Rayakan Hari Bubur Sedunia, Inilah Daftar Bubur Populer Indonesia Selain Bubur Ayam

Hari ini tanggal 10 Oktober ditetapkan selaku World Porridge Day (Hari Bubur Sedunia). Seperti yang kau tahu, Republic of Indonesia kaya akan hidangan bubur. Dari bubur gurih mirip bubur ayam, bubur tinutuan, sampai bubur manis seperti bubur sumsum atau bubur kacang hijau.


Selain bubur ayam, Tim MAHI mengumpulkan sederet daftar bubur yang wajib dikonsumsi ataupun diolah selaku salah satu agenda keseruan merayakan Hari Bubur Sedunia.


Bubur Gunting


Bubur cantik ini ialah bubur khas peranakan Tionghoa di Pontianak. Bubur gunting disebut juga tau suan yang dibentuk dari kacang hijau kupas, tepung tapioka, dan cakwe. Kenapa disebut bubur gunting ialah sebab ciri khasnya diberi topping cakwe yang dipotong menggunakan gunting. Kalau kau jalan-jalan ke Pontianak, masukkan bubur elok ini ke dalam daftar wisata kuliner kamu, ya!


Bubur Kampiun


Ini adalah bubur bagus paling seru berdasarkan tim MAHI. Untuk membuat semangkuk bubur kampiun, diperlukan banyak bagian seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, kolak pisang, bubur candil, dan srikaya. Heboh, kan? Kamu mampu dengan gampang menemukan bubur ini di rumah makan atau kedai yang menyajikan penganan khas Sumatera Barat.


Trivia: Karena isinya yang begitu bermacam-macam dan menyatukan semuanya, itulah kenapa bubur ini disebut “kampiun” atau champion dalam Bahasa Inggris. Memang sang juara bubur ini!


hari bubur sedunia
Republic of Indonesia punya banyak jenis bubur ayam. Yang terpopuler yakni Bubur Cirebon, Sukabumi, dan Cianjur. (Foto: Shutterstock)

Bubur Manado


Atau populer disebut bubur tinutuan. Bubur ini sehat sekali alasannya berlimpah materi-bahan yang baik untuk tubuhmu, seperti daun melinjo, kangkung, kemangi, ubi, dan labu. Disajikan bareng ikan asin dan sambal yang pastinya akan memperbesar mantap semangkuk bubur panas ini.


Bubur Pedas


Bubur ini juga ialah kuliner khas Kalimantan Barat. Populer sebagai penganan kaki lima, bubur pedas pun tak kalah berlimpah sayuran seperti wortel, kacang panjang, pakis, dan kangkung. Ciri khas dari bubur ini adalah beras disangrai kemudian ditumbuk dan menggunakan daun kesum dan kelapa parut sangrai.


Le Bu Kanji atau Bubur Kanji Rumbi


Adalah bubur khas provinsi Aceh. Bubur ini merupakan salah satu masakan yang hadir berkat dampak Bharat. Cirinya yaitu kedatangan rempah bertemakari mirip pekak, merica, ketumbar, adas cantik, pala, dan kayu anggun. Di bulan Ramadan, bubur ini populer sebagai salah satu hidangan buka puasa.


hari bubur sedunia
Bubur Gudeg khas Yogyakarta ini sungguh identik dengan sarapan pagi. (Foto: Shutterstock)

Bubur Mengguh


Khas dari Bali dengan topping urap kacang panjang dan suwiran daging ayam. Dalam bahasa Bali, bubur ini lazimdisebut bubuh mengguh (bubuh adalah bahasa Bali untuk bubur). Selain selaku kuliner sehari-hari, bubur mengguh juga sering dihidangkan pada upacara budbahasa.


Jadi, apa opsi yang terbaik untuk merayakan Hari Bubur Sedunia? Jangan lupa mampir bab resep kami untuk mencari inspirasi mengolah makanan bubur hari ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel