6 Tips Jalankan Pola Hidup Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Bagaimana cara menurunkan berat badan sepertinya selalu menjadi info hangat setiap generasi, apalagi di eranya para millennial kini ini. Merebaknya segala fitur media sosial seolah semakin mendorong kita semua untuk selalu tampil menawan di depan kamera ataupun dikala live. Nah berikut ini adalah acuan hidup sehat yang mampu kau jalani dengan gampang demi meraih berat tubuh ideal itu!


one. Jangan Lewatkan Makan Pagi!


pola hidup sehat
Kesempatan untuk makan pagi bernutrisi akan menolong melalui harimu dengan optimal. (Foto: Shutterstock)

Yang satu ini mulanya datang dari pandangan keliru bahwa melewatkan makan pagi mempunyai arti mampu memangkas jumlah kalori. Justru yang ada kita malah mampu rampung makan lebih banyak dari seharusnya karena menahan lapar dari pagi. Bahkan menurut penelitian para dokter, mereka yang bersantap sarapan pagi justru mempunyai tingkat indeks massa badan (BMI) yang lebih rendah dan mempunyai kinerja badan lebih baik.


Kalau kamu khawatir dengan apa yang sebaiknya disantap ketika pagi hari, mungkin telah waktunya untuk mempersiapkan sarapan sehatmu sendiri. Misalnya saja sereal dengan buah-buahan dan susu rendah lemak, smoothie bowl, salad, dan banyak variasi sehat yang lain.


2. Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah


pola hidup sehat
Stok buah dan sayur lebih banyak ketimbang mie instan ataupun daging olahan. (Foto: Shutterstock)

Menggantikan aneka macam masakan berkalori tinggi dan berkolesterol, kita mampu menentukan untuk menyiapkan lebih banyak sayur dan buah segar di rumah. Setelah makan pagi dengan sereal contohnya, kita bisa mempersiapkan makan siang mirip salad ataupun sup.


Cara lainnya yaitu dengan menambahkan sayur ataupun buah dalam hidangan makan sehari-hari kita, tergolong untuk camilan. Dengan demikian asupan kita terdiri atas bermacam-macam vitamin, mineral, serat, dan banyak nutrisi-nutrisi lainnya.


3. Ganti dengan Karbohidrat Sehat


Kemudahan hidup di zaman straight off ialah ketersediaan begitu banyaknya karbohidrat sehat selain apa yang secara tradisional kita makan. Misalnya saja kita bisa mulai mengonsumsi whole grains (sereal utuh) dibandingkan dengan yang olahan seperti roti putih, kue-kudapan manis, serta kukis. Contohnya ialah dengan mengonsumsi roti gandum, popcorn, biskuit gandum, ataupun nasi merah selaku pengganti nasi putih.


4. Mengatur Porsian dengan Bijak


Misalnya cara-cara lain menurunkan berat tubuh masih dianggap susah, inilah satu cara yang paling mudah luar biasa. Turunkan sekitar x% – 20% porsi makan sehari-hari kau, maka berat badan-pun akan ikut turun. Patut diingat jikalau lazimnya kita cenderung mempersiapkan porsian sendiri terlalu banyak di rumah ataupun ketika disiapkan kedai makanan. Keuntungan yang lain dari cara ini ialah kita masih bisa mengkonsumsi makanan-kuliner yang kita sukai tanpa harus berdiet.


v. Bergerak Lebih Banyak


pola hidup sehat
Membiasakan olahraga seringan apapun pasti berfaedah untuk tubuh. (Foto: Shutterstock)

Heits, hening dulu. Bergerak lebih banyak bukan bermakna harus olahraga terlampau keras kok. Apapun format olahraganya pasti bermanfaat bagi teladan hidup sehat kamu. Yang paling penting yakni kamu menyukainya dan bisa rutin melakukannya. Tidak perlu sampai keluar puluhan juta rupiah dengan mengikuti satu jenis olahraga yang membuatmu tertekan alasannya tidak betah.


Kalau itu masih dirasa merepotkan, maka yang bisa kau kerjakan adalah berjalan lebih banyak. Begitu banyak aplikasi di handphone sekarang yang dapat menghitung jumlah langkahmu sehari-hari. Usahakan meraih sekitar x,000 langkah per hari agar optimal. Kamu bisa melakukannya dengan berlangsung dari stasiun KRL menuju kantor, menyeberangi jembatan Transjakarta, ataupun saat sedang menelpon orang.


6. Banyak Minum untuk Pola Hidup Sehat


Inilah satu kunci penting dalam mempertahankan pola hidup sehat. Namun minum juga dilarang asal-asalan, terlebih untuk yang anggun-anggun karena mengandung kalori tinggi. Sebagai alternatifnya – biasakan meminum air saja, infused H2O, susu rendah lemak, atau jus buah segar. Hindari jus buah kemasan yang umumnya telah mengandung gula dan terbuat cuma dari konsentrat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel