5 Alternatif Makanan Rendah Lemak yang Bisa Menggantikan Menu Sehari-hari

Tahukah bahwa kita bekerjsama bisa menyebabkan masakan yang kita santap sehari-hari lebih sehat? Bukan, ini bukan soal pembatasan makanan ketat ataupun mengubah apa yang kita senangi sepenuhnya. Berikut MAHI menyebarkan daftar alternatif masakan rendah lemak untuk hidup lebih sehat!


1. Minyak Zaitun


Minyak zaitun yang berkualitas mempunyai kadar lemak tak bosan yang tinggi dan justru menyehatkan. Satu studi bahkan memperlihatkan jika minyak zaitun mampu mempengaruhi hormon serotonin yang mengakibatkan rasa puas, alias mencegah kita dari impian untuk terus makan!


Dari kebutuhan sebatas untuk salad dressing sampai tumis menumis, minyak zaitun adalah opsi yang bijak. Gunakan yang satu ini sebagai pengganti mentega ataupun margarin. Resep mudah berupa tumisan daging ataupun sayur juga menjadi tidak kalah lezatnya. Ataupun saat menciptakan saus pasta dan kentang tumbuk yang mampu menggantikan fungsi mentega.


Untuk jenis extra virgin olive petroleum yang memang tidak memiliki titik didih tinggi, maka lebih sempurna digunakan selaku  dressing untuk salad ataupun sebagai adonan sausnya. Membuat sendiri dressing salad ataupun saus pasta lebih sehat ketimbang membeli yang botolan. Selain adanya bahan-materi yang mungkin tidak menyehatkan, saus botolan juga umumnya tinggi kandungan gula.


ii. Zucchini


Siapa sangka kalau zucchini yang masih satu keluarga dengan ketimun ini bisa digunakan selaku pengganti karbohidrat? Contohnya selaku substitusi untuk pasta. Selain repot harus merebusnya, zucchini hanya perlu ditumis sesaat saja bersama sausnya.


Karena popularitasnya, zoodles atau zucchini noodles ternyata mampu diaplikasikan dalam sebagai komponen dalam salad ataupun kreasi kuliner lainnya sebagai pengganti mie. Meskipun teksturnya renyah dan tidak sebagaimana seharusnya mie pada umumnya, zucchini malah memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Selain kaya akan vitamin C, zucchini juga mengandung serat dan potassium. Sungguh acuan yang menawan sebagai masakan rendah lemak!



3. Putih Telur


Tahukah bahwa putih telur sendiri dapat mengambil alih peranan telur utuh dalam beberapa proses masak ataupun saat disantap? Telur yaitu protein yang hampir siapa pun suka dan nyatanya, menyingkir dari kuning telur tidaklah sesulit itu.


Misalkan saja pada proses membuat kudapan manis atau bakingrasio standarnya sebagai pengganti 1 butir telur utuh yakni putih telur yang diambil dari 2 butir telur.


Untuk kita yang menyenangi telur matang selaku sarapan pagi, baik dicicipi dengan hanya cocolan garam ataupun bareng seporsi nasi, maka cukup singkirkan bagian kuning telurnya. Dijamin rasanya tidak terlalu banyak berganti. Apalagi dikala disantap bareng salad yang kaya dengan banyak materi lainnya.


four. Kembang Kol



Meskipun terkadang kalah populer dengan saudaranya yang mirip namun lebih glamor adalah brokoli, tidak menimbulkan kembang kol kehilangan nama. Bahkan zaman sekarang, kembang kol bisa dimanfaatkan selaku alternatif sehat dari karbohidrat berat mirip nasi ataupun kentang.


Sebagai pengganti kentang, kembang kol mampu dimanfaatkan dalam bentuk hash brownBegitupun untuk nasi, kembang kol cukup dihancurkan saja maka teksturnya mirip menyerupai nasi. Salah satu resep yang menawan adalah nasi goreng kembang kol gaya Korea yang sudah pernah dibahas MAHI sebelumnya.


Jadi jangan aib-aib dikala berjumpa dengan kembang kol. Langsung saja diborong dan ciptakan kreasi masakan sehat di rumah!


5. Pisang



Sehat bergizi dirasakan demikian adanya, pisang juga bisa berfungsi selaku pengganti es krim! Ya, betul es krim, yang sangat lezat tetapi sarat dengan gula. Hanya bedanya dengan pisang, kita mendapatkan faedah kesehatan dari folat, vitamin C, dan pastinya potassium.


Caranya sendiri begitu gampang! Pisang cuma cukup untuk dibekukan dan lalu dibentuk menjadi puree. Ingin bereksperimen dengan rasa yang lain? Haluskan dengan food processor sehabis dibekukan, kemudian tambahkan cocoa pulverisation tanpa gula. Rasanya seperti es krim soft serve!


Tidak cuma untuk es krim, puree pisang bisa dimanfaatkan juga sebagai pengganti mentega, minyak, dan juga gula. Pisang juga bisa diaplikasikan pada resep brownies, kukis, muffin, ataupun pancake. Makanan rendah lemak ternyata mampu dikreasikan menarik, bukan?




Sumber foto: Shutterstock


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel