6 Ide Menu Makanan Sehat untuk Menjaga Kebugaranmu

Satu negara yang senantiasa selalu diperhitungkan dikala perhelatan akbar olahraga dunia berlangsung yakni Amerika Serikat. Negara ini hampir senantiasa menguasai banyak sekali bidang olahraga yang dipertandingkan. Ini yang menimbulkan kita bertanya-tanya, apa sih bill of fare makanan sehat yang umum dikonsumsi para atletnya?


Jelas ada yang lebih dari sekadar mengisi perut. Satu rahasia lazimnya yakni pilihan makanan bernutrisi tinggi dari pagi hingga malam. Tantangan fisik dan permintaan persaingan mengharuskan mereka sehat sepanjang tahun. Itulah sebabnya penting untuk kita untuk mengamati masakan apa saja yang mau menolong meningkatkan sistem imun tubuh.


Berikut yakni beberapa di antaranya yang bisa kau buat di rumah!


Makanan bernutrisi tinggi untuk sarapan


1. Roti Bakar Selai Alpukat dan Telur


menu makanan sehat
Alpukat mampu dipakai sebagai pengganti mentega. (Foto: Shutterstock)

Menu makanan sehat pertama ialah satu yang tengah naik daun dan cocok dinikmati untuk sarapan maupun makan siang. Inilah memang waktu-waktu dimana kita membutuhkan banyak energi. Resep roti bakar alpukat kali ini begitu mudah dan hanya menggunakan telur goreng saja selaku pendampingnya.


Bahan-bahan: alpukat matang, air jeruk limau, ketumbar, tomat, roti gandum, telur, garam, merica, dan minyak zaitun.


Cara menjadikannya:



  1. Tumbuk buah alpukat yang sudah dibuang bijinya bareng perasan buah limau, ketumbar, dan garam secukupnya.

  2. Panaskan minyak dan wajan di atas api sedang. Goreng telur yang dibumbui garam dan merica selama kurang lebih tiga menit tanpa dibalik.

  3. Siapkan roti gandum yang sudah dipanggang. Oleskan mentega alpukat dan tutup dengan irisan tomat serta telur. Sajikan.


two. Oatmeal dengan flax seed, chia seed, dan kismis


Wah, kurang sehat apa lagi terdengarnya materi-materi untuk sarapan yang satu ini? Penasaran dengan segala tren-nya? Ayo secepatnya kita buat saja!


Bahan-bahan: oat segera, kuaci, flaxseed, chia seed, kismis, susu, dan garam.


Cara membuatnya:



  1. Rendam oat secepatnya dengan air seperlunya. Tambahkan garam sedikit jika ingin. Masak sampai oat matang.

  2. Tambahkan kuaci, flax seed, chia seed, dan kismis. Biarkan beberapa menit.

  3. Tambahkan susu secukupnya dan aduk rata. Sajikan dengan kondimen apapun kesukaanmu.


Menu masakan sehat untuk santap siang


1. Soba dengan Tumisan Sayur


Mie soba yang tenar asal Jepang ini yang dibuat dari gandum kuda – salah satu jenis di antara keluarga gandum yang sehat namun tetap memiliki kandungan karbohidrat yang mencukupi selaku sumber energi. Padankan dengan tumisan sayur dan lengkap telah carte makan siang yang sehat untuk lanjutkan harimu.


Bahan-bahan: bawang putih, bawang bombay, selai kacang, kecap asin, air, madu, lemon, garam, lada hitam, minyak sayur, paprika merah, paprika kuning, brokoli, buncis, wortel, dan mie soba.


Cara mengolah masakan:



  1. Sesuai selera, aduk rata adonan bawang putih, selai kacang, air, madu, air perasan lemon, garam, serta lada hitam.

  2. Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Tumis bawang bombay, wortel, brokoli, paprika, dan buncis sampai menjelang matang.

  3. Setelahnya tambahkan mie soba yang sudah direbus dan campurkan saus campuran tadi. Masak hingga matang dan sajikan.


2. Miso Ramen dengan Jamur Shiitake


menu makanan sehat
Jangan ragu menikmati kuliner kesukaan selaku makan siang. (Foto: Shutterstock)

Meskipun bahan mie untuk ramen tidak sesehat soba, tetapi boleh kok makan siang berenergi dengan resep yang satu ini. Hanya saja hindari terlalu banyak makan dan imbangi dengan banyak sekali materi bernutrisi lainnya.


Bahan-bahan: kaldu ayam, jahe, cabe merah, bawang putih, pasta miso, ramen siap masak, minyak sayur, jamur shiitake, bawang daun, pak choy, soy sauce dan minyak wijen.


Untuk carte du jour ini kau memerlukan 4 langkah saja:



  1. Panaskan air yang dicampur dengan kaldu ayam dan tambahkan irisan jahe, cabe dan bawang putih. Didihkan perlahan selama 10 menit. Buang jahe, cabe dan bawang putih. Masukkan miso dan aduk hingga larut.

  2. Di panci terpisah, masak ramen sampai matang kemudian tiriskan dan bilas dengan air dingin.

  3. Panaskan minyak sayur dalam panci dan tumis cabai, jamur, bawang putih, bawang merah, irisan jahe dan pak choy selama iii menit. Tambahkan soy sauce dan minyak wijen, dan masak sebentar.

  4. Langkah keempat, susun tumisan sayur dan mie di dalam mangkuk. Lalu tuang kaldu mendidih dan taburi dengan daun bawang hijau. Tambah dengan suwiran daging atau telur sesuai dengan selera kau.


Makanan bernutrisi tinggi untuk santap malam


one. Steak Salad


menu makanan sehat
Dengan diimbangi sayuran, pasti tidak bersalah menikmati sirloin yang dipanggang sedap ini. (Foto: Shutterstock)

Inilah carte du jour masakan sehat sebagai epilog hari yang sungguh menggembirakan. Begitu banyak variasi yang mampu kau buat dengan sayuran ataupun sausnya. Selebihnya cukup memilih daging sapi yang bermutu tetapi datang dari bab yang tidak harus terlalu mahal seperti sirloin misalnya.


Bahan-bahan: daging sapi bab sirloin, selada Romaine, bawang bombay merah, arugula, tomat carmine, garam, merica.


Bahan saus: ketumbar, cabai hijau atau cabe jalapeno, jeruk limau, yogurt, bawang putih, garam, merica, dan minyak zaitun.


Cara menjadikannya:



  1. Panggang daging sirloin hingga ke degree medium dan istirahatkan. Potong cuma ketika salad telah siap.

  2. Dalam mangkuk; aduk rata semua bahan saus terkecuali minyak zaitun. Blender hingga halus kemudian gres tambahkan minyak zaitun.

  3. Siapkan semua bahan salad dalam piring terlebih dahulu dan pasangkan dengan sirloin yang telah diiris menyerong. Terakhir tuangkan saus secukupnya. Sajikan.


2. Salmon dan Pak Choy


Inilah dua bahan yang orang Republic of Indonesia sudah sangat kenal baik dan gampang didapat. Kombinasi keduanya dijamin menawan untuk dicoba sebagai card makanan sehat di malam hari.


Bahan-materi: ikan salmon, pak choy, kecap asin, madu, jahe, minyak wijen, abu bawang putih, dan daun bawang.


Cara membuatnya:



  1. Panaskan oven toaster.

  2. Aduk rata kecap asin, madu, jahe yang sudah diserut, minyak wijen, dan debu bawang putih dalam mangkuk.

  3. Siapkan papan panggangan dan tutupi permukaannya dengan pak choy. Letakkan ikan salmon di atas daun pak choy. Pastikan biar bab kulit mengarah ke bawah.

  4. Tuangkan seluruh saus secara merata ke seluruh bab salmon dan tangkai dari pak choy.

  5. Panggang selama lima menit terlebih dulu dan kemudian balikkan pak choy agar tidak gosong. Panggang lagi selama sementara waktu ke depan hingga matang ikannya secara keseluruhan. Sajikan dengan taburan daun bawang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel