Inilah Cara Membuat Saus Tomat A la Restoran yang Sedap!

Penyuka menu pasta bolognese yang ialah perpaduan daging cincang bersaus tomat yang berlimpah pasti ingin tahu cara menciptakan saus tomat yang lezat. Kamu layak bersyukur karena di Indonesia tomat sangat murah dan mudah didapatkan. Ini penting bagi kau yang ingin menciptakan sendiri tetapi bermutu kedai makanan. Selain lebih sedap, pastinya produksi sendiri lebih sehat, bukan?


Saus tomat ini bukan cuma cocok disuguhkan untuk pasta tumisan pada umumnya, tetapi juga sedap untuk pasta yang dipanggang. Selain itu, saus ini juga sedap disandingkan bersama menu ikan (salmon atau tuna steak), sayuran panggang, ataupun steak ayam.



cara membuat saus tomat
Saus ini bisa digunakan untuk banyak resep. (Foto: Shutterstock)



Kunci kelezatannya adalah tomat segar yang sudah matang. Selain warnanya yang menarik, tomat segar matang mempunyai rasa yang lebih gurih dan tidak asam dibandingkan model yang belum matang. Membuat saus juga memiliki kegunaan bagi kamu yang punya stok lebih. Membuat saus yakni salah satu upaya menyelamatkan stok tomat kau daripada keburu membusuk.


Cara menciptakan saus tomat


Berikut adalah langkah-langkahnya: 



  1. Cuci higienis tomat, lalu dikerat sedikit pada kulit bab bawahnya untuk mempermudah proses mengupas dikala tomat matang.

  2. Rebus air sampai mendidih, masukkan tomat segar. Masak hingga sebagian kulit tomat mengelupas.

  3. Keluarkan tomat, masukkan ke dalam air es, kupas tomat, dan buang kulitnya.

  4. Cincang atau haluskan daging buah tomat.

  5. Tumis bawang putih dan bawang bombay, lalu masukkan tomat. Masak sampai tomat matang dan hancur. Di tengah proses pemasakan, kamu bisa menyertakan daun basil atau oregano agar cita rasanya lebih tajam dan lebih sedap.


cara membuat saus tomat
Sebelum memberi topping, olesi pizza dengan saus tomat. (Foto: Shutterstock)

Penggunaannya dalam masakan


Kamu tak perlu galau memasak saus dalam jumlah banyak, alasannya mampu digunakan pada beragam macam masakan. Misalnya saja sebagai berikut:


i. Pizza


Olesi pizza dengan saus rumahan ini sebelum kamu meletakkan topping ke atasnya. Gunakan ini untuk pizza jenis margherita, ataupun yang ber-topping jamur, daging cincang, dan pepperoni.


2. Pasta


Tambahkan saus tomat dikala menumis materi utama untuk saus pasta. Misalnya untuk pasta bolognese, tumis terlebih dulu daging cincang, kemudian masukkan saus. Masak bareng hingga daging matang. Gunakan saus ini untuk pasta bergaya: Bolognese, Arrabbiata, Baked Pasta, jamur, atau pasta dengan saus kepingan sayuran dan daging olahan.


3. Steak dan selaku saus masakan daging atau ikan


Kucurkan saus pada daging ataupun ikan. Jika ingin lebih sedap, campurkan bareng tumisan jamur atau tomat ceri. Bisa juga tambahkan cabai atau merica jikalau kau suka rasa yang lebih pedas.


4. Nugget, Katsu, atau Sosis


Setelah matang, gunakan saus pada nugget, katsu, atau sosis. Dengan punya persediaan lebih, kamu juga mampu lebih mengurangi waktu di dapur.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel