Selain Daun Selada Hijau, Gunakan Variasi Sayur Ini Untuk Salad

Kesegaran daun selada hijau memang akan senantiasa menarik hati selaku materi utama salad. Padahal, masih banyak jenis dedaunan lain disamping selada hijau atau yang dikenal juga sebagai selada keriting. Variasi sayur yang kian banyak tersedia di pasaran akan membukakan lebih banyak pilihan dan kreativitas dalam mengolah daun selada.


Sebelum masuk ke aneka macam alternatif daun selada hijau yang mampu dimanfaatkan ketika menciptakan salad, pasti kita juga tidak bisa sembarang berbelanja dan menyimpannya begitu saja. Sayuran memiliki abad hidup yang pendek dan penting bagi siapapun yang mempunyai kesukaan masak untuk mengenali cara menyimpannya.


Tips menyimpan daun selada hijau


Berikut yakni tips singkat untuk penyimpanannya:



  1. Jika tidak mau menggunakan daun selada segera, hindari mencuci daun selada lalu menyimpannya dalam kulkas biar tak secepatnya membusuk.

  2. Tiriskan apalagi dahulu daun selada pada ketika menyimpannya dalam kulkas, alasi kotak penyimpanan dengan tisu dapur. Agar lebih gampang, kamu mampu menggunakan salad spinner.

  3. Hindari menyimpan selada dalam wadah logam atau memotongnya dengan pisau berbahan logam supaya tak lekas berwarna kecokelatan. Kamu mampu memakai pisau berbahan plastik atau lebih gampang gunakan tangan untuk menyobek daun selada.

  4. Biarkan selada disimpan dalam kulkas sampai sesaat akan dipakai.


Berbekal wawasan tersebut, sekarang waktunya untuk membeli dengan lebih tenang dan memilih dari sekian banyak sayur agar salad tampil lebih memukau! Yuk, kita simak opsi-pilihannya:


i. Selada Iceberg


Atau juga dikenal dengan sebutan selada bokor. Warnanya putih kehijauan dengan bentuk berlapis-lapis seperti kol. Iceberg lettuce mempunyai tekstur garing dikala dimakan. Sehingga bukan hanya cocok selaku salad, namun juga sayuran untuk tortilla, hamburger, shawarma, atau juga lumpia.


Renyah dan rasanya cenderung netral.
Selain selaku salad, sajikan iceberg lettuce selaku salah satu opsi lalapan kamu. (Foto: Shutterstock)

ii. Red Lettuce atau Red Lollo Rosso


Serupa dengan daun selada hijau keriting namun memiliki warna merah keunguan. Cocok untuk menciptakan saladmu lebih berwarna. Selain itu, red lettuce juga sempurna digunakan untuk mempermanis warna hamburger atau sandwich.


three. Selada Romaine


Adalah jenis daun selada yang paling sering digunakan untuk Caesar salad dan fattoush (salad Timur Tengah). Teksturnya renyah dan rasanya netral.


Romaine lettuce
Selada Romaine populer untuk Caesar Salad. (Foto: Shutterstock)

four. Spinach


Berbeda dengan daun bayam lokal, bayam untuk salad yang berasal dari dapur kuliner Barat mempunyai daun yang lebih tebal. Selain disuguhkan mentah, daun bayam ini biasa dijadikan materi jus, sup, atau ditumis bareng krim kental.


bayam hijau
Spinach atau bayam versi dapur barat. (Foto: Shutterstock)

five. Rocket


Atau juga arugula, dengan bentuk daun yang bercabang dan teksturnya renyah. Pilih arugula yang muda alasannya yang berwarna hijau memiliki rasa yang lebih pahit. Jenis dedaunan ini cocok untuk: dark-green salad, sandwich, garnish masakan, dan materi gabungan canape. 


Selada Rocket
Yuk, buat light-green salad dengan daun arugula. (Foto: Shutterstock)

six. Mesclun


Atau mixed salad yang ialah perpaduan dari berbagai macam salad. Biasanya mesclun terdiri dari berbagai macam daun selada mirip lollo rosso, boston, arugula, cherry lollo rosso, chicory, dan spinach.


mesclun leaves
Biasanya mesclun banyak tersedia si supermarket premium. (Foto: Shutterstock)

Sudah siap dengan daftar belanja sayurmu dan juga resep-resepnya? Mari kita masak malam ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel