7 Tips Masak Cepat Yang Akan Membuatmu Ketagihan Di Dapur

Tips masak cepat tentunya penting bagi kau yang mempunyai sejuta kegiatan tetapi ingin punya waktu untuk mencurahkan hobi memasak. Agar tetap bisa menciptakan masakan rumahan yang enak di tengah kegiatan, ada beberapa tips masak yang wajib kamu tahu. Bikin kuliner enak tak harus repot, kok. Ayo simak caranya!


i. Pilih bahan kuliner yang cepat matang


Masak mudah bukan bermakna sekadar telor ceplok, lho. Akali dengan menentukan materi-materi yang cepat matang, misalnya fillet daging ayam, daging sapi bagian has dalam, udang kupas siap pakai, atau fillet ikan. Bahan-materi yang tak perlu proses lama dalam mengolah makanan mampu memangkas waktu di dapur.


One dish meal wajib jadi daftar menu harian.
Tips masak cepat yang hendak membuatmu terlihat andal masak. (Foto: Shutterstock)

two. Buat bumbu sekaligus banyak


Daripada setiap mengolah makanan harus membuat bumbu, semestinya setiap akhir pekan kau merencanakan bumbu masak sekaligus untuk sepekan, bahkan sebulan. Buat jenis bumbu masak sesuai kebutuhanmu, contohnya bumbu dasar mirip bumbu putih, bumbu merah, atau bumbu kuning. Porsikan dalam ukuran sekali masak, lalu simpan dalam freezer. Mudah, kan?


three. Buat persediaan frozen food sendiri


Daripada membeli, semestinya siapkan sendiri frozen nutrient di rumah. Kamu bisa menciptakan masakan-kuliner yang cukup usang prosesnya memasaknya dalam jumlah banyak, kemudian dibagi dalam takaran sekali saji. Misalnya untuk kuliner gulai, rendang, kari daging, atau semur. Bekukan dalam freezer dan panaskan dikala akan disajikan.


4. Pilih teknik masak yang singkat


Tak usah berlama-usang di dapur jika memang sedang tergesa-gesa. Akali dengan menentukan teknik masak yang cepat. Pilih jenis masakan yang ditumis daripada mesti diungkep lalu digoreng atau dibakar. Atau bisa juga pilih teknik masak pan fried (menggoreng dengan sedikit minyak) dengan menggunakan materi daging atau ikan yang cepat matang.


5. Sajikan sajian i dish meal


Ini cocok bagi kau yang malas memasak beberapa hidangan (nasi, lauk, dan sayuran) secara terpisah atau bertahap. Cari pandangan baru melalui hidangan i dish meal, yakni dalam satu hidangan, telah terdapat variasi karbohidrat, lauk, dan sayuran. Misalnya Nasi Goreng Ayam Sayuran, Nasi Kebuli, Kwetiau Cap Cay, atau Soto Ayam. Kamu bisa menambahkan komposisi sayuran dan lauk agar lebih komplit.


half dozen. Gunakan santunan alat dapur elektronik


Beberapa alat dapur ini akan sangat membantu pekerjaanmu di dapur. Misalnya blender, nutrient processor, pressure cooker (panci presto), dan deadening cooker. Setiap alat memiliki fungsi yang bisa mempersingkat waktumu di dapur. Misalnya panci presto untuk mempercepat pemasakan daging semoga lebih singkat empuk, food processor untuk menolong menggiling sekaligus mencampur adonan, dan beragam lainnya.


7. Selalu sediakan sayuran beku siap pakai


Sayuran beku juga mampu kau siapkan sendiri di rumah. Pilih jenis sayuran dapat disimpan dalam freezer, misalnya wortel, buncis, kacang panjang, atau brokoli. Blansir sampai hampir matang, kemudian bekukan. Jika sedang tidak punya waktu, kau tinggal mengeluarkannya dari freezer dan menumisnya sebentar. Tak perlu adegan memotong dan mencuci sayuran.


Selalu sedia sayuran beku
Sayuran beku mampu mempersingkat waktu masak sayuran. (Foto: Shutterstock)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel