Inilah 8 Rahasia Bakso Enak Versi Rumahan

Selain siomay, pempek, mi ayam, semua niscaya setuju jika bakso ialah kuliner sekaligus jajanan favorit orang Republic of Indonesia. Sebagai kue yang cukup sering dirasakan, kau pasti ingin berhasil menciptakan bakso yummy di dapur.


Persoalan seperti komposisi daging dan tepung yang pas, bagian daging sapi mana yang digunakan, sampai bagaimana cara membuat kuah bakso kerap menjadi pendapatmengapa kau mesti menciptakan bakso di rumah. Tak ada salahnya menjajal , karena cara menciptakan bakso bekerjsama tak terlalu susah kok!


skim kaldu sapi agar tak terlalu berlemak
Racik kaldu dari tulang sapi untuk kaldu yang kaya rasa. (Foto: Shutterstock)

Sebelum kamu meracik bakso dari resep Masak Apa Hari Ini, sebaiknya kamu mengetahui hal penting yang perlu diperhatikan supaya kamu sukses menciptakan bakso yummy.



  1. Pilih daging giling yang berasal dari sapi bagian pundak dengan kandungan sedikit lemak. Jika ingin lebih sehat, gunakan daging sapi bagian has dalam.

  2. Ada argumentasi mengapa gabungan bakso tetap membutuhkan sedikit lemak, yakni supaya tekstur bakso lebih lembut dan juga rasa adonannya lebih gurih.

  3. Gunakan tepung tapioka sekitar 20% dari total adonan untuk menciptakan adonan bakso lebih kenyal. Untuk menghasilkan adonan bakso yang halus dan rata, gunakan nutrient processor.

  4. Panaskan air di atas api sedang sebelum mencetak bakso. Bentuk bakso dengan cara membasahi tangan dengan air, kemudian sendokkan bakso ke tangan kiri, tekan dengan mengepal hingga bakso keluar dari kepalan, angkat menggunakan sendok. Masukkan ke dalam air rebusan, bakso yang sudah matang ditandai dengan bakso mengapung dalam air panas.

  5. Sesudah matang, keluarkan bakso dari dalam panci, celupkan ke dalam air untuk menghentikan proses pematangan dan bakso tidak lembek.

  6. Rebus kuah bakso dari tulang sapi selama beberapa jam di atas api kecil untuk menghasilkan kaldu yang gurih. Jangan lupa ganti air rebusan pertama untuk membuang scent yang busuk, kotoran, maupun lemak berlebih.

  7. Masak kaldu bersama Royco Kaldu Sapi atau Royco Kaldu Ayam (jikalau menciptakan bakso ayam). Tambahkan bawang putih goreng untuk memperbesar odour pada bakso.

  8. Siapkan bahan perhiasan seperti mi, sambal, sawi hijau, taoge, bawang merah goreng, dan irisan seledri supaya bakso kuahmu kian mantap. Untuk membuat sambal, rebus cabe rawit merah sampai matang, kemudian haluskan. Aduk rata bareng kuah kaldu atau air panas kalau tidak ingin terlalu pedas.


Inilah delapan langkah penting yang bisa diaplikasikan dalam resep bakso yang dibuat sendiri di rumah kesannya menjadi lebih spesial. Namun langkah terpenting selanjutnya yakni memantapkan langkah untuk menjajal menjadikannya di dapur. Mari ikuti Chef untuk membuatnya gotong royong!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel