkan bersama buah, dijadikan pudding, atau juga sebagai dessert sehat. Oatmeal berkhasiat untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap wajar . Kaya serat dengan kandungan protein, magnesium, potassium, dan vitamin B1; oatmeal juga ialah masakan hobi banyak atlet.


4. Chia Seed, yang sedang naik daun


Chia seed mengandung banyak serat, protein, antioksidan, dan lemak tak bosan. Lebih penting lagi, chia seed juga bebas gluten dan baik untuk proses detoksifikasi sebab kandungannya yang ampuh mengeluarkan racun dari empedu dan usus. Chia seed biasa dijadikan bahan pemanis pada smoothie, overnight oatmeal, atau menambah tekstur pada roti atau kukis.


makanan sehat para atlet
Yuk, mengolah masakan kuliner sehat dengan chia seed. (Foto: Shutterstock)

five. Yogurt, favorit semua orang juga


Kalau ingin menggandakan camilan sehat atlet ini, hindari menentukan rasa buah yang mengandung banyak gula ya! Di pasaran banyak terdapat yogurt dengan banyak sekali macam model. Ada yang rasanya lebih creamy, rendah lemak, atau tanpa gula.  Jika dimakan dalam jangka panjang, yogurt berfaedah untuk mencegah bisul usus dan menghambat sel-sel kanker pada kanal pencernaan. Selain itu yogurt juga mampu mencegah darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam badan. Hebat!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel