Rempah-Rempah Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu kunci kelezatan kuliner Nusantara terletak pada cita rasa rempah-rempah Republic of Indonesia yang khas. Wajib kita syukuri karena negeri ini begitu kaya akan rempah-rempah. Selain mudah didapat dengan harga ramah biaya, rempah-rempah yang tersedia tak mengenal pergeseran musim.


Kamu pasti sungguh erat dengan rasa gulai, rendang, kari, atau sup daging. Semua kuliner tersebut mempunyai ciri khas, adalah kedatangan rempah-rempah Indonesia yang berperan memberi rasa dan odour unik. Ingin tahu rempah-rempah apa saja yang terkenal digunakan pada kuliner Indonesia? Berikut adalah daftarnya.


Pala


Pala mempunyai tugas penting bila bicara soal sup dan semur. Kamu mampu menggunakan pala dengan cara dimemarkan, diparut, atau dalam bentuk debu. Aroma manis yang khas pada pala membuat kuliner tertentu seolah takkan lengkap bila tak dibumbui oleh rempah yang satu ini.


rempah-rempah indonesia
Semur takkan lengkap tanpa kehadiran pala. (Foto: Shutterstock)

Jintan


Jintan sangat penting untuk masakan yang mengandung bumbu kari. Misalnya gulai, kari, ataupun nasi kebuli. Pada kuliner Bharat, jintan tergolong salah satu rempah yang paling penting dalam bumbu garam masala – termasuk di antaranya ialah kapulaga serta cengkih.


rempah-rempah indonesia
Wangi jintan itu sungguh khas dan unik. Yuk, masak dengan bumbu jintan. (Foto: Shutterstock)

Kapulaga


Berbeda dengan kapulaga versi India dan Tiongkok dengan bentuk lonjong dan pipih, kapulaga yang terdapat di Indonesia umumnya berupa lingkaran dengan kulit yang tipis. Sama halnya dengan cengkih, kapulaga juga bersahabat dipakai pada masakan-kuliner mirip nasi kebuli, soto Padang, gulai, kari, atau rendang.


rempah-rempah indonesia
Meski aromatik, hindari juga memasukkan terlalu banyak kapulaga dalam masakan. (Foto: Shutterstock)

Pekak


Pekak disebut juga bunga lawang mempunyai sensasi rasa yang mirip dengan adas anggun. Salah satu kuliner terkenal khas Gorontalo, Kua Bugis, menggunakan pekak selaku salah satu dari puluhan bumbu yang dipakai. Karena smell dan rasanya yang cukup berpengaruh, penggunaan pekak atau bunga lawang pada kuliner umumnya cuma sedikit. Di dapur Cina, pekak merupakan salah satu rempah yang ada dalam bumbu ngo hiong.


rempah-rempah indonesia
Bunga lawang sungguh khas untuk Kua Bugis. (Foto: Shutterstock)

Cengkih


Sulawesi dan Maluku ialah daerah penghasil cengkih paling besar di Indonesia. Tidak banyak yang tahu, ternyata cengkih juga mengandung antioksidan. Cengkeh terkenal dipakai pada masakan yang lekat dengan rempah-rempah Republic of Indonesia lainnya. Contohnya seperti nasi kebuli, soto Padang, kari, atau gulai khas Sumatera.


rempah-rempah indonesia
Sentilan sedikit rasa pedas dengan rasa unik adalah ciri khas cengkeh. (Foto: Shutterstock)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel