Cara Melelehkan Keju Mozzarella pada Makanan Berikut Ini Bikin Ngiler

Sebagai pengikut tren masakan yang kontemporer, kamu niscaya tahu kuliner apa saja yang sedang jadi buah bibir. Salah satu dari tren yang sempat trend misalnya topping di atas jenis makanan yang tidak biasa, selain itu cara melelehkan keju mozzarella yang unik dijadikan atraksi yang disediakan di sejumlah restoran.


Mozzarella ialah salah satu jenis keju asal Italian Republic dari susu sapi atau susu kerbau yang dibentuk dengan cara diputar dan diiris (mozzare artinya dipotong). Di pasaran keju mozzarella tersedia dalam kondisi segar dengan warna putih atau putih kekuningan. Keju yang segar dikemas dengan direndam air garam dengan ukuran yang beragam. Sementara keju mozzarella dengan umur simpan lebih panjang hadir dengan tekstur padat dan lebih keras. Dikemas dengan dibungkus plastik vakum, keju ini lazimnya hadir dengan warna putih atau kuning pucat.


cara melelehkan keju mozzarella
Proses pengerjaan keju mozzarella segar. Menarik! (Foto: Shutterstock)

Karena disukai banyak orang dan gampang dipadukan dengan menu apapun, inovasi keju mozzarella tak hanya sebatas sebagai materi topping pizzaa atau bahan pelengkap pasta. Semua hidangan bahkan diberi sentuhan mozzarella berkat sensasi lelehnya yang bikin ngiler.


Ingin tahu caranya biar bisa melelehkan sendiri keju mozzarella di rumah? Kami sarankan biar mempunyai terlebih dahulu alat yang bernama blow torch, tetapi ada juga kok alternatifnya.


Berikut yakni cara melelehkan keju mozzarella:



  1. Gunakan blow torch, bakar hingga meju mozzarella meleleh. Hindari aben dengan jarak terlalu akrab dari keju mozzarella agar tak lekas menghitam.

  2. Jika tak ada blow torch, gunakan panggangan panas. Panggang memakai api atas hingga keju meleleh.

  3. Untuk daging gulung mozzarella, panaskan keju dalam wajan antilengket. Gunakan pertolongan penjepit dan gunting untuk melilit dan menggunting daging dan keju dengan gampang.


Ngomong-ngomong soal penggunaan keju mozzarella pada makanan kekinian, pastinya kamu sudah tak aneh dengan kuliner-masakan berikut ini, bukan?


Martabak Telur Daging


Kamu niscaya ingat dengan tampilan martabak telur dengan potongan keju mozzarella di atas martabak? Cara melelehkan keju mozzarella pada hidangan ini yaitu memakai blow torchYummy! 


Iga Sapi dengan Mozzarella


Yang ini sempat trend di sosial media dan kedai makanan yang menyediakannya selalu kebanjiran konsumen. Iga sapi bakar a la Korea dengan keju mozzarella yang dilelehkan dalam hotplate kemudian dililit ke daging iga.


Fun fact: Pernah bertanya-tanya mengapa orang Korea Selatan begitu tergila-asing dengan keju? Pasalnya saat dahulu simpulan Perang Korea, Amerika Serikat mengirimkan banyak pasokan keju untuk memenuhi kebutuhan makan warga Korea Selatan yang kelaparan. Hasilnya, keju banyak digunakan pada berbagai kuliner Korea Selatan hingga sekarang dan tidak cuma terbatas pada iga sapi ini saja.


Mozzarella Stick


Yang ini sangat terkenal di banyak akun video masak. Mozzarella diiris-potong memanjang, lalu dibalur dengan tepung telur dan tepung roti. Digoreng dan lalu dinikmati dengan saus sebagai carte kudapan ataupun pembuka. Pastinya cocok juga selaku kuliner saat tengah menonton celluloid bareng keluarga!


cara melelehkan keju mozzarella
Mozzarella stik ini sempat ramai dibentuk cara memasasknya melalui video. (Foto: Shutterstock)

Ayam Geprek Mozzarella


Ini yang terasa sangat Republic of Indonesia. Ayam geprek pedas diberi topping keju mozzarella, kemudian dilelehkan. Cita rasa pedas, gurih, dan creamy beradu harmonis dengan tekstur ayam goreng tepung yang krispi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel