9 Makanan Khas Betawi yang Perlu Kamu Coba Sekarang

DKI Jakarta dikenal selaku  melting pot untuk banyak sekali masakan kawasan dan dari seluruh dunia. Namun sayang beribu sayang saat masakan asli Betawi seolah mulai terlupakan. Padahal terlalu banyak yang mampu dibanggakan dari kuliner orisinil DKI Jakarta ini. Dalam rangka menyambut perhelatan olahraga paling besar di Asia, yuk kita populerkan kembali aneka macam makanan khas Betawi dalam keseharian kita!


i. Ketoprak, saingannya kupat tahu dan lontong balap


Bersaing ketat secara popularitas dengan kupat tahu ataupun lontong balap yakni masakan pujian orang Jakarta – ketoprak! Masakan yang berisikan adonan ketupat, taoge, tahu goreng, dan ketimun ini lalu dicampurkan dengan bumbu kacang yang enak dan kecap bagus. Ah sangat carte sarapan untuk para juara!


2. Ketupat Sayur, paling yummy di pagi hari


Pesaing terberat ketoprak, bubur ayam, dan nasi uduk di pagi hari tiada lain tiada bukan adalah ketupat sayur. Kuah santan yang gurih pedas tersaji ciamik dengan imbuhan kol, kacang panjang, dan juga nangka muda. Yang lalu menghiasi yaitu ketupat serta telur rebus. Kembali, ini adalah sarapan untuk para juara! Kalau ingin coba memasaknya, ayo simak ketupat sayur model istimewanya berikut ini.



iii. Kerak Telor, makanan ringan tangguh di malam hari


Makanan khas Betawi senantiasa akan berhubungan dengan hidangan legendaris yang satu ini. Meski tidak gampang lagi menemukannya di setiap jalanan ibukota, kerak telor biasanya akan timbul di tempat-tempat dan acara tertentu. Misalkan saja di tempat Kemayoran ataupun Senayan. Kerak telor sendiri yaitu perpaduan istimewa antara beras ketan, telur ayam, udang kering, serta serundeng dan banyak sekali bumbu lainnya. Penampilannya yang unik begitu membedakannya dengan kuliner Indonesia yang lain.


four. Semur Daging Betawi, gurih dan begitu enak


Makanan dengan rempah-rempah kompleks dan memiliki rasa gurih, anggun, dan bergizi – itulah kedahsyatan orang Betawi dikala membuat semur dagingnya yang begitu yummy. Cocok dipadu padankan dengan nasi putih, nasi uduk, ataupun nasi ulam; semur daging yang ialah kuliner khas Betawi yang dihentikan terlewatkan warisannya. Untuk yang satu ini, wajib untuk mendengarkancara membuatnya berikut ini!



5. Soto Betawi, kuliner khas Betawi paling terkenal


Masakan satu inilah yang menimbulkan masakan Betawi super terkenal . Soto bersantan ini bisa terdiri dari berbagai bagian sapi, dari daging sampai bermacam-macam jerohan. Meskipun lebih banyak dicari untuk makan siang ataupun malam, namun soto Betawi ternyata sedap dicicipi sebagai sarapan. Salah satu cara membuatnya lebih sehat yakni dengan mengubah santan menjadi susu, serta pastinya daging sapi yang lebih sedikit lemak.


half-dozen. Gabus Pucung, satu yang paling unik dari ibukota


Siapa bilang masakan Betawi tidak memedulikan yang namanya keluak? Buktinya gabus pucung adalah salah satu masakan yang khas karena penggunaan keluaknya. Sesuai namanya, tentu yang digunakan yaitu ikan gabus. Semuanya tersaji dalam kuah keluak berwarna hitam berpadu dengan rempah-rempah yang pedas dan sedap. Pastikan untuk menjajal menjadikannya di rumah!



vii. Nasi Ulam, satu yang paling langka untuk ditemui


Ini beliau jagonya masakan nasi dari Betawi. Meski nama nasi uduk lebih terkenal, tetapi ada percampuran budaya menawan pada kuliner nasi ulam. Nasi putih tersaji dengan belahan ketimun dan kemangi. Kemudian dalam satu hidangan kita mampu memilih antara semur tahu, telur, ataupun kentang. Tambahannya terdapat dendeng sapi, cumi asin, telur dadar, dan banyak opsi lain. Sungguh suatu carte du jour sarapan yang hebat walaupun hanya ditemukan di beberapa penjuru ibukota saja ketika ini.


eight. Nasi Bakar Semur Betawi, hidangan unik khas MAHI


Nasi ketan bercampur santan yang dinanak sampai matang tentu sudah gurih demikian adanya. Bagaimana bila disandingkan dengan semur daging gaya Betawi dan disatukan dalam balutan daun pisang? Nasi ini lalu dibakar dan tersaji hangat untuk makan siang ataupun makan malam. Wah perpaduan modernistic ini tentu mempesona untuk dicoba, bukan? Simak resepnya berikut ini!



nine. Nasi Uduk, sarapan lengkap dan sedap


Yang satu ini paling disuka semua untuk makan pagi. Nasi yang menjadi gurih alasannya dimasak santan ini umumnya dipadukan dengan orek tempe serta bihun. Selebihnya banyak pendamping menarik seperti sambal goreng kentang, telur dadar, jengkol, semur, gorengan, dan lain-lain. Yang khas adalah penggunaan sambal kacang. Pastikan jangan ketinggalan yang satu itu!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel