5 Cara Membuat Seblak untuk Camilan Keluarga

Seblak yakni menu yang terbuat dari kerupuk mentah yang direndam air panas dan dimasak dengan bumbu cabai. Masakan ini sedang populer di banyak sekali kepingan kota besar di Republic of Indonesia mirip Bandung, DKI Jakarta, dan Yogyakarta. Bingung dengan cara membuat seblak? Berikut five resep seblak yang bisa kau coba!


ane. Seblak Ceker Jeletet


Cara Membuat Seblak
Seblak ceker ini kenyal dan bumbunya meresap sampai ke tulang. Jangan nekat makan jikalau kau tidak berpengaruh makan pedas, ya! (Foto: Shutterstock)

Kini seblak dimasak dengan bermacam-macam variasi isi dan bahan-materi, salah satunya Seblak Ceker. Cara membuatseblak ceker ini mudah saja, rebus ceker ayam hingga empuk lalu tumis bersama bumbu cabe.


Bahan-materi yang dibutuhkan untuk bumbu seblak yang pedas ini: Ceker ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabe keriting merah, bubuk cabe, kencur, kemiri, daun salam, serai, laos, jahe, Royco Kaldu Ayam, dan air.


Cara menciptakan seblak ceker jeletet:



  1. Cuci ceker ayam sampai betul-betul higienis. Rebus ceker bersama daun salam, serai, jahe dan laos yang sudah dimemarkan. Pastikan ceker matang dan empuk.

  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, cabai rawit dan cabai keriting menggunakan food processor atau ulekan biasa.

  3. Panaskan panci bareng sedikit minyak, masukkan bumbu halus dan tumis sampai harum. Tambahkan abu cabe dan daun salam dan tumis kembali hingga layu. Setelah harum, masukkan air rebusan ceker.

  4. Masukkan ceker yang telah matang. Bumbui dengan Royco dan garam sampai rasa sesuai dengan selera kamu. Sajikan.


two. Cara Membuat Seblak Mie


Cara Membuat Seblak
Tambahkan udang dan kerang untuk seblak mie yang lebih Istimewa. (Foto: Shutterstock)

Seblak Mie ini bisa menjadi alternatif mie rebus biasa. Cara membuat seblak mie ini semudah menumis sayur, semuanya tinggal celup, oseng-oseng dan jadi deh!


Bahan-materi yang diharapkan: mie telur, kerupuk, telur ayam, kol, bawang daun, Royco Kaldu Ayam, asam jawa, dan bumbu halus (cabe rawit merah, bawang putih, kencur, dan garam)


Cara menciptakan seblak:



  1. Panaskan panci dengan sedikit minyak. Tambahkan bumbu halus dan masak hingga harum.

  2. Masukkan telur, masak orak-arik. Lalu masukkan air, mie telor, kerupuk, kol, Royco, dan asam jawa. Masak sampai kerupuk lembek.

  3. Terakhir, masukkan bawang daun. Koreksi rasa, angkat dan sajikan.


3. Seblak Makaroni Udang


Cara Membuat Seblak
Seblak makaroni ini enak dimakan dengan kuah atau sedikit kering. Sama enaknya! (Foto: Shutterstock)

Ingin masak seblak yang beda dan mampu menggoyang pengecap? Mumpung masih ada stok udang di kulkas, sekalian diolah saja bareng makaroni. Rasanya mirip pasta tapi lebih pedas.


Bahan-bahan yang diperlukan: Makaroni, telur ayam, udang yang telah direbus dan dikuliti, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabai rawit, kencur, kemiri, garam dan Royco Kaldu Ayam)


Cara menciptakan seblak:



  1. Rebus makaroni hingga matang. Karena akan dimasak kembali, tentukan kau tidak merebusnya hingga terlalu lembek.

  2. Panaskan panci berisi minyak kemudian masukkan bumbu halus dan masak hingga harum.

  3. Setelah bumbu tumisan harum, masukkan telur kemudian aduk-aduk. Secara berturut-turut, masukkan air, makaroni yang telah matang dan udang rebus. Masak hingga matang dan sajikan.


four. Seblak Kwetiau


Cara Membuat Seblak
Agar asupan nutrisi kau seimbang, jangan lupa tambahkan sayur seperti brokoli dan wortel. (Foto: Shutterstock)

Bandung merupakan surganya kuliner inovatif. Ada saja ide gres untuk menciptakan varian seblak, salah satunya seblak kwetiau ini!


Bahan-bahan yang diperlukan: Kwetiau, fillet daging ayam yang telah dipotong dadu, brokoli, wortel, debu cabe, Royco Kaldu Ayam, dan bumbu halus (bawang merah, cabai merah, kencur dan garam).


Cara membuat seblak:



  1. Masak kwetiau sampai matang lalu tiriskan dan sisihkan.

  2. Panaskan panci berisi minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan daging ayam, wortel dan brokoli. Masak sampai wortel matang.

  3. Terakhir masukkan kwetiau, abu cabe dan Royco Kaldu Ayam. Aduk-aduk hingga rata, matikan kompor kemudian sajikan.


five. Seblak Fusilli


Cara Membuat Seblak
Karena bentuk fusilli yang keriting, bumbu kencurnya lebih meresap ke dalam pasta. (Foto: Shutterstock)

Ini dia yang namanya perpaduan kuliner Italian Republic dengan Bandung, seblak fusilli! Pasta yang berupa spiral ini ternyata cukup klop dimasak dengan bumbu kencur.


Bahan-bahan yang diperlukan: Pasta fusilli, daun sawi, paprika kuning, cabe merah, bawang bombay yang dipotong memanjang, Royco Kaldu Ayam, dan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kencur, kemiri, cabai rawit)


Cara membuat seblak:



  1. Panaskan panci sedang berisi air. Tunggu sampai air mendidih, masukkan fusili kemudian rebus sampai matang, tiriskan.

  2. Panaskan panci berisi sedikit minyak kemudian tumis bumbu halus sampai bau. Masukkan daun sawi, cabai merah, bawang bombay dan paprika kuning. Masak hingga layu.

  3. Masukkan fusili yang telah matang, aduk-aduk dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Aduk kembali, matikan kompor dan sajikan.


Sekarang sudah tahu, kan, resep seblak yang mudah dan memakai materi sehari-hari? Coba, yuk, suguhkan untuk keluarga tercinta sore nanti. Kurangi cabainya jikalau takut terlalu pedas, ya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel