4 Menu Makan Atlet yang Patut Dicontek

Setidaknya kita semua menyenangi satu cabang olah raga. Apakah itu dijadikan selaku kegemaran, cukup menonton saja, ataupun didalami sampai profesional. Begitupun dengan atletnya – selain mengidolakan mereka alasannya keahliannya, pastinya ada juga rasa penasaran dengan apa yang mereka makan sehari-hari semoga berprestasi. Hari ini, saya akan berbagi beberapa carte makan atlet yang mempesona untuk diikuti tetapi tetap, jangan lupa untuk senantiasa berolahraga juga ya!


1. Roger Federer (Tennis)


Soal daya tahan tubuh, pemain tenis profesional ialah salah satu yang paling summit di dunia olah raga. Bayangkan saja, dalam kompetisi Grand Slam mampu saja mereka bertanding sampai v ready atau menjalani tie suspension panjang. Bahkan pertandingan semi concluding Wimbledon 2018 yang gres berlalu antara Kevin Anderson dan John Isner harus dijalani sampai nyaris tujuh jam balasan necktie suspension berkepanjangan!



Tapi contoh kali ini tiba dari sang legenda sendiri Roger Federer dengan carte makanannya yang mengasyikkan. Sebelum bertanding, petenis andal ini biasanya mengonsumsi waffle dengan sirup raspberry serta sereal, buah-buahan, hingga kopi dan satu sloki cuka.


Mengapa waffle? Karena sebelum bertanding, karbohidrat ringan tidak menciptakan perut bergejolak dan memasok energi yang memadai untuk daya tahan selama bertanding. Yang unik justru ialah cuka, yang digadang-gadang sebagai salah satu superfood masa kini – meskipun secara sains masih banyak diperdebatkan perihal keutamaannya dalam jangka panjang.


ii. Diego Forlan (Sepakbola)


Futsal dengan lapangannya yang berukuran kecil memang cukup untuk stamina kebanyakan orang. Namun bagi yang bermain sepakbola di lapangan ukuran internasional, jikalau tidak sudah biasa malah nafas akan tersengal-sengal meskipun gres saja sebentar bermain. Itulah uniknya pemain sepakbola – selama 90 menit harus bisa mengimbangi stamina dengan kebutuhan berlari dan juga sprinting.



Diego Forlan – penyerang populer asal Uruguay, mempunyai kebiasaan makannya khas sebelum bertarung . Menu makan atlet yang satu ini ialah roti bakar dengan mentega, yogurt, omelet putih telur, jus jeruk, serta tak ketinggalan – sepiring penuh berisi nanas!


Nanas mengandung vitamin C, serat, dan juga enzim bromelain – yang sangat membantu mencegah inflamasi atau pembengkakan. Selain itu yogurt dan putih telur kaya akan protein.


iii. Amar’e Stoudemire (Bola Basket)


Sang veteran Amar’e Stoudemire memberikan pola carte makan atlet yang ringan dan patut untuk dicontek. Dengan tinggi lebih dari dua meter dan menekuni satu bidang olah raga yang sangat kompetitif ini, sang atlet mempunyai kebiasaan menikmati omelet, buah-buahan, “jus hijau”, dan juga air kelapa untuk sarapannya.



Mungkin banyak yang bertanya mengapa telur selalu menjadi opsi banyak orang sebagai makan pagi. Jawabannya adalah sebab telur yakni sumber poly peptide yang baik. Sudah diduga bukan? Nah bedanya, meski kadar proteinnya lebih minim dari daging – telur membentuk otot sama baiknya dengan daging!


Air kelapa konon termasuk superfood meski tentu tetap diperdebatkan khasiatnya. Memang betul air kelapa mengandung elektrolit, tetapi bergotong-royong tetap bisa disubstitusi dengan air mineral kebanyakan.


iv. Conor McGregor (Seni Bela Diri Campuran – MMA)


Salah satu cabang olah raga yang sangat naik daun dewasa ini yaitu MMA atau mixed martial arts. Pastinya semua sudah mengenal sang jagoannya Conor McGregor, bukan? Baginya, “makanan yummy” yaitu kunci dari santapannya sehari-hari alias menikmati apapun itu! Terdengar mudah bukan? Yang membedakan yakni keseharian Conor diisi dengan berlatih keras sampai delapan jam!


Conor telah terbiasa berubah-ganti latihan berbagai jenis bela diri dari taekwondo, jiu-jitsu, capoeira, sampai melaksanakan yoga. Ia juga mencukupkan dengan meminum air ataupun air kelapa sebagai hidrasi dan menikmati daging. Yang paling penting baginya adalah tidak mengonsumsi minuman berenergi.


Apakah kau mempunyai carte makan tersendiri yang juga sama sehatnya? Jangan lupa cek bab resep-resep ataupun materi-materi alternatif dan sehat yang mampu kau gunakan saat masak berikutnya!




Sumber foto: Shutterstock


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel