Jenis-Jenis Udang dan Olahannya, Yang Mana Favoritmu?

Sebagai pencinta seafood, kau harus tahu jenis-jenis udang yang digunakan untuk masakan sajian bahari favoritmu. Kelezatan masakan udang juga dihasilkan berkat jenis udang yang digunakan. Misalnya untuk jenis udang yang dibakar, akan lebih baik memakai jenis udang berukuran sedang sampai besar.


jenis-jenis udang
Apa masakan udang favoritmu? (Foto: Shutterstock)

Ini ialah aneka macam jenis-jenis udang yang wajib kamu tahu:


Udang Pancet


Disebut juga udang windu atau juga tiger shrimp. Kulitnya tebal dan keras, berwarna hijau kebiru-biruan dengan garis melintang agak gelap. Udang pancet berskala sedang hingga besar. Yang berskala besar umumnya sedap dimasak sebagai udang bakar madu, kari udang, atau sate udang. Kamu bisa menciptakan hidangan mudah berupa Udang Asam Manis dengan memakai udang pacet.


Lobster


Disebut juga udang barong dan udang karang. Ukuran terbesarnya mampu mencapai hingga ii kilogram dengan ciri khas kulitnya yang tebal dan keras. Tak cuma disuguhkan di kedai makanan mewah, beberapa pebisnis kuliner muda mulai melirik lobster selaku kuliner yang harganya terjangkau. Contoh hidangan lobster populer: Lobster Asam Manis, Lobster Bakar, dan Lobster Thermidor.


Udang ukuran sedang sedap dijadikan menu Sambal udang
Selain jenisnya, kau juga wajib tahu cara memilih udang segar. (Foto: Shutterstock)

Udang Galah


Beredar di pasaran dengan nama freshwater shrimp. Udang galah yaitu udang sungai atau danau air tawar. Terdiri dari bermacam warna: hijau kecokelatan, hijau kebiruan, kuning kecokelatan. Berbercak seperti udang windu, tetapi bentuknya lebih bulat. Cocok diolah untuk udang saus mentega, udang saus padang, atau udang bakar.


Udang Jerbung


Udang jerbung juga diketahui dengan istilah udang putih atau white shrimp. Berwarna putih kekuningan dengan bintik hijau, atau berwarna putih kemerahan. Udang jerbung dikenal dengan istilah berbeda-beda di mancanegara, dan kamu boleh berbangga hati karena Indonesia ialah penghasil udang jerbung terbesar di dunia.


Udang Kipas


Kerap disebut lobster kecil atau udang sikat. Kulitnya tebal dengan kerangka yang lebar pipih dengan cangkang berduri. Udang kipas lazimnya diolah menjadi Udang Saus Padang, Udang Masak Santan, atau Udang Asam Manis.


Udang Peci


Udang peci adalah salah satu jenis udang yang sungguh mudah didapat di pasaran. Udang peci berskala kecil lazimnya dijadikan sebagai materi peyek udang, bakwan udang, atau udang lapis tepung.


Perhatikan cara memilih udang segar sebelum membeli.
Udang berukuran kecil sedap dibuat udang goreng tepung, peyek. (Foto; Shudtterstock)

Berikut yakni beberapa tips singkat perihal cara memilih udang yang bagus: 



  • Udang yang segar sama sekali tidak berbau.

  • Saat ditekan kulitnya, terasa keras dan kenyal (untuk udang berkulit tipis) serta tidak lembek.

  • Warnanya tampaksegar dan tidak pucat.

  • Kepalanya masih sungguh menempel pada tubuh udang.


Semoga berguna!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel