Inilah Cara Memasak Nasi di Kompor Tanpa Mengandalkan Listrik

Mati lampu di tengah situasi lapar memang bikin sebal. Sehingga inilah untuk  tahu bagaimana cara mengolah makanan nasi di kompor. Ini penting bukan hanya pada saat mati lampu, tetapi juga disaat kamu lapar dan tidak punya banyak waktu untuk menanti nasi matang dalam rice cooker. Apalagi jikalau kamu ingin hasil yang lebih sedap dan kemampuan mengolah masakan lebih meningkat.


Selain lebih cepat dan ekonomis listrik, mengolah masakan nasi di kompor juga menciptakan nasi lebih abadi dan tidak cepat kering atau berubah warna berkat proses menghangatkan dalam penanak nasi elektrik. Sesudah memahami cara memasak nasi di kompor, kamu pastinya takkan perlu lagi mengandalkan rice cooker. Bahkan akan lebih membuat lebih mudah kau ketika sedang traveling di alam bebas, misalnya masa mendaki gunung atau sedang menantang diri berkemah di alam bebas seperti pegunungan atau pantai.


Beberapa cara memasak nasi tradisional ini wajib kau ketahui agar bekal memasaknya bertambah, diantaranya:


Kukus


Cuci higienis beras, lalu beri air seperlunya. Masak nasi di atas api sedang hingga airnya terserap habis. Angkat. Kemudian pindahkan nasi ke dalam dandang atau panci pengukus. Masak hingga matang. Pindahkan ke dalam dandang panas, kukus nasi hingga matang.


Aron


Dengan hanya memakai panci lazimatau panci liwet, kau juga bisa mengolah makanan nasi tanpa harus mengukusnya. Masak nasi di atas api sedang hingga airnya terserap, sambil sesekali diaduk agar matang merata. Berikutnya kecilkan api dan masak nasi hingga matang sambil kembali sesekali diaduk agar tidak berkerak. Sebaiknya gunakan panci yang bagian dasarnya mempunyai cloth yang tebal biar tak gampang gosong serta berkerak.


cara memasak nasi di kompor
Agar lebih sedap, masak nasi kuning dengan bumbu dan Royco Kaldu Ayam. (Foto: Shutterstock)

Ingin mengolah makanan nasi lebih cepat? Rendam beras semalaman, lalu ganti air rendaman, masak nasi mirip biasa. Karena beras telah menyerap air, maka nasi akan lebih cepat matang. Ingin lebih sedap? Maka masak bareng materi-bahan berikut ini:


Masak bareng materi pengharum


Setelah kamu telah hebat dalam memasak manual dengan panci, kamu mampu menambah science kamu dengan menyertakan bahan-bahan aromatik. Misalnya daun salam, serai, lengkuas, atau daun pandan.


Masak bareng kaldu


Nasi bercita rasa daging bisa kau mampu dengan mengganti komposisi air dengan kaldu, contohnya kaldu ayam atau kaldu sapi. Sempurnakan dengan sentuhan Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi pada ketika menanak nasi.


Masak bareng santan


Untuk mengolah makanan nasi liwet atau nasi uduk yang sedap, gunakan santan selaku pengganti air. Tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas untuk memberi odor dan rasa yang sedap pada nasi. Jangan lupa menyertakan Royco Kaldu Ayam untuk cita rasa nasi berbumbu yang lebih mantap.


Masak nasi berwarna


Selain memberi sentuhan kunyit sebagai pewarna nasi, kau juga bisa bereksplorasi memberi warna lain pada nasi, contohnya bunga telang untuk warna ungu, daun suji untuk warna hijau, dan tomat untuk warna merah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel