10 Menu Diet Sehat yang Bisa Diikuti Siapa Saja

Siapa bilang menciptakan bill of fare pembatasan makanan sehat itu sulit? Ragam card pembatasan makanan bekerjsama gampang dibentuk dengan variasi materi yang  sangat berlimpah didapatkan di pasaran. Menu diet sehat juga tak selalu mahal sehingga kau juga mampu menjadikannya sendiri di dapur mungilmu dan tak perlu merogoh kocek dalam untuk berlanggangan katering.


Sepuluh materi berikut ini bisa dijadikan wangsit untuk hidangan diet sehat tanpa menyedot isi dompet:


1. Telur Kukus


Cara membuatnya sama seperti halnya meracik telur dadar omelet dengan embel-embel bawang daun, jamur, tomat, dan aksesori bumbu yang lain. Kukus telur dalam wadah kaca atau rantang stainless sampai matang. Jika ingin lebih praktis, kau juga mampu memilih telur rebus selaku sumber protein.


ii. Dada Ayam Kukus


Relakan dada ayam tanpa kulitnya bila ingin dietmu sukses. Masak dengan cara dikukus atau direbus dengan dibumbui sedikit garam dan merica. Selain itu dada ayam juga bisa dimasak dengan cara dipanggang dalam oven atau dibakar di atas bara api.


iii. Sayuran Rebus atau Kukus


Variasikan jenis-jenis sayuran biar tak lekas bosan. Misalnya hari ini makan siang dengan brokoli rebus, makan malam dengan sayuran campur yang direbus (wortel, buncis, dan jagung muda). Begitu juga keesokan harinya bisa bergantian dengan sawi-sawian yang dikukus, peel kukus, atau kacang panjang dan taoge yang direbus.


four. Urap


Salah satu sajian tradisional yang rendah kalori tetapi membuat kenyang yaitu urap sayuran. Agar makin optimal, suguhkan urap dengan sepotong dada ayam rebus. Diet pun takkan terasa dingin. Tapi Masak Apa Hari Ini juga punya model urap sayur rasa cantik pedas. Jangan lupa untuk mencobanya!


menu diet sehat
Urap sayuran yang rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

v. Kentang Panggang dan Mashed Potato


Sebagai pengganti nasi, kentang adalah salah satu jenis karbohidrat yang mampu dijadikan opsi.  Selain dikukus atau dipanggang, kamu juga meracik mashed tater dengan cara menumbuk halus kentang kukus. Bumbui dengan mentega serta sedikit merica dan garam.


half dozen. Ikan Bakar


Yang ini pasti sangat familiar dengan keseharian orang Indonesia. Manfaatkan ketersediaan ikan dengan harga yang terjangkau sebagai bill of fare diet andalanmu. Beberapa pola ikan yang sedap dimasak dengan cara dibakar ialah ikan nila, bawal, kembung, mas, kuwe, gurami, dan masih banyak lagi. Salah satu resep dari Masak Apa Hari Ini yang perlu kamu coba ialah ikan bakar dengan bumbu rujak.


menu diet sehat
Menu pembatasan makanan sehat dengan kuliner tradisional. (Foto: Shutterstock)

seven. Salad Sayuran


Hindari menyajikan salad dengan dressing berbahan mayones jikalau tidak ingin menggagalkan dietmu. Sajikan dengan dressing berbahan dasar minyak zaitun. Untuk sayurannya, pilih aneka jenis sayuran selada seperti selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun, atau jagung rebus.


eight. Sup Ayam Sayuran


Racik kaldu sup dari tulang ayam. Sesudahnya isi dengan potongan daging dada ayam tanpa kulit dan padukan dengan aneka jenis sayuran sup. Sup ayam bening ini cocok untukmu yang sedang berdiet namun ingin menu berkuah yang gurih. Praktis bukan?


nine. Pepes Tahu-Tempe


Selain kaya protein, tahu-tempe sangat gampang didapat di pasaran. Olah dengan cara dikukus atau dijadikan pepes dengan perpaduan materi lain yang bisa memperbesar selera. Misalnya pepes tahu dengan kemangi ataupun pepes tempe dengan kencur. Untuk rasa yang lebih kaya namun sepadan, kau boleh juga mencoba pepes tahu dengan udang.


x. Tumis Jamur-jamuran


Salah satu alasan mengapa jamur kerap hadir selaku carte diet yaitu nutrisi di dalamnya yang bisa menurunkan berat tubuh. Selain itu jamur acap kali disantap para perempuan yang ingin awet muda alasannya mengandung anti aging.


Khusus untuk Bulan Ramadan, kamu juga mampu mengikuti berbagai bill of fare puasa yang spesifik cocok untuk kau-kamu yang menganut pembatasan makanan keto. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel