Ragam Tips Membuat Bekal Anak untuk Menambah Nafsu Makannya

Bekal anak yang kaya nutrisi wajib terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, dan lemak. Dalam menyiapkan bekal anak yang komplit, selain soal waktu memasak, ibu juga dituntut kreatif biar momen membuka bekal makanannya selalu menjadi kejutan menyenangkan baginya.


Presentasi yang mempesona jadi kunci keberhasilan supaya anak bahagia dan doyan melahap bekalnya. Sebagai ide, ibu mampu mengolah salah satu atau dua jenis hidangannya dengan permainan warna atau bentuk-bentuk masakan yang beragam biar nafsu makannya bertambah.


Karbohidrat


Ada beberapa cara menghidangkan sumber karbohidrat biar menjadi performa yang berlawanan dari umumnya. Contohnya yakni selaku berikut:


Nasi goreng tomat: Warna merah dari nasi goreng tomat akan menarik si kecil. Hiasi dengan irisan telur dadar   di atasnya.


Nasi gulung: Sendokkan nasi ke atas lembaran nori. Gulung, kemudian potong-potong. Ibu juga mampu mengisinya dengan irisan sayuran dan daging.


Nasi uduk ungu: Buat nasi uduk ungu dengan mengambil warna ungu alami dari bunga telang.


Protein


Tahu – tempe: Buat tempe orek atau tahu nugget yang dicetak dalam beberapa bentuk.  Misalnya seperti bentuk hewan, aksara karakter, atau bentuk lainnya yang membuat si kecil lebih kepincut.


Ikan goreng: Potong-potong ikan menjadi kotak kecil, lalu goreng dengan campuran tepung.


Ayam panggang: Pilih potongan daging ayam yang menjadi kegemaran si kecil. Misalnya paha bawah atau sayap.


bekal anak
Nugget bentuk dinosaurus. (Foto: Shutterstock)

Sayuran


Jika karbohidrat dan poly peptide telah dibuat menawan, biar tak terlalu repot, menu sayuran mampu dibuat sepraktis mungkin. Misalnya campuran sayuran campur yang ditumis, mirip wortel, jagung pipil, dan buncis bisa ditumis. Sayuran juga mampu dimasak bareng bahan poly peptide lain, misalnya telur.


Contoh kuliner yang mampu dibuat ialah seperti: Tumis Buncis Telur, Cah Ayam Jamur, atau Daging Sapi Brokoli.


Lemak


Ibu mampu memilih lemak berbahan daging, ikan, telur, atau olahan hewani mirip keju dan mentega. Selang seling jenis lauk dan cara memasaknya supaya si kecil tak lekas bosan.


Contoh hidangannya ialah Steak Daging Saus Tomat dan Ayam Goreng Saus Mentega.


Selain materi-materi di atas, ibu juga mampu merencanakan carte sepinggan atau one dish meal, bill of fare ini ialah carte du jour simpel yang telah mengandung semua kebutuhannya. Dalam seporsi bekal sudah mengandung karbohidrat, lauk, dan sayuran.


Misalnya saja seperti Nasi Goreng Daging Giling Sayuran, Pangsit Kuah, Nasi Bakar Ayam, atau Mie Goreng Ayam Sayuran.




Hal-Hal Lain yang Perlu Dipersiapkan


Untuk menghidangkan penyajian bekal anak yang menggemaskan, ibu butuh santunan alat-alat ini untuk membuat lebih mudah prosesnya, seperti:



  1. Cetakan nasi aneka bentuk


Banyak tersedia di pasaran, umumnya cetakan ini digunakan untuk menciptakan bento anak.


bekal anak
Cetakan kelinci ini mampu digunakan untuk nasi, telur, atau nugget. (Foto: Shuterstock)

two. Cetakan kue kering atau cetakan kukis


Cetakan berbahan logam, silikon, atau plastik berupa binatang atau buah-buahan ini mampu didapat di toko bahan kudapan manis.


iii. Pisau kecil


Pisau yang berbilah tajam dan tipis ini mampu digunakan untuk membentuk sayuran dan menu lain dengan rapih dan cantik.


four. Gunting


Biasanya dipakai untuk membentuk atau memangkas materi yang teksturnya tipis. Misalnya nori, dedaunan, dan yang lain.


five. Pinset


Untuk membuat bento yang item, lazimnya para pembuat bento memperkuat karakter makanannya dengan tunjangan pinset sebab ukuran bahannya kecil. Misalnya untuk memberi mata, rambut, atau hidung, dan lainnya.


Bagaimana dengan undangan-permintaan tadi untuk membuat bekal anak jadi lebih seru? Jangan lupa kunjungi resep-resep lain untuk mencari ide yang lain. Semoga berfaedah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel